Tahapan-tahapan Servis Antena Parabola

Servis Antena Parabola - Artikel ini seputar beberapa pengalaman admin dalam servis parabola. Kebanyakan tidak disertai gambar karena terkadang tidak sempat jepret-jepret waktu servis. Sebenarnya banyak faktor yang mengakibatkan parabola tidak sempurna yang mengakibatkan parabola tidak nyaman untuk dinikmati atau bahkan sama sekali tidak bisa dinikmati karena parabola tidak ada gambarnya, namun admin akan menggambarkan poin-poin dan langkah-langkahnya saja sebagai acuan ketika menservis parabola.

Tutor ini tentang tahapan demi tahapan servis yang perlu dilakukan, kalau dalam beberapa hal tidak ada masalah, maka kita tingggal melewati tahapan yang tidak bermasalah.

Langkah Pertama
Ketika parabola konsumen bermasalah, hal pertama yang dilakukan adalah menyalakan receiver dan tv nya. Jika receiver tidak menyala atau hanya menyala lampu merah saja atau nyala kedip-kedip, matikan receiver. Cabut kabel dari parabola dan kemudian nyalakan lagi receiver. Jika receiver menyala, berarti kabel dari receiver ke parabola ada yang konslet, atau mungkin bagian lnb dan switch yang konslet sehingga receiver tidak bisa bekerja.

Cara memperbaikinya adalah cek jalur kabel, siapa tau dimakan tikus dan konslet. Jika kabel bagus berarti anda harus mengecek switch dan lnb karena dibagian itu yang konslet.

Jika receiver dinyalakan dalam keadaan kabel ke parabola sudah tidak tersambung kok receiver tidak hidup, berarti receiver rusak. Coba receivernya diservis, kerusakan paling banyak pada receivernya adalah regulatornya rusak. Jika perbaikan tidak berhasil maka receivernya harus diganti.


Langkah Kedua
Jika receiver menyala, tv menyala, namun gambar tidak masuk ke tv. Cek menu input tv, sering terjadi input tv tidak sesuai dengan yang seharusnya. Terkadang kabel rca menancap pada AV1, tetapi di tv posisi AV2, atau posisi kanal chanel tv. Kalau sudah sesuai tetapi gambar belum masuk, cek kabel rca atau hdmi yang dari receiver ke tv. Jika semua bagus, namun gambar belum masuk juga, coba pakai receiver lain. Disini ada beberapa kasus receiver menyala namun output video sudah mati.

Langkah Ketiga
Kalau semua hidup, di tv layar bergambar logo, suara ada, berarti receiver di posisi radio, pencet tombol tv/radio pada remot receiver sehingga receiver di posisi tv

Langkah Keempat
Kalau tidak ada sinyal, coba pencet info pada remot, kalau intensitas sinyal menunjukkan 0%, maka kemungkinan besar kabel dari atas tidak menyambung ke receiver. Kebanyakan kasus, konektor receiver tidak menyambung dengan sempurna. Terkadang kabel di konektor lnb atau switch karatan dan putus, ini karena pemasangan tidak di beri tutup sehingga air masuk ke dalam konektor.

Langkah Kelima
Kalau beberapa chanel ada dan beberapa chanel tidak ada sinyal, coba di otak atik pengaturan switch kemudian di scan otomatis. Admin sering menjumpai di menu pengaturan satelit sudah diotak-atik oleh konsumen sehingga sinyal tidak keluar.


Biasanya chanel tersebut sudah berpindah frekuensi. Ada juga kasus lnb geser ocal oscillatornya. Lnb ini tidah rusak (masih bisa menerima sinyal) tetapi frekuensi lnb nya bergeser. Kalau discan maka sinyal bisa masuk, tetapi frekuensinya tidak sama dengan yang semestinya.

Langkah Kenam
Sinyal ada tetapi gambar macet-macet. Ini karena posisi parabola kurang pas sehingga sinyal tidak tertangkap dengan sempurna. Dish di tracking lagi sampai didapat sinyal maksimal.

Servis Parabola

Dan masih banyak lagi langkah-langkah servis parabola tergantung keadaan parabola yang mau diservis

Belum ada Komentar untuk "Tahapan-tahapan Servis Antena Parabola"

Posting Komentar

Berkomentar silahkan di kolom ini.

Mohon Tidak Memasukkan Link Aktif dalam Komentar

by ~ Kreasi Parabola

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel