Pengertian Prime Fokus dan Offset pada Antena Parabola

Pengertian Prime Fokus dan Offset pada Lnb - Ada istilah prime fokus dan offset yang digunakan dalam sistem parabola. Dua istilah ini sebenarnya adalah sebuah sistem penerimaan sinyal yang berhubungan dengan lnb dan dish parabola. Jadi pada lnb itu ada lnb prime fokus dan lnb offset. Demikin pula pada dish parabola ada yang prime fokus dan ada yang offset.

Perbedaan antara prime fokus dan offset hanyalah berada pada bentuk fisik atau bodinya saja dan tiadak dalam rangkaian elektronik yang ada didalamnya. Prime fokus adalah posisi sinyal yang berfokus tepat di tengah dish. Sedangkan offset adalah posisi sinyal yang fokus berada antara tengah dan pinggir dish.


Lnb Prime fokus dan Offset

Dari segi penerimaan pantulan sinyal, lnb di desain dalam dua bentuk yaitu:
  1. Lnb Prime Fokus
  2. Lnb Offset
Sebuah lnb baik c-band maupun ku-band, desain penerimaan sinyal ada yang ditujukan untuk prime fokus dan ada yang ditujukan untuk offset. Lnb prime fokus sinyal akan bagus kalau dipasang pada posisi fokus dan sinyal tidak besar kalau dipasang pada posisi offset. Demikian juga lnb offset sinyal besar kalau dipasang pada posisi offset dan akan kecil sinyalnya kalau di pasang pada posisi fokus.

Secara umum, kebanyakan lnb tipe prime fokus scalaringnya ada di belakang bulatan ujung lnb karena lnb ini mendapatkan pantulan sinyal yang jarak antara lnb ke dish sama. Sedangkan lnb offset scalaringnya ada di ujung bulatan lnb karena lnb ini mendapatkan pantulan sinyal dari dish dengan jarak yang tidak sama.

Dish Prime Fokus dan Offset

Pada dish juga ada dua:
  1. Dish Prime Fokus
  2. Dish Offset
Dish prime fokus adalah dish yang ujung tiang fokus beada di tengah. Biasanya dish ini berukuran besar dan digunakan masyarakat untuk menangkap sinyal satelit yang FTA. Sedangkan dish offset adalah dish yang memang pipa tiangnya di desain dengan ujung tiang fokus ada disamping. Dish ini biasanya digunakan oleh tv langganan dan transmisi data di ATM.

Pengertian Prime Fokus dan Offset pada Antena Parabola
Dish Prime Fokus
Pengertian Prime Fokus dan Offset pada Antena Parabola
Dish Offset
Lengkungan dish prime fokus cenderung lebih cembung dan pada dish offset lengkungannya cekung.

10 komentar untuk "Pengertian Prime Fokus dan Offset pada Antena Parabola"

Comment Author Avatar
Omm..sy sbgai pmula tntang pasang parbola mau nanya nih.tdi siang sy bongkar parbola 2lnb 6feet punya sndiri.dan alhasil ktika dipasang ulang antra snyal palapa dan telkom bersebrangan.jka plapa dpet .tlkom hilang..itu faktor apa yah..klo noleg w a sy ya omm.082325155653
Comment Author Avatar
Jarak lnbnya kuang pas
Comment Author Avatar
Bagaimana cara nya melock sat measat kuband menggunakann dish solid 6 feed lnb ku prime fokus. Apakah sama dengan melock sat measat ku band offset dish bekas indovision.
Comment Author Avatar
Beda, Untuk dish solid 6 feet caranya seperti dish besar biasa. arah konektor lurus ke utara, kemudian dicondongkan ke posisi dish
Comment Author Avatar
Untuk pemasangan pertama sat yg gampabg di lock apa k? Trus arah nya gimna k?terim terima
Comment Author Avatar
Parabola besar atau mini?
Comment Author Avatar
Untuk disk eks t*pas 4 feed untuk lock thaicom c band arahny sama ky disk offset atw sperti disk besar biasa
Comment Author Avatar
Sama seperti dish besar biasa
Comment Author Avatar
Lnb ku band offset di modifikasi menjadi prime fokus, kalau di pasang di dish solid 60cm kira2 SQ bertambah gak ya? Tiang LNB nya bawaan dish nya.
Comment Author Avatar
Ya sinyalnya lebih besar menggunakan lnb offset. kl sudah jadi fokus maka sinyal lebih kecil dari lnb offset