Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Driver untuk Alat CH341A dan Cara Menginstal pada PC

KreasiParabola.com - CH341A adalah sebuah alat yang bentuknya kecil, harganya relatif murah, namun wajib dimiliki oleh tukang oprek firmware karena memiliki banyak manfaat. Terutama untuk mengatasi berbagai masalah firmware flash memori.

Ch341a bisa menghapus, mencopy, dan mengisi firmware pada eeprom ftash memori yang biasa digunakan dalam perangkat elektronik seperti receiver, laptop, dvd, led tv, dan lain-lain.

Ch341a bisa di jalankan di pc (komputer desktop atau laptop) atau hp android yang suport otg. Namun untuk hp android kurang saya rekomendasikan karena prosesnya sangat lama dan sering terjadi eror. Penggunaan paling mudah adalah di komputer.

Driver Untuk Alat CH341A

Untuk menghubungkan ch341a ke komputer dibutuhkan driver karena tanpa driver yang benar, alat ini tidak bisa bekerja. Bagi yang membutuhkan driver ch341a bisa download melalui link berikut ini:

Nama AlatLink
CH341ADownload
USB to RS232Download

Tanda Driver Sudah Terinstal

Ada beberapa kawan yang mengeluh alat ch341a nya tidak berfungsi. Setelah di teliti ternyata drivernya tidak terinstal dengan benar. Pantas saja tidak bekerja karena jika belum ada drivernya maka komputer tidak mau merespon.

Sebenarnya ada 2 tanda yang dapat kita lihat apakah ch341a sudah terkonek ke komputer atau belum. Berikut gambar 2 tanda tersebut:

  1. Di Device Manager

    Tanda driver ch341a sudah terinstal
    Muncul Tanda di Device Manager

    Saat ch341a tercolok ke komputer, pada tampilan device manager akan terlihat device ch341a seperti pada gambar diatas. Cara masuk ke device manager cukup mudah. Silahkan klik star, kemudian di pencarian ketik device manager, maka akan muncul shorcut device manager. Klik shorcut tersebut
    Shorcut Device Manager

  2. Di Aplikasi ch341A

    Program Connected CH341A

    Pada bagian pojok kiri bawah aplikasi ch341a terdapat tulisan programmer connected. Pada aplikasi lain seperti asprogrammer juga ada tulisan connectednya.

Jika salah satu tanda diatas muncul, berarti driver ch341a sudah terinstal dan jika tidak ada maka driver belum terinstal. Silahkan instal ulang drivernya.

Cara Menginstal Driver CH341A

Untuk menginstal driver ch341a ini caranya cukup mudah. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Jangan colokkan ch341a ke komputer
  2. Dobel klik drivernya

    ch341par
  3. Maka muncul layar seperti ini:

    Jendela tampilan driver ch341a
  4. Klik install, tunggu beberapa saat sampai muncul kotak dialog seperti ini:

    Tampilan informasi driver sukses terinstal
  5. Klik ok dan penginstalan driver selesai.
  6. Tancapkan ch341a ke komputer. Maka driver akan terdeteksi dan ch341a terkoneksi ke komputer.

Jika ch341a tidak terkonek, maka silahkan install juga diver usb to rs232 yang bisa anda download diatas. Pastinya ch341a bisa terkonek ke komputer.

Demikianlah artikel tentang driver hc341a dan cara menginstallnya. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Driver untuk Alat CH341A dan Cara Menginstal pada PC"

Berlangganan via Email