Sistem Pancaran Sinyal Satelit

Dalam dunia persatelitan, sistem atau cara pancar sinyal dari satelit menggunakan dua cara, yaitu menggunakan sistem linear dan sistem circular. Sistem linear adalah pancaran sinyal satelit dengan bentuk lurus atau sejajar. Sedangkan sistem circular adalah sistem pancaran sinyal dengan bentuk berputar/melingkar. Secara umum, kebanyakan satelit menggunakan sistem linear dan hanya beberapa saja yang menggunakan sistem circular.

Sistem Linear
Sistem linear adalah sistem pancaran sinyal dengan bentuk lurus baik polaritas vertikal maupun horisontal. Cermatilah baik-baik gambar dibawah ini:

Pancaran Sinyal Satelit Pancaran Sinyal Satelit

Dari gambar diatas bisa dilihat kalau pancaran sinyal satelit yang berjenis linear bentuk gelombangnya lurus baik polaritas Vertikal maupun Polaritas Horisontal. Perbedaan gelombang Vertikal dan Horisontal adalah kalau Vertikal gelombangnya melintang, sedangkan Horisontal gelombangnya membujur.

Maksud melintang adalah perjalanan gelombangnya berbentuk medan yang melintang arah utara dan selatan. Artinya perjalanan dari atas kebawah itu berbelok-belok arah utara dan selatan sesuai pada gambar diatas.

Sedangkan membujur adalah perjalanan medan gelombangnya membujur arah barat dan arah timur. Dari atas kebawah berkolok-kelok arah barat dan timur sesuai gambar diatas.

Untuk menangkap sinyal satelit dengan jenis linear ini cukup menggunakan lnb biasa, karena bentuknya yang memang sudah lurus. Lihatlah gambar dibawah ini, apa yang ditunjuk tanda panah pada gambar dibawah ini. Itu adalah antena yang menangkap sinyal satelit yang bentuknya memang lurus.

Pancaran Sinyal Satelit

Sistem Circular
Sedangkan Sistem Pancaran Sinyal satelit yang berbentuk circular adalah sistem pancaran sinyal dengan bentuk melingkar, Cermatilah gambar dibawah ini.


Pancaran Sinyal Satelit Pancaran Sinyal Satelit

Disitu terlihat jelas kalau sistem circular perjalanan gelombang sinyalnya berputar. Polaritas Pancaran Sinyal Satelit jenis ini juga ada dua. Tetapi buka Vertikal Horisontal, melainkan Kiri / Left dan Kanan / Right.

Kalau pancaran Left itu bentuk pancaran sinyalnya berputar berlawanan arah jarum jam. Sedangkan polaritas Right pancaran sinyalnya berputar seiring arah jarum jam.

Melihat gambaran diatas tentunya sudah terbayang bagaimana caranya ntuk bisa menangkap sinya tersebut. Memang benar, sinyal jenis circular ini tidak bisa ditangkap menggunakan lnb biasa secara maksimal. Kalau ditangkap menngunakan lnb biasa, hasilnya hanya sedikit sinyal yang bisa ditangkap.

Untuk menangkap sinyal satelit jenis ini tidak cukup menggunakan lnb biasa, melainkan harus dimodif terlebih dahulu. Yaitu Lnb harus disekat terlebih dahulu. Sekat ini berfungsi untuk menjinakkan gelombang yang berputar tadi menjadi linear / rata. Setelah rata barulah sinyal bisa ditangkap dengan baik. Untuk urusan sekat sudah saya bahas dalam artikel tersendiri.

Baca juga: Cara menyekat lnb

4 Komentar untuk "Sistem Pancaran Sinyal Satelit"

  1. Terima kasih infonya.Mau nanya apa kelebihan polarisasi circular sehingga ada yang menggunakan sistem ini, trims.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut saya kelebihannya adalah kl sinyalnya besar tidak perlu lagi polaritas. Misalkan satelit palapa d menggunakan sistem circular, untuk memparalel ke banyak tv tidak perlu alat macem2. cukup menggunakan 1 lnb singgel biasa sudah mencukupi karena kalau tanpa sekat sinyal bisa masuk di satu polaritas baik L maupun R

      Hapus
  2. mas... kalau tracking palapa d c band pakai dish 60 cm kemudian lnb c band dimodif menjadi circular apa bisa nangkap mas??

    BalasHapus

Berkomentar silahkan di kolom ini.

Mohon Tidak Memasukkan Link Aktif dalam Komentar

by ~ Kreasi Parabola

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel