Merubah Polaritas Lnb Vertikal Jadi Horisontal untuk Satelit Telkom 4

Merubah Polaritas Lnb Vertikal Jadi Horisontal untuk Satelit Telkom 4 - 0 derajat pada lnb merupakan petunjuk arah polaritas horisontal. Jika dipasang sesuai prosedur yaitu 0 derajat arah timur barat, maka penangkapan polaritas akan sesuai seperti dari satelitnya.

Jika dari satelit berpolaritas horisontal, maka di lnb juga ditangkap oleh antena polaritas horisontal. Dan jika dari satelit berpolaritas vertikal, maka sinyal juga diterima oleh antena vertikal pada lnb.

Terkadang dalam pemasangan parabola baru ada salah satu lnb yang mati pada salah satu polaritasnya. Cara termudah mengatasinya adalah dengan menempatkan lnb tersebut untuk menembak satelit telkom 4.

Alasannya adalah karena pada satelit telkom 4 hanya polaritas horisontal saja yang digunakan. Sedangkan polaritas vertikal tidak ada chanelnya.


Jika polaritas lnb yang mati tadi adalah polaritas vertikal, maka bisa kita pasang sesuai prosedur yaitu 0 derajat arah timur barat. Tetapi jika yang mati adalah polaritas horisontal, maka kita bisa memanfaatkan polaritas vertikal untuk memerima sinyal horisontal.

Caranya adalah 0 derajat dibuat arah utara selatan. Tujuannya adalah antena vertikal bisa mengarah ke timur barat untuk menangkap sinyal polaritas horisontal dari satelit. Gambarnya seperti ini:

Merubah Polaritas Lnb Horisontal Jadi Vertikal untuk Satelit Telkom 3s

Pada menu receiver, posisi polaritas satelit telkom 4 juga harus dirubah. Yang tadinya horisontal/18v menjadi vertikal/13v.


Namun pemasangan cara ini hanyalah untuk darurat saja. Jangan sekali-kali merubah polaritas vertikal menjadi horisontal karena nantinya akan membingungkan orang lain yang menservis parabola tersebut jika terjadi kerusakan.

Dalam artikel ini juga admin tegaskan kalau merubah polaritas lnb tidak akan mempengaruhi kualitas sinyal yang didapat. Misalkan kalau memakai polaritas horisontal mendapat sinyal 75%, maka kalau menggunakan polaritas vertikal sinyal juga tetap 75%.

Cara meningkatkan penerimaan sinyal hanya dengan satu cara yaitu tracking yang baik. Demikianlah artikel tentang cara merubah polaritas lnb vertikan menjadi horisontal untuk satelit telkom 4. Semoga bermanfaat.

22 komentar untuk "Merubah Polaritas Lnb Vertikal Jadi Horisontal untuk Satelit Telkom 4"

Comment Author Avatar
Anonim 24 April
apakah ada lnb yang bisa menangkap vertikal dan sekaligus horisontal?
Comment Author Avatar
Ada bro, Lnb one cable solution. Silahkan baca: Lnb Quatro One Cable Solution
Comment Author Avatar
Admin mau tanya .kalau trans.saya jadikan verticall apa bisa pak
Comment Author Avatar
Bisa, tapi untuk sekarang satelit telkom 4 menggunakan 2 polaritas vertikal dan horisontal. Jadi kl horisontal dirubah jadi vertikal maka yg vertikal jadi horisontal
Comment Author Avatar
Mau tanya om admin. Apa efeknya kalau polarisasi HORIZONTAL(misal:Trans7-3548 H 6000) tapi setting receiver & lnbnya diset VERTIKAL?
Comment Author Avatar
itu akan lebih bagus kalau kabel dari parabola ke receiver terlalu panjang. Efek jelek tidak ada.
Comment Author Avatar
Anonim 09 Juli
jika saat scan muncul V H channel sama apa maksudnya itu gan, misa mnc mpeg2, yg V nangkap, trus frek sama tapi H nangkap juga?
Comment Author Avatar
Itu horisontalnya mati. bisa di receivernya / lnb / switchnya
Comment Author Avatar
Pada ninmedia waktu setting transponder vertikal tidak dapat signal tapi dirubah horisontal lancar aja, apa ada pengaruhnya dengan jumlah chanel yang diterima
Comment Author Avatar
Mafdmin...alw tracking slalu frek yg polritasnya v ga nyantol2. Tpi alw frek dngn plrtasnya h sllu mdah nrltuk d dpt..... Knpa tu min..
Comment Author Avatar
Bisa setingan satelitnya terseting polaritas horisontal saja, atau arus vertikal dari receiver mati dah hanya bisa mengeluarkan arus horisontal/18v saja
Comment Author Avatar
Kalau intensitas sinyal cuma 22% apakah lnb itu sudah rusak. Terimakasih
Comment Author Avatar
Belum tentu. Kerusakan lnb hanya bisa di vonis dengan ditarcking. paling mudah pakai dish mini (100cm misalnya) yang sudah terlock satelit. Lnb tersebut dipasang, kl gak ada sinyal baru bisa dibilang mati
Comment Author Avatar
Mau tanya min,saya lok sat(telkom4,PalapaD, chinasat 10, chinasat 6b,asiasat9,apstar6,telstar18)mudah,,tapi lok sat(asiasat7,asiasat5 -
yamal202)susah ya,,,knp ya?
Comment Author Avatar
Kl yamal 202 harus pakai parabola besar lnb disekat, as7 dan as 5 coba ditracking lagi cz sinyalnya melimpah
Comment Author Avatar
Mau tanya lagi nih min, sat chinasat 6A terlok, apstar6 ,telstar18 terlok,tapi untuk lok sat chinasat 1 kok GK bisa ya,knp ya?
Comment Author Avatar
Chinasat 1 itu posisi dimana?
Comment Author Avatar
Mau tanya ni admin... STB ID error gimana cara nya
Comment Author Avatar
Receiver apa? Kalau nex parabola ya tinggal minta pairing ulang ke cs nya. Kl receiver k vision silahkan menuju: Cara Atasi STB ID Error K Vision Garmedia
Comment Author Avatar
Min tanya, waktu pasang LNB C Band dengan kondisi Normal hanya dapat Polaritas H saja. tp setelah LNB skew di arahkan UTARA-SELATAN bisa dapat kedua polaritas tp semuanya terbalik (yg normalnya dpt V skr dptnya H dan sebaliknya) dengan mode BLID SCAN.
Comment Author Avatar
Saya pernah mengalami seperti itu sekali sepanjang sy berkecimpung di parabola. Kl 0 derajat hadap timur/barat yg dapat h saja sedangkan v zonk. Saya posisikan 0 derajat ke utara/selatan kedua polaritas jadi normal (polaritas jadi terbalik). Penyebabnya adalah main antena v kurang jos mesin nya. jadi kl dikasih setrum 18 volt dia normal dan jika dikasih 13 volt dia zonk. Kl 0 derajat dibalik ke utara/selatan kan antena v jadi h sehingga setrumnya 18 volt.

Itu kasus yg sy alami, ada kemungkinan kasus anda sama seperti saya