Jenis Lnb dan Cakupan Frekuensinya

Jenis Lnb dan Cakupan Frekuensinya - Lnb adalah sebuah alat yang menangkap sinyal satelit yang terdiri dari antena dan boster. Lnb ini ada 3 jenis yang masing-masing menangkap sinyal dengan cakupan frekuensi berbeda-beda. 3 jenis lnb ini adalah:
  1. Lnb S-Band.
  2. Lnb C-Band.
  3. Lnb Ku-Band.

Lnb S-Band

Freqwensi LNB (Low Noise Block)

Lnb ini menangkap sinyal satelit dengan input frekuensi 2.520 MHz sampai 2.670 MHz dan Output frekuensi 950 MHz sampai 1.100 MHz dengan local oscillator 2.620 MHz. Dengan input frekuensi yang cukup rendah untuk pancaran sinyal sebuah satelit yaitu 2.520 - 2.670 MHz tentunya sinyalnya tidak akan terpengaruh dengan gangguan cuaca sperti mendung dan hujan. Namun dengan frekuensi yang rendah tentunya juga memiliki resiko terintervensi frekuensi lain.

Di Asia, hanya ada satu satelit yang menggunakan frekuensi ini, yaitu Satelit SES 7 yang berada pada posisi 108° E yang digunakan untuk transmisi parabola berbayar atau langganan.

Lnb C-Band

Lnb ini menangkap sinyal satelit dengan input 3.400 MHz sampai 4.200 MHz dan Output 950 MHz sampai 1.750 MHz dengan Local Oscillator 5.150 MHz. Input frekuensi 3.400 - 4.200 MHz cenderung lebih aman dari intervensi frekuensi lain dan masih cukup tahan dengan gangguan cuaca mendung dan hujan.

Satelit yang memancarkan frekuensi c-band ini sangat banyak digunakan oleh stasiun tv FTA (Free To Air) atau tv gratisan alias tidak bayar, dan ada beberapa tv berbayar yang menggunakan frekuensi ini. Silahkan baca: parabola langganan dan bebas iuran. Kelemahan frekuensi ini adalah ukuran parabolanya harus besar.

Lnb Ku-Band

Freqwensi LNB (Low Noise Block)

Lnb Ku-Band adalah lnb yang bekerja dengan input 10.700 MHz sampai 12.750 MHz dan output 950 MHz sampai 2.150 MHz dengan Local Oscillator dobel, yaitu dengan frekuwensi 9.750 MHz dan 10.600 MHz. Lnb ini memiliki frekuensi paling tinggi dikelasnya. Ditambah lagi cakupan frekuensi yang cukup lebar sehingga mampu menampung banyak transponder. Dengan frekuensi tinggi, sangat ampuh terhadap intervensi frekuensi lain, namun rentan terganggu dengan cuaca mendung dan hujan.

Frekuensi Ku-Band kebanyakan digunakan untuk tv berbayar dan hanya sedikit yang menggunakannnya untuk tv yang FTA.


2 Komentar untuk "Jenis Lnb dan Cakupan Frekuensinya"

  1. mohon pencrahan mas!?? bisa gak lnb ku dipasang d disc jaring 6-7 fet? atau lnb c dpasang d disc portbl ukuran kecil 80-90 cm?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa, cuma kl ku dipasang pad adish jaring sinyal gak gede-gede amat.

      Lnb c bisa dipasang di dish kecil, yang bisa masuk cum chanel yang sinyalnya besar saja

      Hapus

Berkomentar silahkan di kolom ini.

Mohon Tidak Memasukkan Link Aktif dalam Komentar

by ~ Kreasi Parabola

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel