Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi K Vision Tidak Ada Sinyal

Cara Mengatasi K Vision Tidak Ada Sinyal - Sekarang memang banyak teknisi parabola dadakan. Dengan modal tutor dari youtube mereka sudah bisa mentracking parabola baru. Terlebih parabola mini karena memang sangat mudah untuk mentracking parabola jenis ini.

Bahkan masyarakat makin cerdas dengan membeli perangkat sendiri dan memasangnya. Namun karena kurangnya pengalaman, ada beberapa dari mereka yang kesulitan jika terjadi kendala.

Postingan kali ini berfokus pada parabola k vision yang tidak ada sinyal baik k vision bromo, cartenz maupun gol garmedia.

Mengatasi K Vision Tidak Ada Sinyal

Tidak Ada Sinyal Pada Penggatian Receiver K Vision Baru

Berdasarkan pengalaman saya, yang paling banyak adalah masyarakat sudah memiliki parabola besar yang sudah terpasang dan mengganti receivernya dengan k vision.

Mereka membeli dari toko baik toko fisik maupun toko online dengan kondisi receiver sudah teraktivasi dan sudah diprogram dengan benar. Namun ketika dipasang dirumah ternyata tidak ada sinyal.

Penyebab:

Pengaturan satelit di menu receiver tidak sesuai. Ini terjadi karena posisi switch parabola di toko dan dirumah konsumen tidak sama sehingga terjadi perbedaan hubungan receiver ke lnb.

Solusi:

Rubah pengaturan switch di menu receiver. Bisa dimulai switch diseq dan switch 22k sampai sinyal muncul.

Tidak Ada Sinyal Pada Parabola K Vision Yang Dipakai Sehari-hari

Terkadang parabola biasanya baik-baik saja namun suatu waktu tiba-tiba tidak ada sinyal. Ini bisa terjadi baik di parabola besar maupun parabola mini.

Penyebab:

Ada tiga faktor yang sering terjadi sehingga menyebabkan hilangnya sinyal parabola k vision ini.

  1. Terjadi gangguan dari sistem k vision
  2. Parabola tidak terlock satelit dengan benar
  3. Kabel dari receiver ke lnb putus

Solusi

Jika terjadi gangguan dari sistem k vision maka anda tidak perlu melakukan apa-apa. Nanti kalau gangguan sudah teratasi maka sinyal kembali muncul. Gangguan ini biasanya tidak lama. Sekitar 2 atau 3 jam sudah beres walaupun pernah sampai 2 hari terjadi gangguan namun itu sangat jarang.

Sedangkan ciri-ciri parabola tidak terlock ke satelit biasanya tidak semua channelnya hilang sinyal. Misalnya parabola besar chanel k-visionnya hilang namun chanel lain yang sinyalnya besar masih tetap terlock.

Untuk mengatasi hal ini kita bisa goyang-goyang parabolanya. Jika sinyal membesar maka kita setel baut-bautnya ke arah yang sinyalnya besar tersebut. Jika tetap tidak bisa kita bisa panggil teknisi parabola untuk memperbaikinya.

Ciri-ciri kabelnya putus adalah tidak ada intensitas sinyal ketika kita pencet info di tombol remotnya. Intensitas ini adalah daya dorong penguatan sinyal di lnb. Jika intensitas sinyal ini ada berarti kabel receiver ke lnb terhubung dengan baik dan jika tidak ada intensitas sinyal berarti kabelnya putus.

Demikianlah artikel tentang cara mengatasi k vision yang tidak ada sinyal. Semoga bermanfaat.

Berlangganan via Email