Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Modifikasi LNB C Band Standard Menjadi LNB Extended

Cara Modifikasi LNB C Band Standard Menjadi LNB Extended - Umumnya, lnb c band yang beredar dipasaran adalah lnb c band standar yang menerima sinyal satelit dari frekuensi 3200 mhz sampai 42000 mhz. Sedangkan output dari lnb c band sama seperti lnb tipe lain yaitu frekuensi 950 mhz sampai 2150 mhz.

Belakangan ini ramai diperbincangkan sebuah satelit yang menggunakan frekuensi c band namun dengan frekuensi tinggi yaitu 4500 mhz sampai 4800 mhz, yaitu satelit bangabandhu 1 yang berorbit di 119.3°

Frekuensi Satelit Bangabandu 1

Sebenarnya sudah lama saya mendengan istilah frekuensi c band extended. Yaitu ketika satelit telkom 1 hilang dari peredaran. Disitu siarannya dipindahkan ke satelit palapa d (sementara). Dan kemudian dikembalikan ke satelit telkom 3s.

Karena penasaran, saya mencari informasi tentang satelit telkom 3s ini. Satelit ini memiliki 24 transponder stardard c-band, 8 transponder extended c-band, dan 10 transponder ku band.

Kalau c band standard dan ku band tentu sudah paham. Lah ini c band extended. Waktu itu hanya sebatas pertanyaan yang tidak terjawab.

Akhir-akhir ini baru paham yang dimaksud frekuensi c band extended karena kehadiran satelit bangabandhu 1 yang menggunakan frekuensi c band extended.

Frekuensi LNB C Band Standard dan Extended

Lnb c band tetap bekerja di range frekuensi 3400 sampai 4200 mhz (standard). Karena masih bisa diperpanjang lagi, maka ditambah frekuensi diatasnya yaitu frekuensi extended.

Dari nama atau istilah penyebutan sudah diketahui, yaitu extended yang artinya diperpanjang. Frekuensinya diatasnya c band standard.

C band standard sendiri sebenarnya sudah terbagi menjadi 2 range yaitu frekuensi rendah dari 3400 sampai 3700 mhz dan frekuensi tinggi frekuensi 4700 sampai 4200 mhz.

Berikut tabel cakupan frekuensi c band standard dan extended:

Frekuensi C Band Cakupan Frekuensi
C Band Standard (low)3,4 sampai 3,7 Ghz
C Band Standard (high)3,7 sampai 4,2 Ghz
C Band Extended4,5 sampai 4,8 Ghz

LNB C Band Yang Beredar Dipasaran

Bisa dikatakan hampir semua satelit yang bekerja di frekuensi c band menggunakan frekuensi c band standard. Oleh karena itu, lnb c band yang dijual dipasaran umumnya untuk c band standard saja.

Karena hanya satu atau dua satelit yang menggunakan frekuensi c band extended, maka kita sangat sulit menjumpai lnb c hand frekuensi extended.

Oleh karena itu, jika kita ingin mentracking satelit dengan frekuensi cband extended, maka kita bisa memodifikasi lnb c band standard agar bisa menerima frekuenis c band extended.

Cara Modifikasi LNB Standard Manjadi Extended

Lnb c band keluaran sekarang hampir semua menggunakan komponen xtal (kristal) untuk mengatur local oscillatornya.

Kita harus membuka lnb nya. Disitu ada sebuah komponen xtal. Xtal bawaan dari lnb c band standard adalah 25 mhz.

Xtal Bawaan LNB C Band Standard
Xtal Bawaan LNB C Band Standard

Cara paling mudah adalah dengan mengganti komponen xtal ini. Kita bisa menggantinya menggunakan xtal juga namun dengan nilai 28 mhz sampai 30 mhz.

Xtal Diganti 28 sampai 30 Mhz
Xtal Diganti 28 sampai 30 Mhz

Dengan demikian, maka lnb yang tadinya penerimaan frekuensi terbatas maksimal sampai 4,2 ghz saja bisa naik ke frekuensi extended 4,8 ghz lebih sedikit.

Demikianlah artikel tentang cara modifikasi lnb c band standard menjdadi lnb c band extended. Semoga bermanfaat.