Penyebab Er2 Pada Posisioner Parabola Gerak

Daftar Isi
Penggerak parabola terdiri dari aktuator, posisioner dan kabel kontrol. Aktuator adalah perangkat penggerak yang kerjanya medorong dan menarik penyangga dish parabola sehingga parabola bisa bergerak ke barat dan timur (hidrolik). Komponen utama aktuator adalah motor dan sensor. Sedangkan posisioner adalah mesin pemberi arus suplay ke motor aktuator sekaligus pengontrol pergerakan motor.

Antara antuator dan posisioner dihubungkan dengan kabel kontrol yang isinya 4 helai kabel. Fungsi dari 4 kabel ini adalah 2 jalur untuk arus suplai motor dan 2 jalur lagi sebagai sensor pergerakan motor aktuator. Ketika ada masalah antara aktuator dan posisioner, maka pada posisioner akan terjadi eror yang ditandai denga tulisan er2 pada display panel depan posisioner.

Penyebab Er2 Pada Posisioner Parabola Gerak

Ada beberapa penyebab eror pada posisioner, yaitu:
  1. Motor macet sehingga tidak bisa berputar
  2. Sensor pada aktuator rusak
  3. Sensor penerima pada posisioner rusak sehingga tidak bisa membaca putaran motor
  4. Kabel putus, baik pada bagian motor ataupun pada bagian sensor
Ketika sebuah posisioner muncul tulisan er2, salah satu penyebabnya adalah motor macet. Ada beberapa penyebab motor pada posisioner macet, yaitu:
  • Motor rusak. Kerusakan bisanya terjadi pada cool boosternya. Paling sering terjadi adalah per pendorong arang cool booster rusak. Jarang terjadi cool boosternya habis dan admin tidak pernah menemukan spul motor hangus.
  • Laher pada hidrolik naik turun pada tongkat aktuator macet. Biasanya karena sudah karatan
Penyebab lain terjadi er2 adalah sensor rusak. Ketika sensor rusak, maka posisioner tidak dapat mengatur berapa jumlah putaran motor yang dibutuhkan sehingga posisioner menghentikan suplai arus ke aktuator. Demikin juga pada posisioner ada input yang membaca jumlah putaran motor sehingga posisioner bisa mengatur jumlah putaran pada motor.

Kabel merupakan penghubung antara aktuator dan posisioner. Ketika kabel sensor atau motor putus, maka pada posisioner juga akan muncul tulisan er2. Kabel putus bisa terjadi ditengah jalur karena digigit tikus atau penyebab putus lainnya. Terkadang juga pada slot penyambung pada aktuator atau posisioner terlepas.

Demikianlah artikel tentang penyebab munculnya tulisan er2 pada posisioner penggerak antena parabola. Semoga bisa menjadi referensi dan bermanfaat bagi para pembaca.

5 komentar

Comment Author Avatar
07 November Hapus
kalo magnet yang ada per kecilnya hancur gimana tu bang apakah bsa di perbaiaki?
Comment Author Avatar
07 November Hapus
Itu bukan magnet, tapi kolbooster. Dibelikan lagi kolboosternya
Comment Author Avatar
31 Desember Hapus
Boleh lihat gambar
koolbosternya
Comment Author Avatar
Abi
19 November Hapus
Er2 , remot dipencet gerak macet pencet lg gerak apanya
Comment Author Avatar
20 November Hapus
Kl bisa berubah nomornya itu biasanya karena putaran tidak lancar (seret/berat)