Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Driver CH341A dan Cara Menginstalnya

Download Driver CH341A dan Cara Menginstalnya - CH341A adalah sebuah alat yang bentuknya kecil, harganya relatif murah, namun wajib dimiliki oleh tukang oprek firmware.

Berbagai masalah flash memori dalam rangkaian elektronik seperti receiver, bios laptop, dvd, led tv, dan lain-lain bisa teratasi dengan bantuan alat ini.

Ch341a bisa dijalankan di pc (komputer desktop atau laptop) dan hp android yang suport otg. Namun untuk hp android kurang saya rekomendasikan karena prosesnya sangat lama dan sering terjadi eror. Penggunaan paling mudah adalah di pc.

Untuk menghubungkan ch341a ke pc dibutuhkan driver karena tanpa driver tentunya alat ini tidak bisa bekerja. Bagi yang membutuhkan driver ch341a bisa download melalui link berikut ini:

Nama Alat Versi Driver Link
CH341A Download
USB to RS232 Download


Sebenarnya saya kurang paham soal software komputer. Ini saya tulis berdasarkan pengalaman saja. Mengingat saya sering berselancar di dunia internet, tentunya saya sering menginstal ulang laptop karena terkena virus atau yang lainnya.

Disetiap menginstal ulang driver ch341a terkadang driver tidak terpasang dengan sempurna. Tanda ch341a terhubung dengan komputer adalah alat ini terdaftar di device manager seperti gambar ini:


Anehnya ketika di install drivernya saja, ch341a ini terkadang bisa langsung konek ke mpomuter dan terkadang tidak mau konek. Jika tidak konek, maka harus di install juga dirver untuk usb to rs232.


Untuk menginstal driver ch341a ini caranya cukup mudah. Berikut langkah-langkahnya:
  1. Jangan colokkan dulu ch341a ke komputer
  2. Dobel klik drivernya

    Download Driver CH341A dan Cara Menginstalnya
  3. Maka muncul layar seperti ini:

    Download Driver CH341A dan Cara Menginstalnya
  4. Klik install, tunggu beberapa saat sampai muncul kotak dialog seperti ini:

    Download Driver CH341A dan Cara Menginstalnya
  5. Klik ok dan install selesai.
  6. Tancapkan ch341a ke komputer. Maka driver akan terdeteksi dan ch341a terkoneksi ke komputer.
Jika ch341a tidak terkonek, maka silahkan install juga diver usb to rs232 yang bisa anda download diatas. Pastinya ch341a bisa terkonek ke komputer.

Demikianlah artikel tentang driver hc341a dan cara menginstallnya. semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Download Driver CH341A dan Cara Menginstalnya"


Berlangganan via Email