Skip to main content
Kreasi Parabola

follow us

Letak Satelit dan Jarak Antar LNB dalam Pemasangan 5 LNB pada Satu Dish (Fixed Dish)

Jarak antar lnb dalam pemasangan parabola non gerak sangatlah penting dalam rangka keberhasilan pemasangan sebuah perangkat antena parabola. Karena dalam pemasangan parabola non gerak, dish tidak hanya berfokus pada satu satelit, melainkan berfokus pada 5 satelit sekaligus.

Sehingga dibutuhkan penempatan lnb yang sangat akurat. Kurang tepat sedikit saja, maka hasilnya tidak memuaskan. Pertama yang harus dipahami adalah satelit berada pada deretan garis lurus katulistiwa.

Hal ini sangat memudahkan kita dalam merakit 5 lnb dalam 1 dish. Karena dengan demikian, maka pemasangan 5 lnb juga harus lurus sejajar. Kita tinggal menentukan jarak antara satu lnb dengan lainnya.

Lima satelit yang akan ditangkap adalah:

SatelitLetak / Posisi
Palapa D113° E
Telkom 1108,2° E
Asiasat 7105,5° E
Asiasat 5100,5° E
Chinasat 6b115,5° E

Dari tabel diatas, dapat diketahui jarak antar satelitnya. Jaraknya adalah sebagai berikut:

Jarak Antar 2 SatelitJarak Satelit
Palapa D - Telkom 14,8°
Telkom 1 - Asiasat 72,7°
Asiasat 7 - Asiasat 5
Palapa D - Chinasat 6B2,5°

Setelah kita posisi dan jarak antar satelit, langkah selanjutnya adalah kita harus tau ukuran panjang setik atau tiang fokus sebuah dish. Lihatlah gambar berikut ini:
gambaran sebuah titik fokus lnb pada dish


Letak Satelit dan Jarak Antar LNB dalam Pemasangan 5 LNB pada Satu Dish (Fixed Dish)

Dari gambar 1 diatas dapat diketahui bahwa sebenarnya sebuah dish adalah bagian dari sesuatu yang bulat. Sedangkan titik fokus berada pada tengah-tengah dari bulatan tersebut. Pada gambar 2 dapat diketahui bahwa besarnya dish tidak menentukan jarak antar lnb karena yang menentukan adalah panjangnya setik/fokus. Sedangkan besarnya dish adalah diameter dish tersebut.

Yang harus dipahami adalah dish berfungsi memantulkan sinyal, sedangkan satelit tidak berada pada satu tempat, melainkan berjauhan.

Sistem pantul dish adalah sama dengan pantulan cermin ketika terkena cahaya. Jika terkena cahaya dari samping maka akan cahaya akan terpantul dengan kemiringan sama persis dengan datangnya cahaya, tetapi  arahnya berlawanan.

Bentuk dish ada yang sangat cembung dan ada yang tidak terlalu cembung. Untuk mengetahui tingkat kecembungan sebuah dish, dapat dilihat dari tiang fokusnya (tiang penyangga Lnb).

Jika sebuah dish tiang fokusnya pendek itu artinya dishnya cembung. Sedangkan jika sebuah dish tiang fokusnya panjang, itu artinya dishnya tidak begitu cembung.

Berhubung bentuk dish ada yang sangat cembung dan ada pula yang kecembungannya sedikit, maka titik jatuhnya pantulan sinyal satelit juga berbeda-beda.

Jika dish cembung, maka titik jatunya pantulan sinyal satelit akan saling berdekatan atau rapat. Jika dish cembungnya hanya sedikit, maka titik jatuhnya pantulan sinyal satelit juga akan renggang atau agak berjauhan.

Untuk merangkai 5 lnb dalam 1 dish, dibutuhkan sebuah dish dengan panjang setik / fokus paling tidak 100 cm. Itu pengalaman admin. Karena dengan panjang setik 100 cm, maka hasil pantulan dari satelit dengan jarak 2,5°, didapat jarak lnb sekitar 6,5 cm. Dengan jarak 6,5 cm ini cukup utnuk memasang lnb dengan posisi rapat memngingat diameter lnb c- band adalah 6,5 cm.

Mengingat jarak antar satelit yang terdekat dari 5 satelit adalah 2,5°, maka dish dengan panjang fokus 100 cm sudah mencukupi untuk pemasangan 5 LNB dalam Satu Dish. Untuk jarak satelit yang lain tentunya dapat disesuaikan karena jaraknya lebih dari 2,5°.

Untuk merangkai 5 lnb tersebut silahkan baca : Cara Rangkai 5 Lnb dalam 1 Dish

Baca Artikel Lainnya:

Perhatian: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar