Fungsi Conical Scalar ring atau Corong Lnb

Fungsi Conical Scalar ring atau Corong Lnb - Pada ujung lnb bagian bawah biasanya dipasang bundaran yang bentuknya mirip obat nyamuk bakar. Benda ini disebut scalar ring. Ada dua jenis scalar ring, yaitu flat scalar ring dan conical scalar ring. Keduanya memiliki bentuk dan kegunaan yang berbeda. Artikel ini akan membahas kegunaan kedua alat ini.

Flat Scalar Ring

Flat scalar ring adalah scalar ring yang bentuk ring nya atau cincinnya rata. Alat ini biasa disebut scalar ring saja tanpa embel-embel flat. Flat scalar ring biasa digunakan untuk parabola tipe fokus. Scalar ring tidak begitu dibahas karena alat ini hanya meningkatkan sinyal sedikit saja. Ada sebagian kecil parabola yang tidak memakai scalar ring ini, walaupun jelas sinyal akan lebih besar kalau menggunakan scalar ring.

Kegunaan utama scalar ring ini justru untuk menempelkan lnb pada tiang fokus karena tanpa scalar ring ini kita akan kesulitan memasang lnb pada tiang fokusnya. Kalaulah hanya satu lnb saja mungkin masih bisa diakali dalam pemasangannya, namun kalau 2 atau 3 atau 4 lnb tentunya akan sulit dalam perakitan lnbnya.

Conical Scalar Ring

Fungsi Conical Scalar ring atau Corong Lnb

Sesuai dengan namanya, conical scalar ring berbentuk kerucut. Conical scalar ring sering disebut CSR atau yang lebih gampang disebut corong lnb. Corong lnb digunakan untuk parabola jenis offset. Corong lnb gunanya sangat besar sekai untuk meningkatkan sinyal. Terutama pada lnb c-band.

Sebagai contoh misalnya tracking menggunakan receiver mpeg2. Kalau tidak ada sinyal sama sekali sinyal menunjukkan 3-4%. Setelah terlock menunjukkan 6-8%. Kalau dipasang corong, maka sinyal akan meningtat drastis lebih dari 40%.

Untuk tracking dish offset dengan lnb c-band, corong ini wajib digunakan karena tanpa corong, dish offset dengan lnb c-band tidak akan dapat sinyal. Karena pada dasarnya sinyal pantulan dish offset yang mengarah ke lnb tidak sama datangnya sehingga sinyal ini harus disetarakan oleh corong lnb.

Seperti itulah manfaat corong lnb untuk dish offset. Corong ini khusu untuk dish offset. Sedangkan untuk dish fokus tidak membutuhkan corong ini. Pada dish fokus, sinyal justru akan berkurang kalau lnb nya dipasang corong walaupun lnb nya posisi fooset sekalipun.

2 Komentar untuk "Fungsi Conical Scalar ring atau Corong Lnb"

  1. Terima kasih bnyak2 ya mas atas pencerahan nya untk traker pemula seperti saya mas,

    Skrng jd tau sya fungsi dari ke dua scalar ring itu...

    BalasHapus

Berkomentar silahkan di kolom ini.

Mohon Tidak Memasukkan Link Aktif dalam Komentar

by ~ Najwa Tehnik

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel