Download Driver CH341A untuk PC

Download Driver CH341A untuk PC - CH341A adalah sebuah alat yang bentuknya kecil, harganya relatif murah, namun memiliki manfaat yang sangat besar. Terutama untuk mengatasi berbagai masalah firmware eeprom memori. Tukang oprek firmware wajib memiliki alat ini.

Ch341a bisa menghapus, mencopy, dan mengisi firmware dalam ic eeprom memori yang biasa digunakan di perangkat elektronik seperti receiver parabola, set top box tv digital, laptop, dvd, led tv, dan lain-lain.

Ch341a bisa di jalankan di pc (komputer desktop atau laptop) atau hp android yang suport otg. Namun untuk hp android kurang saya rekomendasikan karena prosesnya sangat lama dan sering terjadi eror. Penggunaan paling mudah adalah di komputer.

Download Driver CH341A

Untuk menghubungkan ch341a ke komputer dibutuhkan driver karena tanpa driver yang benar, alat ini tidak akan bekerja. Bagi yang membutuhkan driver ch341a bisa download melalui link berikut ini:

Nama AlatLink
CH341ADownload
USB to RS232Download

Tanda Driver CH341A Sudah Terinstal

Ada beberapa kawan yang mengeluh alat ch341a nya tidak berfungsi. Setelah di teliti ternyata drivernya tidak terinstal dengan benar. Pantas saja tidak bekerja karena jika belum ada drivernya maka komputer tidak mau merespon.

Sebenarnya ada 2 tanda yang dapat kita lihat apakah ch341a sudah terkonek ke komputer atau belum. Berikut gambar 2 tanda tersebut:

  1. Di Device Manager

    Tanda driver ch341a sudah terinstal
    Muncul Tanda di Device Manager

    Saat ch341a tercolok ke komputer, tampilan device manager akan terlihat device ch341a seperti pada gambar diatas. Cara masuk ke device manager cukup mudah. Silahkan klik star, kemudian di pencarian ketik device manager, maka akan muncul shorcut device manager. Klik shorcut tersebut
    Shorcut Device Manager

  2. Di Aplikasi ch341A

    Program Connected CH341A

    Pada bagian pojok kiri bawah aplikasi ch341a terdapat tulisan programmer connected. Pada aplikasi lain seperti asprogrammer juga ada tulisan connectednya.

Jika salah satu tanda diatas muncul, berarti driver ch341a sudah terinstal dan jika tidak ada maka driver belum terinstal. Silahkan instal ulang drivernya.

Cara Menginstal Driver CH341A

Untuk menginstal driver ch341a ini caranya cukup mudah. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Jangan colokkan ch341a ke komputer
  2. Dobel klik drivernya

    ch341par
  3. Maka muncul layar seperti ini:

    Jendela tampilan driver ch341a
  4. Klik install, tunggu beberapa saat sampai muncul kotak dialog seperti ini:

    Tampilan informasi driver sukses terinstal
  5. Klik ok dan penginstalan driver selesai.
  6. Tancapkan ch341a ke komputer. Maka driver akan terdeteksi dan ch341a terkoneksi ke komputer.

Jika ch341a tidak terkonek, maka silahkan install juga diver usb to rs232 yang bisa anda download diatas. Pastinya ch341a bisa terkonek ke komputer.

Demikianlah artikel tentang driver hc341a dan cara menginstallnya. Semoga bermanfaat.

Anda juga bisa menambah wawasan dengan membaca artikel lainnya dengan kategori: