Cara Paralel Parabola Ninmedia dengan Lnb Single

Paralel Parabola Ninmedia dengan Lnb Single - Siaran tv ninmedia yang dipancarkan satelit chinasat 11 menjadikan keuntungan tersendiri karena pancarannya hanya menggunakan satu polaritas saja yaitu polaritas vertikan. Ini menjadikan peluang kalau ninmedia bisa di paralel ke banyak tv hanya menggunakan lnb single saja.

Lnb single dapat dicabang ke banyak receiver dengan menggunakan divider atau splitter tanpa terjadi bentrok polaritas. Splitter bisa beli atau membuat sediri karena pada dasarnya komponen utama splitter hanyalah sebuah dioda saja. Kalau mau buat sendiri bisa baca di: Cara membuat divider / spliter dari switch.

Namun lnb single dipasaran tidak bisa digunakan langsung melainkan harus dimodif dulu. Tanpa modif, akan terjadi bentrok sinyal antar receiver karena yang digunakan adalah lnb jenis ku-band. Cara memodifnya admin jabarkan dalam artikel tersendiri.

Dari out lnb bisa langsung masuk ke input divider. Dari divider kemudian dihubungkan ke masing-masing receiver. Gambar memparalelnya seperti ini:

Paralel Parabola Ninmedia dengan Lnb Single

Seperti itulah cara memparalel parabola ninmedia. Sangat sederhana karena hanya menggunakan polaritas vertikal saja. Pada gambar diatas hanya ada 4 slot untuk 4 receiver saja. Jika butuh lebih dari 4 receiver, maka divider atau spliternya juga harus yang slotnya lebih banyak.

Untuk ninmedia receivernya harus yang sudah mpeg4 atau HD. Kalau receiver mpeg2 tidak bisa karena semua chanel ninmedia menggunakan format dvb-s2 format mpeg4. Saat ini semua chanel masih menggunakan resolusi standard definition (SD) dan belum ada satupun yang beresolusi HD.


15 komentar untuk "Cara Paralel Parabola Ninmedia dengan Lnb Single"

Comment Author Avatar
Anonim 23 Februari
Najwa Teknik, bisakah Output sebuah divider didivider lagi. Misal LNB ke divider 4 out lalu salah satu outnya ke divider 8 out baru ke tv.
Comment Author Avatar
Bisa asalkan untuk polaritas verikal(13V). Kalau untuk horisontal(18v) gak bisa cz arusnya dah berkurang sehinggga tidak mampu menghidupkan switch horisontal
Comment Author Avatar
Saya punya satu jalur kabel yang mau saya masukkan tv dan parabola, apakah bisa dengan sat-uhf splitter? Kira2 rangkaiannya seperti apa?
Comment Author Avatar
kabel dari antena uhf dan parabola tidak bisa jadi satu cz pada antena uhf ada penyearah impedasi yg kalau disambungkan ke receiver parabola meyebabkan short ( konslet )
Comment Author Avatar
Gan...saya sudah beli 4way untuk split ke Kamar dan Ruang Keluarga.
Jika diruang keluarga receivernya dimatikan, maka yang dikamar tidak dapat sinyal, tetapi jika yang dikamar receivernya dimatikan, maka yang diruang keluarga tetap bisa live. penyebabnya apa ya gan? terima kasih.
Comment Author Avatar
Ya memang seperti itu bro. Pada artikel diatas sudah saya sebutkan kalau pakai lnb singgel biasa akan terjadi bentrok. Agar tidak bentrok, lnb nya harus di modif dulu.
Comment Author Avatar
Anonim 22 Maret
cara modifya gmn om
Comment Author Avatar
dimatikan Lo fendah dimatikan
Comment Author Avatar
gmn caranya matikan LO lownya gan?
Comment Author Avatar
Gan sy mau tanya? Sy pasang dish ninmedia lnb singel pas dipake 1resiver ok tp setelah diparalel signal kadang hilang beberapa detik(tidak stabil) sudah pake splitter minta pencerahanya makasih.
Comment Author Avatar
Masalah ada di lnb nya tidak semua lnb ku-band suport ke 2 receiver atau lebih
Comment Author Avatar
Bro, bisa ngga terpasang 2 reseiver dengan menggunakan 2 lnb out tunggal dalam 1 parabola.
Comment Author Avatar
Bisa tapi chanelnya tidak masuk semua
Comment Author Avatar
Gmna caranya agar gak bentrok.. 2 receiver idup salah satu signalnya jadi rusak
Comment Author Avatar
Frekuensi rendahnya dimatikan