Cara Sinkronkan Audio Video Mnc Group di Ninmedia

Update 2019: Untuk mengatasi suara cekot-cekot ninmedia terbaru 2019 silahkan baca: Atasi suara cekot-cekot terbaru 2019

Sinkronkan Audio Video Mnc Group di Ninmedia - Kabar baik datang dari si ninmedia yang ada di satelit chinasat 11. Setelah menunggu lama akhirnya chanel nasional favorit dari mnc group yaitu RCTI, MNC TV, dan Global TV masuk dalam daftar siaran ninmedia.

Sayangnya ketiga chanel tv ini membawa masalah tersendiri pada bagian audio atau suaranya. Suara tidak bareng dengan gambar. Maksudnya gambar berjalan dulu kemudian beberapa detik baru keluar suara. Ketika ada orang berbicara, mulut sudah komat kamit namun suara belum terdengar. Selang beberapa detik barulah suara keluar. Bahasa kerennya audio video tidak sinkron.

Kalau dicermati, ketika pindah ke salah satu chanel mnc group, gambar muncul dan suara ada, kurang satu detik tiba-tiba suara berhenti sementara gambar terus bejalan. Beberapa detik kemudian suara muncul lagi meneruskan suara yang muncul pertama kalinya sehingga terjadi jeda antara gambar dan suara. Ini membuat penonton sangat tidak nyaman. Nonton tv kok kaya nonton dukun komat kamit baca mantra.

Sinkronkan Audio Video Mnc Group di Ninmedia

Ada tiga cara agar kita bisa mendapatkan chanel mnc group dengan aman. Tiga cara tersebut adalah:
  1. Mengubah PCR Pid. Cara ini dirasa paling mudah karena tidak memelukan biaya tambahan. Sayangnya tidak semua receiver mampu dengan cara ini.
  2. Menggunakan receiver yang direkomendasikan oleh ninmedia. Receiver ini lebih mahal dari receiver biasa. Kalau kita sudah terlanjur menggunakan receiver biasa tentunya kita harus membeli lagi
  3. Menambah lnb c-band untuk menembak satelit palapa d. Cara ini paling ampuh dan mujarab
Mengubah PCR Pid
Penyebabnya tidak sinkron audio dan video mnc group yang ada di ninmedia adalah ketidak mampuan receiver meng enconder audio secara langsung sehingga terjadi jeda antara video dan audionya. Kalau receiver mampu meng encondernya, niscaya video dan audio bisa berjalan bersama.

Kalau receiver kita tidak mampu meng enconder audio secara langsung sehingga terjadi jeda antara audi video pada chanel mnc group, kita bisa mengakalinya dengan mengubah pcr pid nya. Tidak semua receiver suport cara ini. Pcr pid kerjanya adalah mensinkronkan audio ke video. Itulah sebabnya kenapa kebanyakan chanel pada parabola angka pcr pid nya sama dengan video pid nya.

Berikut tabel data frekuensi dan pid yang asli pada 3 chanel mnc group di ninmedia:
Nama Chanel Fekuensi Video Pid Audio Pid Pcr Pid
RCTI 12500 V 43200 643 500 643
MNC TV 12500 V 43200 644 510 644
Global TV 12500 V 43200 642 490 642

Sekarang kita rubah pcr pid nya dengan cara angkanya diturunkan dengan tujuan agar suara terpotong sehingga suara berjalan bersamaan dengan gambar. Kita coba turunkan angkanya sekitar 20 digit.
  • RCTI 643 - 20 menjadi 623
  • MNC TV 644 - 20 menjadi 624
  • Global TV 642 - 20 menjadi 622
Angka tersebut hanya perkiraan saja. Untuk tiap receiver mempunyai kemampuan berbeda-beda sehingga jeda audio video juga berbeda. Intinya pcr pid dikurangi saja dari angka asli kira-kira 20 digit sampai ditemukan suara yang pas.
Kasus lain muncul karena tidak semua receiver mempunya fitur edit pid. Bahkan ada receiver yang support edit pid namun editan tersebut tidak bekerja. Solusinya harus di edit pid nya menggunakan program chanel editor atau hex editor. Untuk edit mengedit pid admin bahas dalam artikel tersendiri.

Menggunakan receiver yang direkomendasikan oleh ninmedia
Hampir bisa dipastikan kalau tidak sinkronnya audi video mnc group di ninmedia memang disengaja. Terbukti pihak ninmedia merekomendasikan receiver khusus yang harganya lebih mahal dari receiver biasa. Berikut beberapa receiver rekomendasi ninmedia:
  • Gardiner G-88 HD Oracle
  • Optus OP-88 HD Oracle
  • LGsat LG-101 Oracle
Lebih lengkapnya silahkan baca: Inilah 8 Receiver Rekomendasi Ninmedia
Dengan receiver tersebut, audio video mnc group dan beberapa chanel lain akan sinkron.

Menambah lnb c-band
Kita bisa menambah sebuah lnb tipe c-band untuk mendapatkan mnc group dari satelit palapa d. Yang kita tembak adalah mnc group mpeg2 dengan frekuensi 4186 V 8800. Frekuensi ini sinyal lebih besar dari yang frekuensi mpeg4. Walaupun kita harus tambah biaya, namun admin rasa tidak terlalu mahal. Harganya dibawah 50 ribu. Jangan lupa lnb nya dikasih corong karena tanpa corong mustahil sinyal bisa kita dapatkan.

Posisi lnb ku-band yang untuk ninmedia di lepas dan diganti c-band. Kemudian kita lock palapa d. Setelah terlock, lnb ku-band kita pasang lagi di sebelah timurnya lnb c-band.

Demikianlah artikel tentang bagaimana mensinkronkan audio-video mnc group. Semoga bisa menjadi referensi dan bermanfaat untuk para pembaca.

19 Komentar untuk "Cara Sinkronkan Audio Video Mnc Group di Ninmedia"

  1. Makasih infonya, sepertinya nggk semua receiver bisa. Tanaka T-21 New Samurai nggk bisa diedit nilai pcr pidnya, Venus meteor HD bisa diedit tapi pengalaman saya dengan nilai apapun tetap nggk sinkron...(;_;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih juga sudah berkunjung

      Hapus
    2. minta sedikit ilmunya gan dimana cara merubah pcr pid venus meteor hd....makasih.

      Hapus
  2. burger s1 hd mpeg4 apakah pid nya bisa diedit? mohon infonya. tc

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak tau bro, sy lom pernah nyoba. tp sebenarnya semua bisa di edit. kl di menu tidak ada fasilitas edit, bisa di edit pakai chanel editor

      Hapus
    2. Update dulu.. youtube banyak cara

      Hapus
  3. sdh saya coba tapi tidak bisa

    BalasHapus
  4. kaonsat bisa di edit pcr nya
    dan hasil nya sesuai ke inginan

    BalasHapus
  5. Koansat type apa ya yg bisa edit PIDnya buat nonmedis?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak tau bro, saya gak pakai kaonsat. denger-denger sih bisa..

      Hapus
  6. Wah...ninmedia skrng tdk memuaskan...mendingan dulu aja sblm mnc group masuk....

    BalasHapus
    Balasan
    1. ninmedia itu hanya laternatif saja. karena kita tidak tau nasibnya kedepan

      Hapus
  7. mo nanya pcr pid grup diamond...?? pd ga sinkron dib mbs mini s2

    BalasHapus
  8. Sy pake RX Tanaka T22 Jurassic sesuai dg tabel data frekuensi dan pid yang asli pada 3 chanel mnc group di ninmedia, cuma RCTI aja yg suaranya cekat-cekot sedangkan 2 channel lain (GTV & Global) normal saja kenapa ya gan, tlg pencerahannya ..tk

    BalasHapus
  9. Iya sama aja GX jelas RCTI ini, saya pakai Tanaka T21 komodo, saya pasang 2 lnb, measat3 dan chinasat11

    BalasHapus
    Balasan
    1. Audio ninmedia memang sering bermasalah

      Hapus

Berkomentar silahkan di kolom ini.

Mohon Tidak Memasukkan Link Aktif dalam Komentar

by ~ Najwa Tehnik

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel