Posisi dan Beam Satelit Palapa D

Posisi dan Beam Satelit Palapa D - Satelit Palapa D adalah satelit milik PT. Indosat Tbk. Satelit ini memiliki 24 transponder standar c-band, 11 transponder ekstended c-band (transponder ini biasanya untuk sambungan siaran langsung), dan 5 transponder ku-band. Satelit palapa d diluncurkan tanggal 31 agustus 2009. Perkiraan umur operasi satelit 15 tahun dan dapat bertahan di orbitnya sekitar 17,5 tahun.

Satelit palapa d berada di posisi 113.0°E (Bujur Timur). Berikut posisi satelit palapa d dalam peta:


Sedangkan pancaran satelit palapa d ini memiliki 4 beam yaitu:
  1. Beam C-band ASEAN
  2. Beam C-band ASEAN Ekstended
  3. Beam C-band Asia
  4. Beam Ku-band Indonesia

Berikut peta dari masing-masing beam:
  • Beam C-band ASEAN dan beam C-band ASEAN Ekstended. Beam ini menjangkau hampir wilayah asia tenggara. Berikut petanya:


  • Beam C-band Asia. Beam ini cukup murah hati Jangkauannya lumayan luas. Tak heran kalau TKI indonesia bisa menyaksikan siaran tv nasional lewat parabola karena beamnya memang menjangkau seluruh wilayah asia, bahkan sampai ke sebagian eropa dan afrika. Lihatlah peta berikut ini:


  • Beam Ku-band Indonesia. Beam ini untuk indonesia saja dah ada beberapa negara tetangga ikut terserempet. Berikut petanya:


Itulah posisi dan beam satelit palapa d. Bagi anda yang ingin tracking satelit palapa d, ujung fokus harus mengarah ke posisi satelit. Kemiringan dish bisa berbeda-beda tergantung posisi anda berada.

0 Response to "Posisi dan Beam Satelit Palapa D"

Posting Komentar

Berkomentar silahkan di kolom ini.

Mohon Tidak Memasukkan Link Aktif dalam Komentar

by ~ Kreasi Parabola