Cara Perbaiki Lnb Baru yang Mati dari Pabriknya

Cara Perbaiki Lnb Baru Yang mati - Maksud dari artikel ini adalah memperbaiki lnb yang baru beli, dipasang ternya tidak ada sinyal dikarenakan lnb nya mati dari pabriknya atau dengan kata lain cacat produk. Mati disini adalah jika dipasang pakai lnb lain ada sinyal besar tetapi pakai lnb yang mati ini tidak ada sinyal.

Jangan disalah artikan oleh tracking pemula. Misalkan memasang parabola baru, ditracking tidak ketemu sinyalnya dan beranggapan kalau lnb nya mati. Kalau seperti itu bukan mati namanya, tetapi trackingnya yang tidak pas ke satelit.

Kematian lnb baru pasang ini dapat diketahui dengan dua cara yaitu:
  1. Intensitas sinyal zonk atau menunjukkan 0%. Ini menandakan kalau lnb mati dengan catatan kabel dari lnb sudah terpasang ke receiver dengan baik dan tidak melewati switch. Kalau dari lnb masuk ke switch dulu baru kemudian ke receiver, ada kemungkinan switchnya mati.
  2. Jika kita memasang 2 lnb misalnya, yang telkom sudah full sinyal tetapi yang palapa tidak dapat sinyal. Dan jika lnb yang untuk telkom diarahkan ke palapa bisa dapat sinyal full. Maka dalam hal ini lnb memang mati dari pabriknya.
Untuk memperbaiki lnb cacat produk ini bisa dibilang gampang-gampang susah. Dibilang gampang jika kita bisa menebak dimana kira-kira titik kerusakannya. Yang susah adalah kita sering keliru memperbaikinya. Misalkan yang rusak bagia A, kita malah memperbaiki bagian B. Maka perbaikan lnb tidak kunjung jadi.

Sepengalaman admin, semua lnb yang cacat produk selalu bisa diperbaiki. Karena pada dasarnya semua komponennya masih baru dan tidak ada yang mati. Hanya saja kadang sebentar saja sudah bisa fix dan terkadang dioprek sampai beberapa bagian baru bisa sembuh karena sering salah dalam menentukan titik kerusakan.

Sebelum memperbaiki sebuah lnb, sebaiknya dilihat-lihat dulu. Siapa tau ada keganjilan dalam komponennya. Terkadang ada komponen yang tidak tersolder dengan sempurna. Kalau dirasa semua baik, pasang kabel lnb ke receiver, kemudian dites arus-arusnya. Kalau semua normal, maka mulailah memperbaiki struktur komponen pada lnb. Berikut beberapa cara memperbaiki lnb cacat produk:

Intensitas Sinyal Zonk
Untuk kasus ini, pertama kita sambungkan lnb ke receiver. Kabel penyambungan jangan terlalu pendek. Dibuat standar saja yaitu 15 meter. Karena kalau terlalu pendek biasanya intensitas sinyal sudah muncul padahal lnb belum beres. Kemudian putar bagian local oscillatornya. Bisa kita putar masuk kedalam atau keluar sambil dipantau kualitas sinyalnya. Kalau intensitas sinyal bisa muncul berarti kerusakan terjadi pada frekuensi local oscilatornya.

Untuk memperbaikinya kita harus menggunakan dish kecil. Bisa menggunakan dish bekas indovision atau lainnya. Ini untuk mempermudah memutar local oscillator sampai posisi yang tepat. Kita putar local oscilator seperti gambar berikut sampai sinyal muncul:

Cara Perbaiki Lnb Baru yang Mati dari Pabriknya

Jika sinyal tetap tidak mau muncul, berarti frekuensi tidak terkaver. Kita harus membuka local oscillatornya dan menambah atau mengurangi timah yang ada didalamnya sampai didapat hasil yang pas. Jika tetap tidak bisa pas, usahakan frekuensi yang didapat sedekat mungkin dengan aslinya.

Pada dasarnya lnb ini sudah bisa mendapat sinyal namun frekuensinya tidak sesuai. Kalau di blindscan chanel bisa masuk tetapi frekuensinya berbeda. Resikonya ada sedikit frekuensi yang terpotong. Artinya lnb ini tidak bisa menerima full frekuensi 3400 MHz sampai 4200 MHz. Ada sedikit yang terpotong entah pada frekuensi bawah atau frekuensi atas.

Intensitas Full tetapi Sinyal Tidak Masuk
Untuk kasus ini, cara memperbaikinya adalah dengan mensolder ulang 2 bagian, yaitu seperti gambar dibawah ini:

Cara Perbaiki Lnb Baru yang Mati dari Pabriknya

Soldernya harus menggunakan solder yang panas karena kalau solder biasa, kita akan kesulitan. Panas solder diserap oleh ceasing lnb. mensoldernya cukup tipis saja. Kerusakan ini biasanya terjadi karena sinyal sudah ada, tetapi dia tidak mau lari.

Untuk kerusakan polaritas sebelah mati, kita tidak perlu repot-repot memperbaikinya. Cukup pasang saja lnb untuk satelit telkom 3s. Caranya bisa baca di: Merubah Polaritas Vertikal Jandi Horisontal Untuk Satelit Telkom 3s.

Belum ada Komentar untuk "Cara Perbaiki Lnb Baru yang Mati dari Pabriknya"

Posting Komentar

Berkomentar silahkan di kolom ini.

Mohon Tidak Memasukkan Link Aktif dalam Komentar

by ~ Kreasi Parabola

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel