Cara Atasi Gagal Tracking Satelit Telkom 3s

Atasi Gagal Tracking Satelit Telkom 3s - Ketika dish parabola digeser ke timur untuk bisa menangkap satelit telkom 3s, tidak semua dish bisa men lock satelit telkom 3s dengan sempurna. Ini terjadi karena posisi elevasi dish tidak pas dengan posisi elevasi satelit (garis katulistiwa) sehingga ketika dish digeser ke timur, maka dish akan keluar dari titik fokus arah satelit.

Untuk mengatasi kasus seperti ini, penggeseran dish ke timur harus diiringi dengan penyetelan ulang sudut deklenasi. Penyetelan sudut deklenasi harus sesuai dengan ke arah mana dish melenceng dari titik fokus arah satelit.

Contoh gambar yang posisi elevasi dish yang tidak sesuai dengan sudut elevasi satelit seperti gambar ini:

Tracking satelit telkom 3s

Pada gambar diatas, jika dish digeser ke timur maka lnb akan keluar dari fokus satelit. untuk mengatasinya, baut untuk menyetel sudut deklenasi harus di kendorkan setengah sampai satu senti meter kira-kira dish bisa menjangkau titik fokus satelit. Lihatlah gambar berikut ini:

Elevasi tidak sesuai

Setelah dikendorkan, pelan-pelan dish digeser ketimur dengan posisi receiver di posisi chanel satelit palapa d. Digeser sedikit kemudian dish digoyang  ke utara selatan, kalu belum nongol sinyalnya, geser kembali dish sedikit lebih ke timur lagi, kemudian digoyang utara selatan lagi sampai nantinya satelit palapa d terlock, kalau sudah terlock, buat sinyal maksimal dan otomatis satelit telkom 3s sudah terlock.

Atau untuk lebih mudahnya, receiver dimasukkan dulu chanel frekuensi, symbol rate, dan polaritas salah satu chanel satelit telkom 3s.


7 Komentar untuk "Cara Atasi Gagal Tracking Satelit Telkom 3s"

  1. Bg knapa parabola saya kalo ke barat seperti adiasat 5 7 gk bsa, kalo ke tinur apstar sinyal 80an
    Gmana tu bg?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu berarti posisi pergerakan dish (gerak dish ke barat-timur) tidak sesuai dengan jalur satelit. Yang salah adalah sudut azimuthnya. untuk mengatasinya posisikan dish ke arah asiasat7/5 kemudian goyang ke utara-selatan. kalau dah ketemu tinggal disesuaikan saja

      Hapus
    2. Ntar kalo asiasat bisa palapa dan telkom jadi gk dapat macam kemaren bg, sctv dan trans7 gk bsa nyatu salah satu pasti ada yg kurang sinyal

      Hapus
    3. mungkin jarak lnb nya kurang jauh atau kurang dekat. dish merk apa? berapa feet?

      Hapus
    4. 8feet bg tapi gk tau merk apa dish nya ni, kemaren pasang paketan bg, karba kemaren kurang tau masalh parabola bg, merk paragon kalo 12feet biaa sampek ke yamal atau intelsat 18 bg?

      Hapus
    5. Jadi permasalahannya di dudukan lnb buka parabola bg?

      Hapus
    6. ya posisi lnbnya kurang pas. 12 ft bisa kalau pakai penggerak

      Hapus

Berkomentar silahkan di kolom ini.

Mohon Tidak Memasukkan Link Aktif dalam Komentar

by ~ Najwa Tehnik

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel