Cara Ganti Boot Logo Receiver Mpeg2 dengan Hex Editor

Cara Ganti Boot Logo Receiver Mpeg2 dengan Hex Editor - Boot logo adalah gambar tampilan awal ketika sebuah receiver dinyalakan. Gambar logo dari masing masing receiver biasanya bertuliskan merk dari receiver tersebut. Kalau kita bosan dengan logo tersebut kita bisa menggantinya dengan gambar yang kita sukai.

Kali ini admin akan memberikan tutor bagaiman cara mengganti gambar logo pada receiver mpeg2. Boot logo pada receiver mpeg2 menggunakan format m2v. Kalau gambar yang akan dimasukkan ke file ssw receiver mpeg2 masih berbentuk format gambar, silahkan rubah dahulu formatnya menjadi m2v.

Untuk merubah logo receiver mpeg2 bisa menggunakan aplikasi hex editor. Kalau belum punya aplikasinya silahkan download aplikasinya. Bisa download langsung di webnya hexedit atau download disini. Aplikasi ini merupakan aplikasi gratisan.

Mengedit sw receiver mpeg2 dengan hex editor sangat mudah. Tidak seperti receiver hd yang memiliki banyak kesamaan kode-kodenya dalam 1 sw. Pada sw receiver mpeg2 kode-kodenya sedikit dan tidak ada kode yang sama.

Pertama siapkan file logo yang akan dimasukkan. Kemudian buka sw yang akan di rubah logonya. Untuk contoh, admin buka sw untuk matrix turbo III ota. Tampilannya seperti ini:

Cara Ganti Boot Logo Receiver Mpeg2

Kode pembuka pada logo sw receiver mpeg2 yang berformat m2v adalah 00 00 01 b3. Silahkan cari kode tersebut dengan memanfaatkan kolom pencarian yang admin beri tanda kotak merah pada gambar diatas. Silahkan masukka 000001b3 kemudian klik find forward (gambar teropong yang ada di sebelah kanannya. Maka kode pembuka 00 00 01 b3 langsung ketemu. Silahkan catat lokasi tempat kode tersebut berada. Pada contoh lokasinya ada di 5080.

Kemudian cari lagi kode penutup.Kode penutupnya adalah 00 00 01 b7. Lakukan pencarian seperti cara diatas. Pada pada sw matrix turbo III ota, posisi 000001b7 berada di lokasi 8f09. Silahkan blok kode dari 00 00 01 b3 sampai 00 00 01 b7 ditambah angka 00 sampai sebelum blok dibawahnya. Gambarnya seperti ini:

Cara Ganti Boot Logo Receiver Mpeg2

Pada sw matrix turbo III ota kapasitasnya adalah 3E89h. Namun kapasitan yang sesungguhnya pada sw receiver mpeg2 hampir semua yaitu bekapasitas 3f80. Disinilah kuncinya. Kapasitas file m2v yang akan dimasukkan harus sama persis dengan kapasitas dari logo yang sudah ada dalam sw.

Arti sama disini adalah boleh kurang tetapi tidak boleh lebih. Karena kalau kurang bisa ditambah angka 00 sampai kapasitasnya sama, tetapi kalau kelebihan maka sw tidak akan jalan dan receiver tidak bisa hidup. Kalau file kita kelebihan dan dihapus kodenya agar kapasiasnya sama, maka logo akan rusak.

File m2v yang akan dimasukkan ke sw silahkan buka dengan hex editor. Kemudian di blok dan copy. Silahkan blok logo yang ada dalam sw dari kode 00 00 01 b3 sampai 00 00 01 b7 dan hapus. Kemudian paste kan copy an m2v tadi ke lokasi kode logo yang sudah dihapus. Kemudian save.

Sw siap di upgradekan ke receiver dan logo pun sudah berubah dengan logo yang kita masukkan. Mengupgradenya bisa menggunakan tool rs232 ataupun ch341a.

Bagi yang kurang paham dan ingin mengganti boot logo bisa request di kolom komentar, insya allah bisa saya bantu. Gratis asalkan waktu saya pas senggang.


14 Komentar untuk "Cara Ganti Boot Logo Receiver Mpeg2 dengan Hex Editor"

  1. klo kurang tambah 00 dimana gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak bisa dikurangi kl kelebihan. kl kurang bisa ditambah 00 sebelum 00 00 01 b7 sampai kapasitasnya sama dengan aslinya

      Hapus
  2. plg susah penyesuai an m2v gan,,, convert jpg to m2v nya pkai apa yg aqurat?

    BalasHapus
  3. ditambah 00 sebelum 00 00 01 b7 ttp gk bisa gan,,,,, m2v asli 15,8kb pengganti 15,7kb ttp gk bisa di+00 pdhl m2v sama cmn beda ukuran,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya bisa. file m2v di edit dulu terus simpan. terus di play pakai media player. kl jalan berarti sudah bisa

      Hapus
  4. Kalo untuk ganti background saat posisi di menu, apakah bisa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pada receiver mpeg2 background pada menu gak ada bro. Adanya gambar tayangan chanel. Bisa kl di menu nya pakai background

      Hapus
  5. Klo pakai tool selain ch341a sperti GZut onepro dan RT809F apa bisa gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf saya lom pakai yg seperti itu. saya hanya pakai rs232 dan ch341

      Hapus
  6. kalau Cara in dipakai untuk receiver HD Bisa enggak gan

    BalasHapus
  7. Om. Knp ya file udah sama tapi pas di up ke RX kok blank ijo aja?

    BalasHapus
    Balasan
    1. format kurang pas itu. Atau silahkan kirimkan gambar yg mau dijadikan logo ke 085292656873. biar sy bantu formatnya

      Hapus

Berkomentar silahkan di kolom ini.

Mohon Tidak Memasukkan Link Aktif dalam Komentar

by ~ Kreasi Parabola

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel