Skip to main content
Kreasi Parabola

follow us

Menentukan jarak lnb yang kurang tepat saat tracking

Jarak LNB

Ketepatan jarak lnb merupakan suatu hal yang mutlak pada pemasangan antena parabola fixed / tidak pakai penggerak. Ini dikarenakan parabola fixed bersifat menerima sinyal dari beberapa satelit yang jarak antar lnb harus sesuai dengan jarak antar satelit.

Jika jarak lnb kurang atau bahkan mungkin tidak tepat, maka yang terjadi adalah satu satelit dapat diterima dengan bagus sedangkan satelit lainnya tidak bagus atau bahkan mungkin tidak dapat sinyal sama sekali.

Berbeda dengan parabola pakai penggerak, parabola fixed hanya dapat menangkap beberapa satelit yang jaraknya berdekatan.

Jika posisi satelit agak jauh dari posisi fokus dish maka sinyal yang diterima semakin kurang, bahkan jika terlalu jauh maka sinyal tidak dapat ditangkap.

Secara umum, parabola fixed dish digunakan untuk menangkap 4 satelit, yaitu Palapa d, Telkom 1, Asiasat 7, dan Asiasat 5. Gambaran penerimaan sinyal satelitnya adalah sebagai berikut:


Dari gambaran diatas dapat disimpulkan bahwa sebuah dish memantulkan kembali sinyal satelit yang diterima oleh dish. Sinyal pantulan tersebut tidak dipantulkan kembali keatas sesuai dari mana sinyal berasal namun malah berbalik menjauh dari asal sinyal asli sesuai dengan kemiringan asal sinyal dari satelit.

Pantulan sinyal satelit dapat digambarkan pantulan bola yang dilempar atau dijatuhkan kelantai. Sebuah bola jika di jatuhkan ke lantai, maka akan memantul keatas, namun jika dilempar kelantai dengan posisi miring, maka pantulan bola akan menjauh dari asal bola dilemparkan dengan pantulan membentuk huruf V.


Dan yang terjadi jika permukaan pantulam melengkung, maka sinyal akan bertemu pada satu titik fokus. Gambarnya seperti ini:

Menentukan jarak lnb yang kurang tepat saat tracking

Pada gambar diatas terlihat kalau sinyal datang tepat dari atas maka posisi fokus akan ada ditengah. Jika sinyal datang dari samping kiri misalnya, maka pantulan akan mengarah kekanan dan posisi fokus akan tercetak di sebelah kanan.

Menentukan Jarak LNB
Jika satu sinyal satelit bisa diterima dengan bagus, sedangkan sinyal satelit lain buruk dan sinyal satelit yang buruk tersebut jadi bagus jika posisi dish dijauhkan dari posisi satelit yang ditangkap, maka jarak lnb malah harus didekatkan.

Sebagai contoh jika sinyal palapa bagus, sedangkan sinyal telkom buruk. Ketika posisi dish dimiringkan ke timur kok sinyal telkom jadi bagus, sedangkan sinyal palapa jadi buruk. maka jarak lnb terlalu jauh dan harus lebih didekatkan.

Sebaliknya jika sinyal palapa bagus, sinyal telkom buruk, jika dish dimiringkan ke arah barat kok sinyal telkom jadi bagus sedangkan palapa jadi buruk, maka jarak lnb harus dijauhkan.

Contoh diatas berlaku untuk semua satelit. Intinya jika satu satelit bagus dan yang lain buruk, jika posisi dish dimiringkan kearah sesuai posisi satelit berada jadi bagus, maka jarak lnb kurang jauh.

Bagi pemula mungkin masih harus melakukan beberapa kali penyesuaian perapatan atau perenggangan jarak lnb karena menyesuaikan jarak lnb perlu pengalaman yang cukup.

Saya sendiri dulu juga harus beberapa kali penyesuaian jarak lnb yang kurang tepat karena baru belajar dan belum punya pengalaman apa apa. itu wajar saja, yang penting semangan, semangat, dan semangat.

Baca Artikel Lainnya:

Perhatian: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar