Cara Upgrade MMP Lombok v2 dan Matrix Burger S1 Mati Suri

Upgrade MMP Lombok v2 dan Matrix Burger S1 Mati Suri - Rasanya kurang puas punya receiver hd kalau softwarenya cuma software bawaan dari pertama kali beli. Serasa tangan gatal ingin menjadikan receiver yang kita miliki bisa bekerja optimal dengan software yang sempurna serta fitur-fitur yang lebih baru.

Receiver HD memiliki slot usb yang bisa berguna untuk bermacam-macam hal, salah satunya untuk memasukkan software baru menggunakan flashdisk. Cukup mencolokkan flashdisk yang sudah ada softwarenya, receiver bisa di upgrade dengan menjalankan menu upgrade yang ada pada receiver tersebut.

Yang sering menjadi persoalan adalah jika software yang dimasukkan tidak sesuai atau keliru, maka receiver yang diupgrade bukannya menjadi lebih canggih, malah menjadi mati suri atau sering disebut mata merah. Jika sudah menjadi mata merah, maka receiver tidak bisa mengupgrade dirinya sendiri, melainkan harus diupgrade dengan alat lain.

Alat lain itu bisa dengan receiver ke receiver, artinya upgrade receiver yang masih hidup ke receiver yang mati suri. Tidak semua receiver memiliki fitur upgrade receiver to receiver. Bisa juga upgrade pakai komputer. Atau bisa juga upgrade dengan mencopot flash memori, flash memori tersebut diisi software menggunakan alat khusus, setelah diisi, flash memori dipasang kembali ke receiver.

Upgrade MMP Lombok v2 dan Matrix Burger S1 Mati Suri
Pada kesempatan ini saya akan menjabarkan Cara Upgrade MMP Lombok v2 dan Matrix Burger S1 Mati Suri menggunakan komputer.

Pada body receiver ini tidak ada slot rs232 nya. Untuk bisa menyambungkan receiver ini ke komputer kita harus membuka receiver ini dan menemukan slot rs232 yang ada pada boardnya. Posisi slot rs232 bisa anda temukan sesuai pada gambar berikut ini:

Cara Upgrade MMP Lombok v2 dan Matrix Burger S1 Mati Suri

Slot ini terdiri dari 3 pin saja. 3 pin ini yaitu:
  1. Ground.
  2. Tx
  3. Rx
Pin sudah melewati 2 buah transistor penguat, jadi bisa langsung disambungkan ke rs232 pada komputer atau usb to rs232 jika menggunakan laptop. Cara penyambungannya adalah:
  • Pin kiri disambungkan ke pin nomor 5 pada rs232 komputer.
  • Pin tengah disambungkan ke pin nomor 2 pada rs232 komputer.
  • Pin kanan disambungkan ke pin nomor 3 pada rs232 komputer.
Setelah semuanya beres, maka proses upgrade bisa dimulai.

Proses Upgrade
Untuk upgrade, toolnya bisa menggunakan tcom-upg. Pertama buka toolnya dengan mengklik Tcom.exe. Jika belum punya toolnya bisa download di sini. Software nya juga bisa download disitu. Posisi receiver jangan dinyalakan dulu. Maka tool akan terbuka.

Jika tidak mau terbuka, berarti komputer anda belum terinstal Microsoft Visual C++ 2008. Silahkan instal terlebih dahulu. dengan membuka vcredits.rar yang sudah ada dalam tool yang sudah didownload dari link diatas. setelah tool terbuka, gambar nya seperti ini;

Cara Upgrade MMP Lombok v2 dan Matrix Burger S1 Mati Suri

Klik open untuk membuka sambungan koneksi. Jika tersambung ditandai dengan tombol open jadi gelap. Kemudian klik tab UPG.  Pada Project Type pilih saja Sonata-DDR2. Upg file silahkan klik dan temukan software yang akan diisikan ke receiver. kemudian klik Star. Ingat, Receiver jangan dihidupkan dulu. Gambarnya seperti ini:

Cara Upgrade MMP Lombok v2 dan Matrix Burger S1 Mati Suri

Setelah Star diklik dan pada output info sudah muncul tulisat "Please reset the STB!". kemudian hidupkan receiver. Tunggu saja dan pantau displai Output info. Setelah receiver dihidupkan, maka muncul tulisan "BOOTROM ..."
kemudian muncul "UPG..."
kemudian "DDR Calibration Completed Got sync byte!
Start sending client... not JAZZ Way"

Tunggu beberapa detik kemudian muncul lagi tulisan "Start to check serial... Start to configure user limit..." kemudian "Prepare to download... Start downloading data...". Maka Proses download dimulai. Gambarnya seperti ini:

Cara Upgrade MMP Lombok v2 dan Martix Burger S1 Mati Suri

Pokoknya tunggu saja, tidak perlu klik apa-apa sampai proses selesai. Setelah proses download selesai, muncul tulisan  " End downloading Verify burning flash...> Start burning flash, DONOT POWOFF!"

Dengan sendirinya proses burn berlanjut.  Setelah proses burn selesai, muncul tulisan
"Burning flash OK!" dan kemudian receiver pun On untuk pertama kalinya. Tetapi porses upgrade belum selesai, silahkan simak ulasan dibawah ini.

Lanjutan Proses Upgrade
Receiver model ini lain daripada yang lain. Umumnya kalau receiver lainnya, setelah upgrade maka receiver sudah hidup mormal lagi. Tetapi receiver ini harus ada proses lanjutan.

Receiver ini memiliki beberapa software update. ketika pertama kali muncul menggunakan versi 44. Namun sayangnya beberapa software updatenya tidak disertai registrasi.

Alhasil jika mati suri dan diupgrade, maka akan terjadi registrasi failure dengan ditandai muncul tulisan Regist FAILURE ketika receiver ini dinyalakan. Kalau di isi dengan versi 44, tulisan Regist FAILURE tidak muncul, tetapi tetap saja registrasinya failure, bisa di cek dengan menekan tombol menu, terus ke informasi. Pada bagian bawah ada tulisan Regist Status :     Regist Failed.

Cara Upgrade MMP Lombok v2 dan Matrix Burger S1 Mati Suri

Ketika receiver ini Regist FAILURE, receiver ini tetap bisa menyala, ada gambar dan suara seperti biasa, namun selang beberapa menit receiver ini tidak bisa diremot dan tombol juga tidak berfungsi.

Ini dikarenakan chip prosesor sangat panas sehingga akan hang. Jika dimatikan kemudian dinyalakan lagi, receiver akan bisa diremot lagi, namun beberapa saat kemudian akan hang lagi.

Untuk Mengatasi Regist FAILURE, harus menggunakan Software yang sudah dilengkapi dengan registrasi. Anda bisa menggunakan Software Matrix Burger s_1 HD versi 98 karena versi ini sudah dilengkpi dengan registrasi. Untuk download sw ini, silahka download disini.

Software ini bisa digunakan baik pada receiver mmp lombok v-2 HD maupun pada matrix burger s-1 HD. Remotnya pun bisa berfungsi sempurna.

Cara Menggunakan Software Matrix Burger s_1 HD v_98 + Registrasi
Cara menggunakan software ini cukup mudah, yaitu:
  • Jika receiver yang mati suri sudah diupgrade dengan software yang belum ada registrasinya, maka tinggal disoftware ulang menggunakan flashdisk. Caranya seperti biasa, yaitu flash disk yang sudah ada softwarenya Matrix Burger s_1 HD v_98 + Registrasi ditancapkan ke slot usb. Terus jalankan menu upgrade.

    Setelah upgrade selesai, receiver akan restar. Flash disk jangan dicabut. Jika dicabut, proses registrasi tidak berhasil. Setelah restar masih muncul tulisan Regist FAILURE, beberapa saat kemudian muncul tulisan Regist SUCCES.

    Setelah itu receiver kembali akan restar. Setelah restar receiver pun sudah normal dan bisa digunakan seperti biasa.

  • Jika belum diupgrade, maka bisa diupgrade seperti cara diatas dengan tool. Dan softwarenya bisa langsung diisi dengan softwarenya Matrix Burger s_1 HD v_98 + Registrasi.

    Setelah selesai, maka receiver akan hidup lagi namun masih dalam keadaan Regist FAILURE. Untuk bisa mensukseskan registrasi, setelah receiver menyala bisa ditancepin flashdisk. Pakai flashdisk sembarangan juga bisa, flashdisk kosong tidak ada filenya juga bisa.

    Setelah ditancepin flashdisk, maka akan muncul tulisan Regist SUCCES kemudian receiver akan restar. setelah menyala receiver pun sudah normal kembali.
Cara Upgrade MMP Lombok v2 dan Matrix Burger S1 Mati Suri

Cara Upgrade MMP Lombok v2 dan Matrix Burger S1 Mati Suri

Demikianlah artikel Cara Upgrade MMP Lombok v2 dan Matrix Burger S1 Mati Suri. Semoga bermanfaat dan SALAM OPREK RECEIVER ...

42 Komentar untuk "Cara Upgrade MMP Lombok v2 dan Matrix Burger S1 Mati Suri"

  1. Kalo lewat usb ttl bisa gak bro??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak bisa, karena sudah ada penguatnya. kl pakai ttl harus ambil jalur sebelum 2 buah transistor penguat

      Hapus
    2. ambinya bagian mana bro?bisa kasih contoh?

      Hapus
  2. Waduhh...kalo beli tools nya gmn om?sy liat kok sepertinya jual.

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksud saya kl lombok v2 dan burger s1 dlm artikel ini, upgradenya bisa pakai rs232 9pin dari komputer langsung, gak pakai ttl. kl pakai laptop, maka harus pakai usb to rs232. tp kl sudah lewat ttl gak bisa konek

      Hapus
    2. min, matrix burger mini hd pvr nggak ada slot rs232 didalam box. gimana tuh?

      Hapus
  3. Pertanyaan saya ada 2
    1. Kabel penyambung rx ke rs232 seperti apa. Dimana jual?
    2. Rs232 nya usb to rs232 (male/female)???

    Pliss jawab ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk receiver ini bisa pakai usb to ttl. Bisa beli di toko online harganya sekitar 10 ribu. disitu sudah ada tulisannya gnd, rx, tx. tinggal disambungkan saja. silahkan ketik pl2303 di peccarian tokoped/bukalapak/shoope/dll.

      Kl pakai rs232 harus pakai penguat ttl dulu karena ini 4 pin

      Hapus
  4. pak Najwa, url link donload untuk sw Matrix Burger s_1 HD versi 98 ada gak ?

    BalasHapus
  5. master najwa saya upgradeke mmp lombok v4,sinyal hilang, kalaupun ada sinyal gambar tidak ada, remote tidak fungsi saya coba Software Matrix Burger s_1 HD v_98 + Registrasi software error, mohon solusinya master.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya gak bisa, ini khusus mmp lombok v2

      Hapus
  6. apa ada sw matrix atau sw yg lain yg telah registrasi,,maslah nya sama registrasi failure.mohon bantuan nya,terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya pakai itu bro, nanti otomatis registrasi sesuai artikel diatas

      Hapus
    2. terimakasih telah menanggapi dengan baik..
      maksud saya sekarang rx saya sudah saya upgrde ke mmp lombok v4 disitu di tulis registrasi failure saya coba Software Matrix Burger s_1 HD versi 98 registrasi(software error)..pertanyaan saya,apa masih ada sw matrix atw sw yang lain yang sudah registrasi yg sudah bisa ke mmp lombok v4.terimkasih.

      Hapus
    3. Gak ada bro. Tp masak sih v4 bisa regist failure. Lombok v4 chipsetnya ali, filenya pakai abs (bukan bin). download saja di web resminya mmp.

      Hapus
    4. MMP LOMBOK CUMAN VER 2 AJA PAKAI MONTAGE, DIATAS ITU SUDAH ALI3510C HAHAHAHAHA.

      Hapus
  7. Matrix burger mpeg4 mati suri bisakah ,krn salah upgrade bro. Kalo perbaiki ke anda bgm?? Trus ada open box s10 juga mati suri apa bisa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa asalkan matinya karena salah upgrade 100% bisa pulih. Kl matinya gak di apa2in, kemungkinan mati sw nya 50%

      Hapus
  8. Bberapa kali nyoba gagal terus gan, pake usb to ttl

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang gak bisa kl pakai ttl, Harus murni rs232

      Hapus
  9. HALO MAS NAJWA IKUT NIMBRUNG , KALAU MATRIK APPLE III HD PVR BGM CARA UPGRADE APAKAH PKAI USB TO TTL ATAUKAH LANGSUNG DARI RS 232 KE COLOKAN USB LAPTOP MOHON PENJELASANNYA

    BalasHapus
  10. min, matrix turbo 3 hd pvr nggak ada slot rs232 didalam box. gimana tuh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kl turbo 3 baru ada slot 4 pin. kl keluaran lama kurang tau. tp walaupun ada, mungkin susah mencari toolnya. upgrade pakai ch341 saja. Silahkan menuju: Flash Dengan CH341A

      Hapus
  11. Apakah mmp lombok v4 bisa pkai usb to ttl buat flash nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa kalau sw nya identik. kl dah dimasukin sw berbeda, tool nya gak bisa mendeteksi

      Hapus
  12. Min ini langsung pakai kabel rs232 langsung ke komputer gk perlu alat bantu lagi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya. tapi di receivernya rs232 ada didalam, harus buka box nya

      Hapus
    2. Kalo matrix sinema bisa gk min ALI3510C ?

      Hapus
  13. Gan rx saya matrix burger hdpvr dvbs2.kerusakan ngk bisa nyala cuma on terus kembali ke off berulang".sebelumnya saya upgrade tapi salah sw.saya coba masukin beberapa jenis sw tapi caranya lepas ic eprom di program melalui usb program ch341a,beberapa sw saya coba masukin tapi ngk ada yang cocok/bisa menyalakan rx.apa emang ngk bisa masukin sw langsung ke ic.?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa, ch341a adalah obat paling manjur. Coba pastikan sw benar2 asli full flash

      Hapus
  14. Kalo utk matrix sinema bisa gmn cara flash nya min??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa pakai rs232 atau ch341a

      Hapus
    2. Kalo pake usb to ttl gmn??? Soale trlanjur beli usb to ttl

      Hapus
    3. Kl dah beli ya di coba saja. Tinggal sw sebelumnya itu suport atau tidak. kalau gak suport, maka tidak bisa di flash dengan rs232. harus pakai ch341a

      Hapus
  15. kalo burger s1 nya bisa gak pake software mmp lombok v2 ?

    BalasHapus
  16. Master Nazwa, saya punya matrix hd pvr vs6001-s14004 ,yg ketika di nyalakan hanya kluar logo matrix lalu lampu led on trus/Tv gelap
    sy sudah cb flash dg cara di atas tp hanya mentok di "Please reset the STB!" walaupun rx sudah di nyalakan,
    Malasahnya smna yach master, mohon bantuan nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Flashnya pakai apa bro?

      Hapus
    2. Via usb to ttl, cara ngikutin persis tutorial agan di atas

      Hapus
    3. Kl pakai USB to TTL jelas tidak bisa. Bisanya pakai usb to rs232

      Hapus

Berkomentar silahkan di kolom ini.

Mohon Tidak Memasukkan Link Aktif dalam Komentar

by ~ Najwa Tehnik

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel