Cara Jalankan Chanel Editor Chipset Ali

Cara Jalankan Chanel Editor Chipset Ali - Chanel editor banyak jenis dan kegunaannya. Salah satunya adalah chanel editor yang diperuntukkan chipset ali. Pada artikel ini admin berikan sedikit tutor karena admin taunya cuma sedikit tentang bagaimana menjalankan sebuah tool pengedit chanel untuk chipset ali yang bernama Chanel Ali Editor. Tool ini khusus untuk receiver dengan chipset ali. Ciri utama chipset ali adalah filenya berekstensi abs.

Untuk menjalankannya pertama buka aplikasi loadernya. Tampilan pertama dibuka adalah seperti ini:

Cara Jalankan Chanel Editor Chipset Ali

Kita bisa ambil list chanel dari receiver secara langsung apabila komputer sudah dihubungkan pada receiver dengan mengklik Process kemudian klik Download File (PC --> STB). Namun admin rasa ini cukup rebet. Lebih mudah edit chanel pada sw hasil dump pakai flashdisk atau file yang biasa kita gunakan untuk upgrade. Caranya klik open dengan mengklik tombol open di pojok kiri atas atau klik file kemudian klik open. Maka tampil layar open file seperti ini:

Cara Jalankan Chanel Editor Chipset Ali

Pada Files Of Type Pilih yg ada abs nya, maka semua file berekstensi abs akan muncul. Pilih sw yang akan di edit chanelnya kemudian klik open. Setelah klik open akan muncul notifikasi pilihan apakah akan membuka default data base atau user data base. Default data base adalah list chanel default atau chanel parameter pabrik. Itulah mengapa sebuah receiver kalau dikembalikan pada parameter pabrik semua chanelnya jadi berubah. Sedangkan preset database adalah list chanel yang baru akan dibuat.

Jadi untuk mengedit list chanel lebih enak membuka yang default data base saja agar sudah ada list chanelnya. Kemudian kita bisa mengedit atau menambah chanel yang kita inginkan.

Setelah default database kita buka maka muncul list chanel parameter pabrik dari sw yang kita buka. Pada pojok kiri ada dua sub dengan tombol +. Dua sub tersebut adalah All Services dan Favourite Group. Di All Services kalau kita klik tombol + nya maka muncul list satelit. Dalam sub satelit ada frekuensi satelit. Kalau kita klik salah satu satelit maka kotak sebelah kanan akan muncul daftar chanel pada satelit tersebut.

Sekarang semua sudah terbuka, ada layar sebelah kanan dan layar sebelah kiri. Layar sebelah kanan berisi list satelit dan layar sebelah kiri berisi list chanel. Keduanya bisa di edit. Gambarnya seperti ini:

Cara Jalankan Chanel Editor Chipset Ali

Berikut pengeditan pada kotak sebelah kanan:
  • Jika kita ingin menambah satelit baru, kita klik mouse kanan pada Satellite Information kemudian klik Add Information, maka jendela satelit baru akan muncul. Silahkan edit satelit sesuai keinginan, misalkan memberi nama satelit, frekuensi satelit, pengaturan switch satelit dan lain-lain. Setelah selesai silahkan klik ok maka satelit sudah jadi.
  • Jika ingin menghapus satelit, klik mouse kanan pada satelit kemudian pilih Delete Information.
  • Jika ingin menambah transponder, klik kanan pada satelit yang ingin di tambah transpondernya kemudian klik Add Information. Isi sesuai keinginan kemudian klik Ok.
  • Jika ingin menghapus transponder, klik kanan transponder yang akan di hapus kemudian klik Delete Information.
Berikut pengeditan pada kotak sebelah kiri.
  • Jika pada kotak kanan posisi pada salah satu satelit, maka kotak kiri menampilkan semua chanel yang ada pada satelit tersebut.
    • List chanel bisa di edit nama, sid, video pid, audio pid, dan lain-lain dengan mendobel klik chanelnya. Atau dengan klik kanan pada chanel kemudian klik edit chanel.
    • List chanel bisa di hapus dengan mengklik kanan chanel kemudian klik Delete.
  • Jika pada kotak kanan pada posisi salah satu transponder satelit, maka kotak kiri menampilkan chanel yang ada pada transponder tersebut.
    • Bisa mengedit chanel yang ada dengan dobel klik chanel.
    • Bisa menambah chanel baru pada transponder dengan klik kanan pada bidang kosong kemudian Insert Chanel.
    • Bisa menghapus chanel dengan klik nakan chanel kemudian Delete.
Seperti itulah kira-kira pengeditan chanelnya. Setelah selesai silahkan simpan hasil editan kita dengan klik tombol save yang ada di pojok kiri atas atau klik File kemudian klik Save. Sw pun sudah teredit list chanelnya dan siap di upgradekan ke receiver.

Tool ini sangat aman terkendali dari rusaknya sw yang menyebabkan mata merah karena pengeditan ini menggunakan tool khusus, tidak seperti hex editor yang yang kinerjanya mengedit kode-kode yang membuat kita pusing tujuh keliling.

Bagi yang membutuhkan tool ini silahkan download:
Ali Chanel Editor

12 komentar untuk "Cara Jalankan Chanel Editor Chipset Ali"

Comment Author Avatar
Minta link download ali editor mas
Comment Author Avatar
Wah kayaknya sy dah pernah posting tp lupa di artikel yg mana
Comment Author Avatar
Please!me master,give me download link.
Comment Author Avatar
Sudah saya tambahkan, silahkan download
Comment Author Avatar
Anonim 11 September
Apakah bisa digunakan untuk Manhattan 6900 USB smart 3D Combo?
Comment Author Avatar
Chipsetnya apa?
ini untuk chipset ali
Comment Author Avatar
Anonim 15 November
halo mas apakah bisa receiver yg ga suport powervu bisa diedit softwarenya jadi suport ?
Comment Author Avatar
Tergantung chipsetnya. kl chipsetnya mampu membukanya ya bisa saja
Comment Author Avatar
Anonim 16 November
f5 sama m3nya chip ALI3601, saya ga ngerti tentang software...saya coba sw skybox f5 dipake ke m3 bisa tp saya coba pke sw neosat 550 ga bisa. padahal sama2 ali3601..tolong lah mas buatin swnya. saya kan dulu prnah servic parbol tp skrg sudah pndah ke solo..brhasil/tidaknya saya pasti bayar mas saya tau itu ga mudah
Comment Author Avatar
Maaf bro, sy gak punya rx tsb
Comment Author Avatar
Minta sw untuk rx cartenz k2000. Sw di rx punyaku versi 2093
Comment Author Avatar
Maaf sy gak punya rx tsb