Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Merubah Polaritas Lnb Vertikal Jadi Horisontal untuk Satelit Telkom 4

Merubah Polaritas Lnb Vertikal Jadi Horisontal untuk Satelit Telkom 4 - 0 derajat pada lnb merupakan petunjuk arah polaritas horisontal. Jika dipasang sesuai prosedur yaitu 0 derajat arah timur barat, maka penangkapan polaritas akan sesuai seperti dari satelitnya.

Jika dari satelit berpolaritas horisontal, maka di lnb juga ditangkap oleh antena polaritas horisontal. Dan jika dari satelit berpolaritas vertikal, maka sinyal juga diterima oleh antena vertikal pada lnb.

Terkadang dalam pemasangan parabola baru ada salah satu lnb yang mati pada salah satu polaritasnya. Cara termudah mengatasinya adalah dengan menempatkan lnb tersebut untuk menembak satelit telkom 4.

Alasannya adalah karena pada satelit telkom 4 hanya polaritas horisontal saja yang digunakan. Sedangkan polaritas vertikal tidak ada chanelnya.


Jika polaritas lnb yang mati tadi adalah polaritas vertikal, maka bisa kita pasang sesuai prosedur yaitu 0 derajat arah timur barat. Tetapi jika yang mati adalah polaritas horisontal, maka kita bisa memanfaatkan polaritas vertikal untuk memerima sinyal horisontal.

Caranya adalah 0 derajat dibuat arah utara selatan. Tujuannya adalah antena vertikal bisa mengarah ke timur barat untuk menangkap sinyal polaritas horisontal dari satelit. Gambarnya seperti ini:

Merubah Polaritas Lnb Horisontal Jadi Vertikal untuk Satelit Telkom 3s

Pada menu receiver, posisi polaritas satelit telkom 4 juga harus dirubah. Yang tadinya horisontal/18v menjadi vertikal/13v.


Namun pemasangan cara ini hanyalah untuk darurat saja. Jangan sekali-kali merubah polaritas vertikal menjadi horisontal karena nantinya akan membingungkan orang lain yang menservis parabola tersebut jika terjadi kerusakan.

Dalam artikel ini juga admin tegaskan kalau merubah polaritas lnb tidak akan mempengaruhi kualitas sinyal yang didapat. Misalkan kalau memakai polaritas horisontal mendapat sinyal 75%, maka kalau menggunakan polaritas vertikal sinyal juga tetap 75%.

Cara meningkatkan penerimaan sinyal hanya dengan satu cara yaitu tracking yang baik. Demikianlah artikel tentang cara merubah polaritas lnb vertikan menjadi horisontal untuk satelit telkom 4. Semoga bermanfaat.

20 komentar untuk "Merubah Polaritas Lnb Vertikal Jadi Horisontal untuk Satelit Telkom 4"

  1. Anonim24 April

    apakah ada lnb yang bisa menangkap vertikal dan sekaligus horisontal?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada bro, Lnb one cable solution. Silahkan baca: Lnb Quatro One Cable Solution

      Hapus
    2. Admin mau tanya .kalau trans.saya jadikan verticall apa bisa pak

      Hapus
    3. Bisa, tapi untuk sekarang satelit telkom 4 menggunakan 2 polaritas vertikal dan horisontal. Jadi kl horisontal dirubah jadi vertikal maka yg vertikal jadi horisontal

      Hapus
  2. Mau tanya om admin. Apa efeknya kalau polarisasi HORIZONTAL(misal:Trans7-3548 H 6000) tapi setting receiver & lnbnya diset VERTIKAL?

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu akan lebih bagus kalau kabel dari parabola ke receiver terlalu panjang. Efek jelek tidak ada.

      Hapus
  3. Anonim09 Juli

    jika saat scan muncul V H channel sama apa maksudnya itu gan, misa mnc mpeg2, yg V nangkap, trus frek sama tapi H nangkap juga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu horisontalnya mati. bisa di receivernya / lnb / switchnya

      Hapus
  4. Pada ninmedia waktu setting transponder vertikal tidak dapat signal tapi dirubah horisontal lancar aja, apa ada pengaruhnya dengan jumlah chanel yang diterima

    BalasHapus
  5. Mafdmin...alw tracking slalu frek yg polritasnya v ga nyantol2. Tpi alw frek dngn plrtasnya h sllu mdah nrltuk d dpt..... Knpa tu min..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa setingan satelitnya terseting polaritas horisontal saja, atau arus vertikal dari receiver mati dah hanya bisa mengeluarkan arus horisontal/18v saja

      Hapus
  6. Kalau intensitas sinyal cuma 22% apakah lnb itu sudah rusak. Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum tentu. Kerusakan lnb hanya bisa di vonis dengan ditarcking. paling mudah pakai dish mini (100cm misalnya) yang sudah terlock satelit. Lnb tersebut dipasang, kl gak ada sinyal baru bisa dibilang mati

      Hapus
  7. Mau tanya min,saya lok sat(telkom4,PalapaD, chinasat 10, chinasat 6b,asiasat9,apstar6,telstar18)mudah,,tapi lok sat(asiasat7,asiasat5 -
    yamal202)susah ya,,,knp ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kl yamal 202 harus pakai parabola besar lnb disekat, as7 dan as 5 coba ditracking lagi cz sinyalnya melimpah

      Hapus
  8. Mau tanya lagi nih min, sat chinasat 6A terlok, apstar6 ,telstar18 terlok,tapi untuk lok sat chinasat 1 kok GK bisa ya,knp ya?

    BalasHapus
  9. Mau tanya ni admin... STB ID error gimana cara nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Receiver apa? Kalau nex parabola ya tinggal minta pairing ulang ke cs nya. Kl receiver k vision silahkan menuju: Cara Atasi STB ID Error K Vision Garmedia

      Hapus

Berlangganan Blog