Buka Siaran Acak dengan receiver mpeg2


Update: Dalam menayangkan Piala AFF Suzuki Cup 2018, RCTI menggunakan acakan conax. Sampai saat ini belum ada receiver yang mampu membukanya. Solusinya biasa menggunakan chanel alternatif.
Silahkan baca: Biss Key AFF Suzuki Cup 2018

Sudah menjadi hal yang biasa kalau menikmati siaran televisi lewat parabola pada acara-acara tertentu tidak bisa dinikmati alias gelap gulita.

Ini memang disengaja dari pihak stasiun televisi yang bersangkutan meng-hide atau mengacak acara-acara tertentu karena tidak boleh ditonton secara umum lewat antena parabola.

Buka Siaran Acak dengan receiver mpeg2

Kenapa tidak boleh?
Jawabannya adalah karena stasiun televisi yang bersangkutan tidak mendapatkan ijin hak siar secara umum untuk dipancarkan lewat antena yang berbasis satelit digital.

Ini dikarenakan acara-acara yang diacak sudah dibeli hak siarnya oleh pihak-pihak tertentu. Biasanya sudah dikontrak oleh TV berlangganan.

Kalau sudah bicara soal berlangganan, waduh pakai antena untuk tv saja kok harus bayar per bulannya. Kalau untuk orang berduit ya nggak jadi masalah, Tapi untuk masyarakat yang penghasilannya pas-pasan tentunya memberatkan. Ya nonton chanel lain saja yang tidak diacak. Apalagi untuk kaum ekonomi kritis, ya adanya pasrah saja.

Tapi Tenang Saja
Kok tenang saja, bagaimana maksudnya?. Kalau dulu rasanya mustahil bisa menonton acara tv dari parabola yang diacak. Kalau gambar sudah gelap ya sudah, pasrah saja.

Namun seiring perkembangan teknologi, sekarang siaran tv acak ternyata masih bisa dinikmati, Karena dalam siaran tersebut ada celah untuk membukanya. Sekarang sudah ada software receiver yang suport biss key.


Biss key adalah jenis acakan yang biasa digunakan oleh beberapa stasiun tv, seperti global tv, mnc tv, sctv, trans tv, trans 7, TVRI, dan yang lainnya.

Namun kendalanya adalah software ini marak pada waktu baru-baru ini. Sedangkan receiver keluaran dulu belum menggunakan software yang suport biss.

Pertanyaannya adalah apakah software pada receiver anda sudah bisa biss atau belum?. Untuk mengetahui jawabannya, anda bisa mecoba langkah-langkah berikut.
  1. Pada posisi receiver menyala normal, anda tekan info (pada remot). kemudian tekan berurutan angka 1, 2, 3, 4  apakah pada layar muncul set biss cw atau tidak? jika muncul berarti softwate anda sudah suport biss key. jika tidak anda coba langkah ke 2.

  2. Pada posisi receiver menyala normal, anda tekan menu, kemudian tekan angka 9 (empat kali). apakah muncul jendela untuk memasukkan biss key atau tidak, jika muncul berarti software anda sudah suport biss key jika tidak, silahkan coba cara ketiga.

  3. Pada posisi receiver menyala normal, anda tekan menu, kemudian tekan angka 6 (empat kali). bisa muncul set biss cw atau belum? jika belum, software anda belum suport biss key.
Setelah jendela muncul, anda bisa mengisi 16 angka/huruf tersebut sesuai kunci stasiun tv yang masih aktif.

Mungkin masih banyak cara lain untuk memunculkan jendela isian biss key pada receiver mpeg-2, namun karena keterbatasan pengetahuan saya, hanya 3 itulah yang saya ketahui.