Cara Cek Remot Rusak dan Cara Servisnya

Cara Cek Remot Rusak dan Servis Standar - Remot adalah alat kontrol untuk perangkat elektronik yang kita miliki. Remot yang biasa kita gunakan sehari-hari adalah remot tv, receiver, dan lain sebagainya.

Alangkah tidak menyenangkannya kalau remot yang biasa kita gunakan tidak berfungsi. Misalnya saja kalau remot tv rusak, maka kalau akan memindah chanel kita harus maju kedepan untuk memencet tombol panel yang ada pada tv tersebut.

Jika remot yang biasa anda gunakan tidak berfungsi, anda bisa melakukan beberapa langkah agar remot bisa berfungsi kembali.
  1. Membuka tutup baterai dan memutar-mutar baterai. Ini dilakukan agar sambungan baterai ke panel/per penerima arus baterai bisa tersambung kembali karena sering ada kotoran atau karatan yang menghambatnya.
  2. Menetuk-ngetukkan kelantai dengan pelan-pelan. Ini bertujuan agar sambungan yang kendor didalam remot bisa menyambung kembali. Jika diketuk-ketuk bisa nyala lagi, kemungkinan besar ada solderan yang kendor dan harus segera disolder lagi.
  3. Mengganti baterainya. Karena baterai sudah soak, maka remot akan hidup lagi dengan baterai yang baru.
Kalau sudah pakai cara diatas tetap tidak bisa berfungsi, langkah selanjutnya kita cek pemancar infra merahnya. Kita bisa menggunakan kamera hp atau laptop atau kamera digital untuk mengeceknya. Kamera yang bisa untuk mengecek infra merah adalah kamera yang biasa. Kalau pakai kamera tertentu yang sangat bagus seperti kamea hp iphone/yang dari apple, maka infra merah tidak bisa terdeteksi. Ini karena kamera tersebut dibuat sedemikian rupa sehingga dia meredam kilatan cahaya.

Untuk mengecek infra merah, tempelkan led infra merak ke kamera. Gambar penempatannya seperti ini:

Cara Cek Remot Rusak dan Cara Servisnya

Kemudian nyalakan kamera dan kemudian pencet sembarang tombol pada remot. Kalau remot masih berfungsi, ketika dipencet tombolnya akan mengeluarkan kilatan cahaya seperti ini:

Cara Cek Remot Rusak dan Cara Servisnya

Kalau tidak berfungsi, maka ada kemungkinan led infra merahnya rusak. Coba buka remot dan cek jalur dari IC ke kaki led infra merah. Ada beberapa kasus jalur terjadi retak dan tidak menyambung. Kalau tidak ada jalur yang putus, coba ganti lednya. Kalau tetap tidak mau menyala, maka kemungkinan di ic nya sudah rusak dam minta ganti remot baru.

Jika remot normal dan di receiver tidak mau jalan, ada kemungkinan sensor penerima remot pada receiver mengalami kerusakan.

6 Komentar untuk "Cara Cek Remot Rusak dan Cara Servisnya"

  1. Mas, remotenya berfungsi ke alat lain. bisa saya asumsikan berfungsi. Tetapi diarahkan ke receiver tidak mau. Apa sensor di recerivernya yang rusak? Apa bisa diperbaikai?

    BalasHapus
    Balasan
    1. rusak sensor penerima di receivernya bisa, atau konfig sw tidak sesuai

      Hapus
    2. kalau rusak ic remote apakah lampu led masih bisa nyala min

      Hapus
    3. Gak nyala. kl masih nyala berarti belum rusak, tapi ada beberapa kasus, sistem kodenya berubah

      Hapus
    4. kalo remot mati karena kebalik pasang batu batere gimana min

      Hapus
    5. Kl sudah mati ya gak bisa.

      Hapus

Berkomentar silahkan di kolom ini.

Mohon Tidak Memasukkan Link Aktif dalam Komentar

by ~ Kreasi Parabola

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel