Cara Mengecek Perintah Switch dari Receiver

Mengecek Perintah Switch dari Receiver - Sebuah switch baik switch 22k maupun switch diseq bekerja atas kendali receiver. Jika switch 22k diperintah off oleh receiver, maka switch 22k ini akan berada pada mode 22k off dan jika receiver memerintahkan on, maka switch 22k akan berada pada mode 22k on. Begitu juga switch diseq, jika di perintah port 1, maka diseq akan berada pada mode port 1, jika diperintah port 2, maka diseq akan berada pada mode port 2, dan seterusnya.

Jika sebuah receiver tidak memberi perintah apapun kepada switch, maka switch ini akan berada pada mode default. Switch 22k akan berada pada mode 22k off dan switch diseq akan berada pada mode port 1. Pengaturan perintah switch pada receiver bisa diatur pada menu seting satelit.

Ketika sebuah receiver sudah di seting pada pengaturan switchnya, namun switch tidak bekerja sebagaimana mestinya, maka kemungkinan kerusakan bisa pada switch atau pada perintah switch dari receiver. Jika switch diganti yang bagus tetapi switch masih belum juga bekerja, maka kerusakan di sebabkan karena receiver tidak memberi perintah switch.

Untuk mengecek apakah sebuah receiver memang benar-benar rusak pada bagian perintah switchnya, bisa dilakukan dengan cara yang cukup sederhana namun sangat akurat. Yaitu dengan menggunakan power amplifier dan speaker. Bisa menggunakan speaker aktif atau sejenisnya.

Caranya cukup mudah, yaitu dengan menyambungkan jalur lnb dari receiver ke input speaker aktif. Tetapi jangan disambung secara langsung karena jalur lnb dari receiver mengeluarkan tegangan voltase, kalau disambungkan langsung maka akan terjadi short atau bahasa jawanya konslet.

Menyambungkannya di lewatkan ceramic atau condensator agar tidak konslet. Yang dilewatkan ceramic atau condensator adalah jalur tengah atau jalur positifnya, sedangkan jalur ground disambung langsung. Gambarnya seperti ini:


Setelah penyambungan beres, nyalakan receiver dan speaker aktif. Speaker aktif agak dibesarkan volumenya agak suara yang keluar keras. Kemudian buka menu, kemudian pengaturan satelit. Coba semua switch di off kan semua, maka pada speaker aktif tidak keluar bunyi apa-apa. Kemudian on kan switch 22k, maka akan muncul bunyi "srsssssss". Itu adalah bunyi perintah 22k mode on karena switch 22k sebenarnya adalah frekuensi 22 Khz. Kemudian off kan 22k.

Sekarang coba hidupkan switch diseq, maka akan keluar bunyi "tut, tut,tut". Itu adalah bunyi perintah switch diseq dari receiver. Baik diseq port 1 atau 2 atau 3 atau 4, bunyinya sama dan itu hanya bisa dimengerti oleh switch diseq itu sendiri. Kalau 22k di on kan dan diseq juga on, maka bunyinya dobel "sres sres sres: dan "tut, tut, tut".

Jika keluar bunyi, maka receiver masih normal, jika tidak ada bunyi sama sekali maka dapat dipastikan receiver rusak bagian perintah switchnya.

16 komentar untuk "Cara Mengecek Perintah Switch dari Receiver"

Comment Author Avatar
kalau memperbaiki bagian perintah switch di rx apa bisa gan??
Comment Author Avatar
Bisa bro, Dari main prosesor ada 2 kaki, satu untuk vertikal horisontal dan satunya lagi untuk perintah switch. Dicek saja jalur-jalur yang perintah switch
Comment Author Avatar
Anonim 05 Agustus
2 kaki itu yg mana Gan, biar hisa dicek. Fungsi 22k on off tidak fungsi, hanya off semua yg nyanril. Mksh.
Comment Author Avatar
Dari receiver kan ada kabel ke lnb, itu kan kabelnya ada jalur serabut dan yang tengah jalur kawat. yang serabut disambungkan langsung ke ground speaker aktif. dak yang kawat tengah harus di saring dulu pakai keramik atau kondensator atau rasistor dengan ukuran 10 k atau lebih, baru kemudian disambungkan ke inpur speaker aktif.
Comment Author Avatar
Kira2 apa nya yg rusak gan najwa
Apa elko nya hrus di babat smua di bagian main bord nya...yg dekat colokan coaxial nya
Comment Author Avatar
gejala kerusakan apa bro?
Comment Author Avatar
Pada posisi palapa 22k on..signal nggk ada,,pada telkom 22k of,,signal ada..solusi
Comment Author Avatar
Switch internal?
Kl iya, coba lnb palapa dilangsungkan tanpa switch
Comment Author Avatar
Jalur perintah switch itu sebelah mana pada mainboard receiver,,,dan biasanya rusak apa nya
Comment Author Avatar
Ada 2 kaki dari chip prosesor. 1 untuk H/V dan satunya untuk perintah switch
Comment Author Avatar
Kira kira bisa di bneri ga kl rusak perintah switnya
Comment Author Avatar
Bisa, di cek saja jalurnya
Comment Author Avatar
Receiver saya sama persis rusak nya gan,, kira kira bagian apanya yg diperbaiki gan,, hardware nya
Comment Author Avatar
Di cek jalur yang dari chipset
Comment Author Avatar
Saya mau tanya, kenapa siaran palapa dan Telkom tiba-tiba hilang yg ada cuma siaran rtv dan i New tv sedangkan itu siaran palapa terus sekitar 1 jam muncul lagi siaran palapa dan Telkom dan sekitar 1jam lagi hilang begitu trs.
Kira kerusakan ada di mn
Comment Author Avatar
Coba gantu dulu switchnya