Tips agar antena parabola lebih awet

Tips agar antena parabola lebih awet - Parabola terdiri dari beberapa perangkat atau komponen. Silahkan baca: Komponen utama dak komponen pendukung antena parabola. Semua komponen menjalankan peranannya masing dan memiliki kelemahan atau bisa rusak pada bagian-bagian tertentu.

Kali ini admin akan memberikan tips agar komponen-komponen tersebut lebih awet. Agar lebih mudah dalam penjabarannya, admin akan membagi perangkat antena parabola menjadi dua bagian, yaitu perangkat outdoor dan perangkat indoor.

Tips agar antena parabola lebih awet

Perangkat Outdoor
Perangkat outdoor adalah perangkat yang ada diluar rumah. Perangkat outdoor meliputi:
  1. Dish
  2. Lnb
  3. Switch
Pertama, pasanglah dish pada tempat yang jauh dari pepohonan, terutama pohon yang berbuah besar seperti kelapa, sukun, durian, nangka, dan lain-lain.  Tujuannya agar dish tidak tertimpa buah atau dahan pepohonan tersebut. Kalau bisa posisinya terlindung dari kencangnya tiupan angin dan juga tidak mudah tersangkut mainan layang-layang anak-anak. Pasanglah tiang parabola sekuat mungkin agar tidak mudah goyah.

Kedua, beri tutup pada lnb dan switch. Bisa menggunakan tutup yang dijual dipasaran. Tutup lnb ini ada dua jenis yaitu jenis biasa dan jenis bagus. Pakailah yang bagus agar lebih awet. Kalau tidak ada, bisa pakai botol plastik bekas aqua atau seenisnya. Tujuannya adalah agar lnb dan switch tidak kemasukan air dan konektor tidak karatan.

Ketiga, kencangkan sambungan konektor ke port lnb dan switch dengan kuat. Jangan hanya dikencangkan pakai tangan saja melainkan pakai kunci pas atau tang.

Perangkat Indoor
Perangkat indoor adalah perangkat yang ada dalam rumah. Perangkat indoor antena parabola adalah receiver. Ada beberapa tips agar receiver lebih awet. Dianataranya adalah:

  1. Matikan receiver ketika tidak dipakai. Mematikannya bisa meng off kan saklar pada receiver atau mencabut stop kontaknya.
  2. Hapus chanel yang sudah tidak ada sinyalnya. Kalau bisa hapus sekalian transpondernya. Biasanya chanel ini sudah pindah frekuensi. Selain chanel ini membuat tidak nyaman, ternyata chanel ini juga memenuhi memori receiver dan memperberat kerja mesin.
  3. Jangan melepas atau menyambung konektor yang ke lnb dalam keadaan receiver menyala. Sudah banyak kasus melepas atau menyambungkan konektor dalam keadaan receiver menyala yang menyebabkan switch mati.
  4. Untuk setingan pada pengaturan antena, off kan setingan switch yang tidak di pakai. Misalnya menggunakan switch 22k, maka matikanlah switch diseq 1.0 dan diseq 1.1, dan juga penggerak.

Demikianlah tips dari kami agar antena parabola lebih awet. Semoga bermanfaat.

2 Komentar untuk "Tips agar antena parabola lebih awet"

  1. Mas untuk lnb Ku band covernya pake apa ya? Biar connectornya nggk berkarat makasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pakai bawaannya lnb kan ada. Karet bulat

      Hapus

Berkomentar silahkan di kolom ini.

Mohon Tidak Memasukkan Link Aktif dalam Komentar

by ~ Najwa Tehnik

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel