Parabola Langganan atau Bebas Iuran Bulanan Semua Terserah Anda

Parabola digital merupakan sulusi yang tepat dalam mengatasi siaran tv yang banyak semutnya, gambar berbayang, dan lain sebagainya. Karena parabola digital mampu menyajikan gambar yang sempurna, jernih tanpa satupun semut yang menghiasi. Disamping itu parabola digital dapat menyajikan banyak channel-channel lokal maupun manca negara.

Ada dua pilihan dalam penggunaan parabola digital ini. Yaitu parabola berlangganan atau berbayar alias tiap bulan harus membayar kalau tidak mbayar otomatis gambarnya hilang atau gelap. Dan yang kedua adalah parabola digital FTA (free to air) atau gratis alias tidak usah mmembayar tiap bulannya dan gambarnya hidup terus lancar jaya.

Bagi kalangan menengah keatas parabola langganan karena penghasilan mereka banyak tentu saja tidak masalah jika tiap bulan harus membayar 65 sampai 300 ribuan. Namun bagi kalangan menengah kebawah jika tiap bulan mengeluarkan uang segitu tentulah terasa berat. Pilihan tepat bagi kalangan menengah kebawah adalah parabola digital bebas iuran bulanan. Walaupun ada kekurangannya, namun banyak juga kelebihannya.

Parabola langganan dari segi channel-channelnya memang kelihatan menarik karena parabola langganan ini berisi channel-channel unggulan. Misalnya HBO, Fox Movies, ESPN, Bein Sport, Kartun Network, NGC, NGC Wild, Celestial Movies, dan lainnya. Parabola langganan bisa dikatakan chanel premium dan parabola gratisan berchanel standar.

Seiring berkembangnya jaman, parabola berlangganan serasa memberatkan karena harus full langganan tiap bulannya, telat bayar tagihan langsung mati. Terkadang paket langganan berubah sendiri tanpa pemberitahuan sehinggan tagihan membengkak. Akhirnya beberapa profider parabola berlangganan mulai melirik sistem prabayar plus bisa juga untuk menangkap chanel-chanel yang non langganan.

Untuk saat ini banyak profider parabola langgaan yang menggunakan sistem ini. Mereka menjual dan memasarkan sebuah receiver parabola yang memiliki sistem dual fungsi. Yaitu receiver yang bisa langganan sekaligus bisa untuk menangkap chanel gratisan. Misalnya Matrix Garuda, Toppas Tv, K-Vision, Orange Tv, dan Skynindo.

Receiver dual fungsi ini secara umum menangkap chanel-chanel yang gratisan dan bisa dinikmati selamanya. Plus ada chanel premiumnya. Ketika dibelikan voucher, otomatis chanel premium akan terbuka, jika voucher habis, maka chanel premiumnya akan gelap lagi.

Untuk parabola bebas iuran kelemahannya adalah jika ada tayangan tv yang dikontrak oleh provider parabola langganan maka tayangan tersebut akan diacak alias tidak ada gambar. Maklumlah wong namanya gratis ya harus mengalah. Saat ini bisa diatasi dengan memasukkan kode acakan. silahkan baca: Buka Siaran Acak.

Keunggulannya parabola gratisan adalah mampu menangkap ratusan channel secara gratis. Bagi Pak Haji dan Bu Hajjah yang rindu tanah suci mekah dan medinah dapat nonton tayangannya secara langsung. Juga yang ingin nonton liga arab ya parabola bebas iuran jawabannya. siaran sepakbola full seperti di channel saudi sport, al-kass, jsc glabal, dan lainnya. tayangan movie, simema, kartun, fashion juga ada. semuanya full gratis-tis. Bahkan Parabola Gratisan juga sudah bisa menikmati beberapa chanel premium. Silahkan baca: Cara menjalankan Power VU Auto Roll

Kelemahan parabola bebas iuran yang kedua adalah dish atau piringan parabola ini cukup besar sehingga memakan tempat. Ukuran terkecil yang sudah mencukupi adalah 6 feet. Atau dengan kata lain diameternya 1,8 meter.

Namun dengan satu dish dapat dipakai 4 tv sekaligus dengan siaran berbeda sehingga bisa menghemat lokasi. Kelemahan ini justru juga menjadi keunggulan tersendiri bagi parabola bebas iuran. Kenapa demikian? ini karena dengan dish yang besar maka sinyal sangat stabil, pancaran sinyal menggunakan frekuensi c-band yang tahan segala cuaca. Tidak seperti frekuensi ku-band dengan dish kecil yang rentan cuaca, kalau mendung atau hujan maka sinyalnya hilang.



46 komentar untuk "Parabola Langganan atau Bebas Iuran Bulanan Semua Terserah Anda"

Comment Author Avatar
Salam Kenal Mas!!
Mau Tanya, saya Pake 2 LNB dan pengen punya banyak siaranya gemana caranya (Selain TV Lokal)?
saya baca2 sekarang lagi hot2nya satelit yamal, itu bisa gx mas pake 2 LNB tanpa merubah posisi parabola?
Masih sebelumnya mas!!
Comment Author Avatar
kalau pakai 2 lnb untuk channel fta palapa dan telkom. channelnya cuma 40an. kalau mau lebih ganti aja rx nya pake yes tv, tp harus ngeluarin uang tiap bulannya. atau tambah lnb juga bisa. 3lnb = 115 ch. 4lnb = 165 ch. 5lnb = 210ch. tuk yamal 202 letak satelit berada disebelah barat, jd harus pake hidrolik. untuk daerah jawa dish minimal 8ft.
Comment Author Avatar
Anonim 02 Mei
Salam kenal mas anto, menarik sekali menyimak tulisan2nya di blog ini menambah ilmu, sekaligus bikin pengen nyoba pasang sendiri parabola,... btw apakah bisa satu antena parabola digunakan sekaligus untuk layanan free to air dan layanan berbayar (misal pake yes TV) ? kalo bisa gimana cara instalasinya? tks....alot...
hadi-jombang
Comment Author Avatar
@Anonim--bisa saja. yg berbayar sprti telkomvision/Skynindo. jd kalau lg gak pingin beli channel premium kita gak usah isi foucher tp masih bisa lihat yg FTA
Comment Author Avatar
Anonim 10 Mei
Mas Adun: di rumah saya pake telkomvision, awalnya masih bisa nonton siaran nasional seperti indosiar, trans 7, trans tv, rcti, sctv, mnctv, dll. tapi sekarang koq cuma bisa yg sctv dengan mnctv aja yah? pernah sih telpon customer service-nya, mereka bilang harus bayar iuran dulu padahal saya kira TV-TV nasional itu FTA. Apa saya salah ya?
Comment Author Avatar
@Anonim-- kalau telkomvision untuk tv nasional memang gak ada harga paketnya. kalau anda beli paket channel premium otomatis channel nasional terbuka. untuk channel FTA rcti, sctv, indosiar, global, mnc tv. berada pada satelit Palapa d. bukan di telkom 1
Comment Author Avatar
Anonim 01 Agustus
Mas Salam Kenal Saya mau nonton siaran langsung makah atau madinah TV mana yang nyiarin dan satelitnya apa ? Thanks
Comment Author Avatar
yg nayangin siaran langsung mekah adalah chanel saudi Qur'an, dan medinah di chanel saudi sunnah. keduanya ada disatelit asia5. posisi satelit ini di 100⁰E. satelit ini sangat mudah ditangkap di wilayah indonesia
Comment Author Avatar
mas adun, saya syarif..
apakah bisa menangkap saudi qur'an dan saudi sunnah dengan dish dan receivernya tv berlangganan???
Comment Author Avatar
kl dish tv langganan kayaknya gak bisa cz dishnya terlalu kecil, minimal 6 ft. kl reciver sebagian tv langganan bisa
Comment Author Avatar
Anonim 23 Agustus
nama saya fajarx ,saya ingin orang tua saya bisa liat kegiatan di mekah/madinah, kira2 apa saja yang dibutuhkan?maklum saya pemula sayang ingin yang free gtu..maksimal hanya menyediakan prangkat keras saja
Comment Author Avatar
yg dibutuhkan seperangkat antena parabola yg terdiri dari:
1. tiga buah lnb c-band beserta switch. kalau hanya ingin mekah/medinah saja (tanpa chanel lokal) cukup pakai 1 lnb saja.
2. dish minimal 5 feet dan tiag dish
3. resiver
Comment Author Avatar
Anonim 27 Agustus
Kelebihan lain dari FTA dibanding Pay TV adalah kualitas visual di parabola FTA lebih mulus, stabil & jernih dibanding siaran parabola berbayar. Coba saja di check untuk setiap Channel yg sama yg ada di FTA juga Pay TV, karena di sini terlihat sangat jelas kalau di pay tv gambarnya mengalami penurunan kualitas. Hal ini mungkin karena disebabkan oleh bbrp kali proses transmisi sehinnga kondisi gambarnya menurun.
Comment Author Avatar
Anonim 03 September
Bro, Tanya. kalo mau fly pengaruh sama parabola tidak (LNB dan arah satelit). Misalkan mau nonton siaran ku tp LNB kita pake C band, :)
Comment Author Avatar
Anonim 17 Oktober
mas gimana caranya biar dapat sctv lagi?.....
Comment Author Avatar
di auto scan saja, atau diprogram manual dengan freqwensi 3750 horisontal, symbolrate 3125. satelit palapa D
Comment Author Avatar
Anonim 01 Desember
mas, saya tinggal di Malinau Kaltim, saya pake parabola tpi FTA, bs ga ganti dg Pay TV tp layananx bs smpe tmpt sya tinggal, stau sya ditempat sya tinggal ga ad agen penyedia layanan parabola berbayar, bs ga ambil paketnya dr prov lain, klo ada apa ya nama layanannya? terima kasih mas
Comment Author Avatar
Saya mau nanya gan, kalau pakai parabola yang bebas iuran apakah tidak nayangin liga inggris, champions dll??? Karena setahu saya tayangan sepakbola sudah dikontrak dibeberapa TV berlangganan.. dan bagaimana pemecahan masalahnya agar bisa nonton sepakbola dunia tanpa mengularkan iuran bulanan??? Terima kasih sebelumnya gan.. :D
Comment Author Avatar
untuk chanel lokal musim ini semua bisa kecuali Fa cup dan ISL. la kan chanel luar banyak yg nayangin
Comment Author Avatar
Anonim 14 Juni
Mas...mau tanya sedikit...Saya tertarik buat parabola bebas iuran ini , tp yg bikin ilfeel ya cuma ukuran parabolanya yg makan tempat...apa bisa kira2 hanya memakai ukuran parabola yang max diameter 1m gitu ?
Comment Author Avatar
Mas Adun, mo nanya nich....sya punya 1 unit parabola bekas Aora TV, apakah bisa digunakan untuk siaran FTA, maksih...
Comment Author Avatar
ya paling untuk nangkap nss6 (ada sekitar 100chanel pake biss)
Comment Author Avatar
Anonim 08 April
mas salam kenal,saya mw tanya pa bisa parabola yang berlangganan di modif jadi parabola tak berlangganan????
Comment Author Avatar
mas Adun , mau nanya nich aku di rumah pakai parabola resiver pakai mpeg 4 bisa kah aku mendaftar tv berlangganan tanpa menambah antena
Comment Author Avatar
bisa, tp resiver harus diganti. bisa pakai k-vision atau orange (harga lebih murah dibanding yg lain). Harga eceran dibawah 200rb sudah bisa nerima siaran HD
Comment Author Avatar
Anonim 26 Juli
Salam gan, aku mau tanya bisakah bekas parabola top tv di pakai jadi fta ? Bagaimana caranya, terima kasih
Comment Author Avatar
lnb diganti yg ku band, trus arahkan ke chinasat 11, resiver harus ganti
Comment Author Avatar
mas klo paket parabola termurah berapa yg bebas iuran tp pake parabola kecil kayak top tv
Comment Author Avatar
Mas parabola bekas orange tv di jadikan fta bagaimana caraanya?
Comment Author Avatar
arahkan ke chinasat11
Comment Author Avatar
Assalam wr wb, Mas Anto mphon pencerahan, saya d jombang Jatim, pake matrix tv, kqn ada free saudi qur'an dan saudi sunnah, lha ini (2 mg) sekarang kosong, minta petunjuk ya mas, Jazakumulloh, Wassalam.
Comment Author Avatar
di scan lagi, cz chanel tsb pindah freqwensi
Comment Author Avatar
WAH sungguh menarik sekali dan menambah wawasan dari apa yang sudah disebutkan pada artikel diatas,,,
Comment Author Avatar
saya pemula ga ngerti pokoknya ,pertanyaannya saya pengen punya parabola 6 feet aja tapi bisa FTA palkom,dan chinasatt jd satu receiver saja apabisa ya???? mohon lagi ngilmu nih ..
Comment Author Avatar
susah bro kl 6ft, pakai 7,5 ft biar aman gak bentrok antara palapa dan chinasatnya
Comment Author Avatar
Mas saya ngekost di daerah jatinangor yg notebene adalah wilayah perbukitan kalau di pasang antena biasa channel dikit dan banyak semut, kalau saya pasang yg berbayar saya juga anak kossan, kalau mau pasang parabola yg sekali bayar juga rugi kalau pindah kost. Ada yg bisa ngasih masukan atau saran?
Comment Author Avatar
Pakai ninemedia saja bro. 1 set + instalasi harganya dibawah 500rb. parabolanya kecil, tidak makan tempat, kl pindah juga mudah dibawa. kekurangannya mnc group gak ada (rcti, global tv, mnc tv)
Comment Author Avatar
met malem pak. saya ingin pasang parbola MMP smv itu bebas iuran dapat channel 62 aja. itu gaimana parabola mmp smv kuahlitas?
Comment Author Avatar
Itu Free to view
Comment Author Avatar
Masukanya bos... pengen pakai parabola mini tpi bisa fta ada gk?atau ada solusi supya banyak dapat chanel FTA untuk 2 reciver 1 parabola.. tks..
Comment Author Avatar
Bisa pakai nine media
Comment Author Avatar
Maaz paranola viva apa bisa buat nonton siaran bola luar negri..mohon infonya
Comment Author Avatar
kl lokasi jateng bisa bro...
Comment Author Avatar
mat siang Mas..

Saya punya parabola mmp dg receiver samsung transvision..
ini bagaimana ya cara nya agar saya bisa dapatkan siaran bein sport
Comment Author Avatar
ya beli vouchernya transvision