Menentukan jarak lnb yang kurang tepat saat tracking

Jarak LNB

Ketepatan jarak lnb merupakan suatu hal yang mutlak pada pemasangan antena parabola fixed / tidak pakai penggerak. Ini dikarenakan parabola fixed bersifat menerima sinyal dari beberapa satelit yang jarak antar lnb harus sesuai dengan jarak antar satelit.

Jika jarak lnb kurang atau bahkan mungkin tidak tepat, maka yang terjadi adalah satu satelit dapat diterima dengan bagus sedangkan satelit lainnya tidak bagus atau bahkan mungkin tidak dapat sinyal sama sekali.

Berbeda dengan parabola pakai penggerak, parabola fixed hanya dapat menangkap beberapa satelit yang jaraknya berdekatan.

Jika posisi satelit agak jauh dari posisi fokus dish maka sinyal yang diterima semakin kurang, bahkan jika terlalu jauh maka sinyal tidak dapat ditangkap.

Secara umum, parabola fixed dish digunakan untuk menangkap 4 satelit, yaitu Palapa d, Telkom 1, Asiasat 7, dan Asiasat 5. Gambaran penerimaan sinyal satelitnya adalah sebagai berikut:

Jarak Antar Lnb

Dari gambaran diatas dapat disimpulkan bahwa sebuah dish memantulkan kembali sinyal satelit yang diterima oleh dish. Sinyal pantulan tersebut tidak dipantulkan kembali keatas sesuai dari mana sinyal berasal namun malah berbalik menjauh dari asal sinyal asli sesuai dengan kemiringan asal sinyal dari satelit.

Pantulan sinyal satelit dapat digambarkan pantulan bola yang dilempar atau dijatuhkan kelantai. Sebuah bola jika di jatuhkan ke lantai, maka akan memantul keatas, namun jika dilempar kelantai dengan posisi miring, maka pantulan bola akan menjauh dari asal bola dilemparkan dengan pantulan membentuk huruf V.

Jarak Antar Lnb

Dan yang terjadi jika permukaan pantulam melengkung, maka sinyal akan bertemu pada satu titik fokus. Gambarnya seperti ini:

Menentukan jarak lnb yang kurang tepat saat tracking

Pada gambar diatas terlihat kalau sinyal datang tepat dari atas maka posisi fokus akan ada ditengah. Jika sinyal datang dari samping kiri misalnya, maka pantulan akan mengarah kekanan dan posisi fokus akan tercetak di sebelah kanan.

Menentukan Jarak LNB

Jika satu sinyal satelit bisa diterima dengan bagus, sedangkan sinyal satelit lain buruk dan sinyal satelit yang buruk tersebut jadi bagus jika posisi dish dijauhkan dari posisi satelit yang ditangkap, maka jarak lnb malah harus didekatkan.

Sebagai contoh jika sinyal palapa bagus, sedangkan sinyal telkom buruk. Ketika posisi dish dimiringkan ke timur kok sinyal telkom jadi bagus, sedangkan sinyal palapa jadi buruk. maka jarak lnb terlalu jauh dan harus lebih didekatkan.

Sebaliknya jika sinyal palapa bagus, sinyal telkom buruk, jika dish dimiringkan ke arah barat kok sinyal telkom jadi bagus sedangkan palapa jadi buruk, maka jarak lnb harus dijauhkan.

Contoh diatas berlaku untuk semua satelit. Intinya jika satu satelit bagus dan yang lain buruk, jika posisi dish dimiringkan kearah sesuai posisi satelit berada jadi bagus, maka jarak lnb kurang jauh.

Bagi pemula mungkin masih harus melakukan beberapa kali penyesuaian perapatan atau perenggangan jarak lnb karena menyesuaikan jarak lnb perlu pengalaman yang cukup.

Saya sendiri dulu juga harus beberapa kali penyesuaian jarak lnb yang kurang tepat karena baru belajar dan belum punya pengalaman apa apa. itu wajar saja, yang penting semangan, semangat, dan semangat.

69 komentar untuk "Menentukan jarak lnb yang kurang tepat saat tracking"

Comment Author Avatar
Anonim 28 Januari
Mas saya pasang parabola 7 feet antarsat dengan lnb 4 in 1 venus (yang sudah terangkai). Hasilnya tidak semua channel bisa diterima. Palapa tidak bisa RTV, Inews, Daai, Global. Telkom tidak bisa TVE, Asiasat7 banyak yg tidak bisa, Asiasat5 hanya Dubai TV (satu TP)
Kira-2 apa yang salah/kurang pas? Apakah kemiringan ke Utara sangat besar pengaruhnya? Kebetulan saya di Jawa Timur, jadi infonya parabola harus miring ke utara). Jika dengan rec HD, kualitas berkisar antara 60 dan 70. Jika dengan rec Mpeg2 kualitas rata-2 dibawah 50, Tapi anehnya MUTV (di sat Telkom bisa 99 %)
Comment Author Avatar
kemiringan utara selatan tentu saja sangat berpengaruh besar sob, namun tidak saya bahas dalam artikel diatas karena artikel diatas ruang lingkupnya hanya jarak antar lnb (menentukan kemiringan timur barat).

setelah jarak antar lnb sudah tepat, hasil tracking bisa saja tidak memuaskan jika kemiringan utara selatan tidak pas. cara penangannya harus diputar sudut azimutnya sampai benar2 pas
Comment Author Avatar
tanya lagi mas...
kalau kompas tv dan rtv Pakai mpeg2 itu polaritas dan symbol rate nya berapa ?
Comment Author Avatar
kompas tv tidak bisa ditangkapa pakai receiver mpeg2 karena sudah menggunakan sistem DVB-s2 dengan format mpeg4. Kalau rtv bisa. Frekuensi: 3863, Polaritas/; Vertikal, Symbolrate: 4333
Comment Author Avatar
hai sob
sy mau tanya
apkh setelah T3S aktif
cara pasang lnb nya ada perubahan?sebab setelah set T3S di receiver tp msh gak bs sob.tp setingan prabola dan lnb nya blm saya rubah masih seperti saat telkom 1 msh aktif.tlg sob sulusinya???cara pasang lnb dan posisiny????saya pemakai lnb dua
Comment Author Avatar
Seting parabola harus dirubah.

Untuk Parabola 2 Lnb silahkan baca: Cara Merubah Lnb Telkom 1 ke Telkom 3s

Untuk 4 Lnb Silahkan baca: Modif 4 Lnb Untuk Telkom 3s
Comment Author Avatar
Anonim 11 Oktober
#ask gann


bisa nggak gan kalo palkom di gabungi sama apstar 6 di dish 6 ft
kejauhan nggak gan.. ??
Comment Author Avatar
Kl dishnya 6ft saya rasa sulit, walaupun bisa dapatnya minim sekali
Comment Author Avatar
Waktu pakai 3 lnb fokus d telkom3 jarak ke apstar6 24 cm, sekarang fokus di palapa ko ga dapat signal ke apstar6, minta solusi gan
Comment Author Avatar
ya fokusnya di telkom saja. telkom ke palapa 3,5 berarti
Comment Author Avatar
salam kenal mas,
mau nanya sy pemula dlm seting parabola bekas pay tv, knp yah sy tracking satelit misal ninmedia atau measat kok kualitas sinyalnya 0 yah...itu knp ya mas, thx atas jawabnnya....
Comment Author Avatar
kl belum lock ya kualitas masih 0
Comment Author Avatar
Mas, jarak lnb palapa D ke telkom 3s brp cm? Sya pake dish solid 6ft. Masih baru mau pasang mas.
Comment Author Avatar
2cm itu d ukur dr bibir lnb atw tengah lnb gan
Comment Author Avatar
Dari bibir lnb. Untuk dish solid posisi lnb sangat menjorok kebawah dari ring nya
Comment Author Avatar
mas adun saya pakai matrix 4lnb utk palapa,telkom3s sinyal bagus tapi yg asiasat3 dan asiasat5 hilang ndak ada sinyal. mohon pencerahan,jarak dari palapa ke asiasat berapa cm.
Comment Author Avatar
Jaraknya mungkin kurang pas sob. mungkin kurang jauh karena untuk sekarang jarak palapa - asiasat7 cukup jauh
Comment Author Avatar
Jarak lnb untuk palapa dg telkom3s beapa ya mas.
Sy pakai dish yg diameternya 210sm dan tiang focus 82 cm. Trimasih atas bantuannya
Comment Author Avatar
Maaf mau tnya, sy pake 4 lnb buat palkom, asiasat 7dan5. Klo palapa d, asiasat 7dan 5 sudah dapat sdangkan telkom3s cm dpt 2 chanel itu knapa ya? Sy coba dongakan dish dan miringkan ke timur baru telkom3s dpt full, tapi palapa, asiasat7 dan 5 jd hilang lagi. Itu mesti setting gmn ya? Trima kasih sblumnya.
Comment Author Avatar
itu berarti jarak telkom nya kurang jauh
Comment Author Avatar
Anonim 25 Februari
Masukkan komentar Anda...tanya gan,dish soccer jaring 7fet tiang fokus 105cm ,jarak kompal as7 as 5 brp?terima kasih atas jawabannya
Comment Author Avatar
telkom - palapa: 4,6 cm
palapa - asiasat 7: 11 cm
Asiasat 7 - asiasat 5: 4,5 cm
Comment Author Avatar
Salam kenal gan, sya pemula yang pingin coba2 modif ring parabola 4 lnb. Parabola saya ukuran 10 feet paragon dengan ketinggian tiang fokus 95 cm. Sya modif jd jarak palkom 5cm,palapa siasat7 11,5cm,asiasat7-asiasat5 5cm. Hasilnya yang memuaskan cuma asiasat 7 dan 5, untuk palapa kurang, telkom malah tidak dapat. Mohon saran dari agan
Comment Author Avatar
Coba posisi lnb dibuat lurus sejajar. Kl jarak yg disebutkan diatas itu sudah benar untuk janjang fokus 107cm. Setau saya paragon panjang fokusnya sekitar 107cm. kalau panjangnya 95cm mungkin fokusnya tertukar dengan merk lain sehingga fokus kurang panjang
Comment Author Avatar
Itu keempat lnb nya sudah saya buat lurus sejajar gan dengan kedalaman 38. Dan apakah ada solusi untuk tiang fokus yg kependekan tanpa melepasnya dari dish, krn tiang fokusnya sudah tidak bisa dilepas lg gan lengket krn karat
Comment Author Avatar
Coba pakai teori pada artikel ini. itu kan asiasat7/5 sudah dapat. coba diarakhan ke palapa/telkom. ketemunya menjauhi satelit atau mendekati satelit. nanti tinggal menyesuaikan jarak lnb nya
Comment Author Avatar
Yang buat bingungnya dish sudah dimiringkan timur barat sinyal palapa khususnya rcti dan mnc cuma maksimal 30%
Comment Author Avatar
Coba lnb dinaikkan atau diturunkan. Atau scalaring dilepas dan dipasang diatas cangkulnya
Comment Author Avatar
Bos mau tau jarak asiasat7ke apstar6 cband berapa ya pake dish 7feat
Comment Author Avatar
Wah jauh bro, mungkin sekitar 36 cm
Comment Author Avatar
Om saya ada masalah, dish 8 feet 4 lnb, saya coba atur ke telkom 3s palapa D asiasat 7 asiasat 5..posisi udah bener,
jarak nya telkom-palapa =3 cm
Palapa-asiasat 7 =4,5 cm
Asiasat7-asiasat5=3 cm
Pas di coba yng muncul cuma palapa sama telkom, itu pun sinyal nya rebutan, asiasat sama sekali ga ada.. Solusinya gimana ya om,
Comment Author Avatar
Salah itu jarak lnb nya. 8 feet merk apa?
Comment Author Avatar
Sya pasang 4 lnb di dish 8 feet,,palapa bagus tp tlkom jelak,asiasat7 bagus,asiasat 5 bagus,,tp klo di miringkan ketimur dikit palkom bagus,,tpi asiasat7 dn 5 jadi zonk,asiasat bsa jdi bgus klo geser lgi ke barat,,kira2 lnb yg mana yg bermslh dg ukuran jaraknya..
Comment Author Avatar
kl yang lain bagus dan hanya telkom yang jelek berarti lnb telkom kurang pas. Kasus seperti itu berarti jarak lnb telkom kurang renggang.

kl yg bawah palapa dan telkom ke timur bagus berarti lnb palapa dan telkom kurang jauh dari lnb asiasat7/5
Comment Author Avatar
Salam kenal mas, tanya nih. Sy pakai Venus 7 feed, hanya 2 lnb yg sy pasang asiasat 7 dan 5. Fokus di 7. Bagaimana memaksimalkan sinyal asiasat 5 buat dapat ch feed di asiasat 5. Jarak 3 cm hanya Dubai dan Kuwait yg dapat. Mohon masukannya mas
Comment Author Avatar
Kl venus jaraknya 3,3 cm. Tapi selisih jarak itu gak banyak berpengaruh. kemungkinan sudut azimuthnya yang kurang pas
Comment Author Avatar
Makasih gan saya berhasill... Trimakasih ditambhkn berkat buat agan amin 😇 panjang umur dan sehat selalu
Comment Author Avatar
Trims dah berkunjung
Comment Author Avatar
Maaf gan , tadi saya udah praktek seperti yang juragan tulis di artikel di atas, saya coba gabungkan 4 lnb as7 palapa, telkom3s dan apstar6
Hasilnya as7, palapa dan Telkom3s bagus tapi apstar6 zonk
Ini salahnya dimana ya
Nb: saya pakai dist 7feet
Comment Author Avatar
Coba lock dulu apstar nya dan lupakan palapa telkom. setelah lock baru dikira2 jarak antara apstar dan palala telkom
Comment Author Avatar
Anonim 14 Juli
Mas jarak lnb palapa ke asiasat7 pakai dish jarinnh 6 feet brapa ya ?
Comment Author Avatar
Mas mau tanya kalo lock palapa dengan asiasat 5 dan fokus di asiasat 5 caranya gimnh yah,karna tiang fokus saya di pasnagnya seblh kiri-kanan tidak di tengah..jadi utuk fokus asiasat 5 gimnh yah dgn lock awal palkom dan skrng say pisah jdi palapa - asiasat 5,apa kah hrua di geser utara selatan/msh posisi awal lock palkom..
Trimakasih mas..
Comment Author Avatar
Ya ditempel di ringnya lnb palapa
Comment Author Avatar
Mas salam kenal, mau tanya; dish 6 feet.untuk jarak tiang fokus dr dasar mesh sampai ke bibir lnb berapa ya mas?
Sy coba 70 cm dr dasar sampai bibir lnb, & lnb di braket 38, kira2 sudah pas belum mas
Comment Author Avatar
sy blm pernah ukur bro, dicoba saja
Comment Author Avatar
Master..klo lnb4 itu posisi palapanya yg di tengah atau yg di ujung timur..mhon bntuannya master..
Comment Author Avatar
Posisi lnb paling barat telkom 3s, timurnya palapa d, timurnya asiasat 7, timurnya asiasat5
Comment Author Avatar
gan mau tanya kalo mau lock telkom3s,palapa d sama asiasat 5 jarak nya berapa..?? fokus di palapa d ,, waktu coba tracking jarak palapa sama asiasat 5 sekitar 15 cm sinyal palkom nya dapat tapi asiasat5 gk ada sinyal sama sekali di disc venus 7 feet,, mohon bantuan nya..
Comment Author Avatar
Paling barat lnb telkom 3s, kemudian timurnya palapa d jaraknya 3,2 cm, mekudian timurnya asiasat 5. Jaraknya sekitar 18,7 cm
Comment Author Avatar
sudah saya coba gan jarak palapa d dan asiasat 5 18,7,, tapi yang nyatol malah asiasat 7,, solusi nya gimana gan
Comment Author Avatar
Kok bisa ya? 2 hari lalu saya masang pakai 7ft venus al7201, dengan jarak persis segitu dan hasilnya sangat fix. Ngukurnya dari mana? Ukuran itu untuk palapa d ke asiasat 5 dengan ukuran antara bibir lnb palapa d dan asiasat 5
Comment Author Avatar
ngukur nya dari bibir lnb gan.. ini mau traking lagi,, minta foto posisi lnb nya ada gak gan
Comment Author Avatar
Ikut nyimak gan...trima ksh banyak ilmu yg didapt
Comment Author Avatar
Trims sudah berkunjung
Comment Author Avatar
Mas mau tanya nih, kalau parabola di mirinkan ke utara telkom bagus ,,tapi palapa ngak dapat, begitu juga sebaliknya yang salah apanya ya mas
Comment Author Avatar
Azimuthnya, parabolanya diputar sedikit ke kanan
Comment Author Avatar
Selamat siang gan, mau tanya jarak dan kedalaman lnb asiasat 5 dgn 7 untuk dish solid 6 feet berapa? Saya pakai jarak 1 cm, asiasat 5 nya kurang maksimal 🙏🙏
Comment Author Avatar
Jaraknya sekitar 2 cm lebih dikit. kedalaman lnbnya menjorok kebawah sekitar 3 cm
Comment Author Avatar
Mas mau tanya jarak lnb yg pas palkom4 as7 as5 dish venus 7 feet. Saya pakai jarak palkom4 2.8cm, as7as5 2.8 tapi palapa sering hilang fokus antara telkom4 dan ast7. Dan tp terkuat masing2 sat buat tracking apa?
Comment Author Avatar
palapa telkom 3cm, telkom as7 rapat (ring dipotong full). as7 ke as5 2,8cm
Comment Author Avatar
Ini sama aja kan mas jaraknya soalnya saya pakai venus al nya model cangkul. Kedalaman masing2 lnb brp mas?
Ok makasih buat ilmunya mas... Nanti saya gotik lagi.
Comment Author Avatar
Mas mau nanya nih..kemaren br gnti lnb 2.stlh di gnti yg dpt mlh cm sctv sm indosiar
Comment Author Avatar
Ya ditracking lagi sampai maksimal
Comment Author Avatar
Om mau tanya untuk jarak 3 lnb . Chinasat 6b . Asisat 7 asiasat 5 berapa cm yah? Fokus di asiasat 7
Mohon infonya
Comment Author Avatar
Maaf, jarak lnb itu bisa beda2 sesuai dish yang digunakan