Cara Paralel Parabola Ninmedia dengan Lnb Single

Paralel Parabola Ninmedia dengan Lnb Single - Siaran tv ninmedia yang dipancarkan satelit chinasat 11 menjadikan keuntungan tersendiri karena pancarannya hanya menggunakan satu polaritas saja yaitu polaritas vertikan. Ini menjadikan peluang kalau ninmedia bisa di paralel ke banyak tv hanya menggunakan lnb single saja.

Lnb single dapat dicabang ke banyak receiver dengan menggunakan divider atau splitter tanpa terjadi bentrok polaritas. Splitter bisa beli atau membuat sediri karena pada dasarnya komponen utama splitter hanyalah sebuah dioda saja. Kalau mau buat sendiri bisa baca di: Cara membuat divider / spliter dari switch.

Namun lnb single dipasaran tidak bisa digunakan langsung melainkan harus dimodif dulu. Tanpa modif, akan terjadi bentrok sinyal antar receiver karena yang digunakan adalah lnb jenis ku-band. Cara memodifnya admin jabarkan dalam artikel tersendiri.

Dari out lnb bisa langsung masuk ke input divider. Dari divider kemudian dihubungkan ke masing-masing receiver. Gambar memparalelnya seperti ini:

Paralel Parabola Ninmedia dengan Lnb Single

Seperti itulah cara memparalel parabola ninmedia. Sangat sederhana karena hanya menggunakan polaritas vertikal saja. Pada gambar diatas hanya ada 4 slot untuk 4 receiver saja. Jika butuh lebih dari 4 receiver, maka divider atau spliternya juga harus yang slotnya lebih banyak.

Untuk ninmedia receivernya harus yang sudah mpeg4 atau HD. Kalau receiver mpeg2 tidak bisa karena semua chanel ninmedia menggunakan format dvb-s2 format mpeg4. Saat ini semua chanel masih menggunakan resolusi standard definition (SD) dan belum ada satupun yang beresolusi HD.


15 Komentar untuk "Cara Paralel Parabola Ninmedia dengan Lnb Single"

  1. Najwa Teknik, bisakah Output sebuah divider didivider lagi. Misal LNB ke divider 4 out lalu salah satu outnya ke divider 8 out baru ke tv.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa asalkan untuk polaritas verikal(13V). Kalau untuk horisontal(18v) gak bisa cz arusnya dah berkurang sehinggga tidak mampu menghidupkan switch horisontal

      Hapus
  2. Saya punya satu jalur kabel yang mau saya masukkan tv dan parabola, apakah bisa dengan sat-uhf splitter? Kira2 rangkaiannya seperti apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kabel dari antena uhf dan parabola tidak bisa jadi satu cz pada antena uhf ada penyearah impedasi yg kalau disambungkan ke receiver parabola meyebabkan short ( konslet )

      Hapus
  3. Gan...saya sudah beli 4way untuk split ke Kamar dan Ruang Keluarga.
    Jika diruang keluarga receivernya dimatikan, maka yang dikamar tidak dapat sinyal, tetapi jika yang dikamar receivernya dimatikan, maka yang diruang keluarga tetap bisa live. penyebabnya apa ya gan? terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya memang seperti itu bro. Pada artikel diatas sudah saya sebutkan kalau pakai lnb singgel biasa akan terjadi bentrok. Agar tidak bentrok, lnb nya harus di modif dulu.

      Hapus
    2. cara modifya gmn om

      Hapus
    3. dimatikan Lo fendah dimatikan

      Hapus
    4. gmn caranya matikan LO lownya gan?

      Hapus
  4. Gan sy mau tanya? Sy pasang dish ninmedia lnb singel pas dipake 1resiver ok tp setelah diparalel signal kadang hilang beberapa detik(tidak stabil) sudah pake splitter minta pencerahanya makasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masalah ada di lnb nya tidak semua lnb ku-band suport ke 2 receiver atau lebih

      Hapus
  5. Bro, bisa ngga terpasang 2 reseiver dengan menggunakan 2 lnb out tunggal dalam 1 parabola.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa tapi chanelnya tidak masuk semua

      Hapus
  6. Gmna caranya agar gak bentrok.. 2 receiver idup salah satu signalnya jadi rusak

    BalasHapus

Berkomentar silahkan di kolom ini.

Mohon Tidak Memasukkan Link Aktif dalam Komentar

by ~ Najwa Tehnik

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel