Mencari Chanel Rodja Tv di Parabola

Mencari Chanel Rodja Tv di Parabola - Rodja tv adalah salah satu siaran tv dengan tema dakwah dan kajian islam. Stasiun tv yang satu ini di siarkan melalui beberapa satelit yang beamnya menjangkau seluruh wilayah indonesia. Pancaran sinyalnya ada yang menggunakan frekuensi ku-band dan c-band.

Hingga saat ini tercatat ada 4 satelit yang memancarkan chanel rodja tv. Yaitu Palapa d yang berada pada posisi 113.0°E, JCsat 4b yang posisinya berada di 124.0°E, Chinasat 11 yang berada di 98.0°E, dan yang terakhir adalah satelit ABS 2 berposisi di 75.0°E.

Dari keempat satelit diatas, 2 satelit menyiarkan secara FTA, 1 satelit menyiarkan free to view, dan 1 lagi menyiarkan secara berlangganan. Berikut ini adalah tabel daftar satelit dan frekuensi chanel rodja tv yang ada di parabola:
Nama Satelit Posisi Jenis Lnb Frekuensi, Polaritas, SymbolRate
Palapa D 113.0°E C-Band 4057 H 2727
Jcsat 4b 124.0°E Ku-Band 12490 H 30000
Chinasat 11 98.0°E Ku-Band 12500 V 43200
Abs 2 75.0° Ku-Band 12287 V 44000

Yang FTA ada di satelit Palapa D dan Chinasat 1. Di satelit Jcsat, chanel ini ngikut pay tv Big tv. Sedangkan di satelit Abs 2 chanel ini masuk dalam tv free to view.

FTA maksudnya adalah Parabola gratis tanpa langganan selamanya. Sedangkan pay tv adalah parabola berlangganan, biasanya chanelnya mengikuti paket yang di beli. Dan parabola free to view adalah parabola tidak berlangganan, namun dalam pembelian pertama receivernya lebih mahal dari receiver biasa.

Untuk bisa mendapatkan chanel rodja tv, bisa menggunakan parabola besar dan juga parabola kecil. Kalau kita mau nembak satelit palapa d, parabolanya harus parabola besar. Sedangkan untuk untuk satelit selain palapa d, bisa menggunakan parabola kecil.

Chanel Rodja Tv di Parabola
Parabola Besar

Chanel Rodja Tv di Parabola
Parabola Kecil
Untuk parabola besar, paling tidak harus 6 feet (diameter 1,8 meter) untuk bisa mendapatkan sinyal yang stabil. Lebih besar parabolanya, maka lebih besar juga sinyalnya. Sedangkan parabola kecil bisa pakai parabola ukuran diameter 60 cm atau 80 cm.

Pada parabola besar sinyalnya stabil tanpa gangguan cuaca karena menggunakan lnb jenis c-band (frekuensi 3,4 sampai 4,2 GHz). Sedangkan parabola kecil rentan terhadap cuaca. Kalau pas hujan lebat atau mendung pekat (belum hujan) sinyal akan hilang karena menggunakan frekuensi ku-band (frekuensi 10,7 sampai 12,75 GHz).

Belum ada Komentar untuk "Mencari Chanel Rodja Tv di Parabola"

Posting Komentar

Berkomentar silahkan di kolom ini.

Mohon Tidak Memasukkan Link Aktif dalam Komentar

by ~ Kreasi Parabola

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel