Jarak 4 Lnb dan Cara Penyambungan Scalar Ringnya

Jarak 4 lnb dan Cara Penyambungan Scalar Ringnya - Setelah satelit telkom 1 rusak dan chanelnya dipindahkan ke satelit telkom 3s, pemasangan 4 lnb menjadi semakin mudah. Ini dikarenakan posisi 4 lnb menjadi lebih renggang. Perakitan 4 lnb lebih mudah menggunakan 2 buah scalar ring dobel. Kita tinggal menyesuaikan 2 buah scalar ring ini. Sebelum mulai perakitan kita harus tau posisi 4 satelit yang akan ditangkap lebih dulu. Posisi satelit yang akan dilock adalah:
  1. Telkom 3s berada di posisi 118.0°E (118,0 derajat bujur timur)
  2. Palapa D berada di posisi 113.0°E (113,0 derajat bujur timur)
  3. Asiasat 7 berada di posisi 105.5°E (105,5 derajat bujur timur)
  4. Asiasat 5 berada di posisi 100.5°E (100,5 derajat bujur timur)
Urutan satelitnya adalah paling timur satelit telkom 3s, kemudian di baratnya satelit palapa d, kemudian baratnya lagi satelit asiasat 7, dan kemudian di baratnya lagi satelit asiasat 5. Karena lnb menerima sinyal dari pantulan dish, maka posisi lnb berlawanan dari posisi satelit. Artinya lnb paling timur adalah lnb asiasat 5, kemudian baratnya lnb asiasat 7, kemudian baratnya lagi lnb palapa d, dan baratnya lagi lnb telkom 3s.

Sekarang kita harus tau jarak antar lnb nya. Untuk mengetahui jarak antar lnb, pertama kita lihat jarak antar satelitnya terlebih dahulu. Berikut jarak antar satelitnya:
  • Telkom 3s ke palapa d adalah 5 derajat
  • Palapad ke asiasat 7 adalah 7,5 derajat
  • Asiasat 7 ke asiasat 5 adalah 5 derajat
Dari data diatas sudah terlihat kalau jarak telkom 3s ke palapa d dan jarak asiasat 7 ke asiasat 5 adalah 5 dejarat. Ini artinya jarak lnb telkom 3s ke lnb palapa d sama dengan jarak lnb asiasat 7 ke lnb asiasat 5. Jarak antar lnb ini berbeda-beda sesuai dish parabola yang digunakan. Berikut tabel kumpulan beberapa jarak lnb pada beberapa dish dari pengalaman admin:

Jarak 4 Lnb

Merk Dish Diameter Telkom ke Palapa D Palapad ke Asiasat 7 Asiasat 7 ke Asiasat 5
Solid) 6 feet 2,3 cm 6,7 cm 2,2 cm
Venus AL7210New 7 feet 3,3 cm 8,2 cm 3,3 cm
Philsat 7,5 feet 3,6 cm 8,7 feet 3,5 cm
Soccer 7,5 feet 4,6 cm 10 cm 4,5 cm
BPsat/Orasat 7,5 feet 3,6 cm  8,7 cm 3,5 cm
Paragon 8 feet  3,6cm 8,8 cm 3,5 cm
Paragon 10 feet 4,6 cm 10 cm 4,5 cm
Pada tabel diatas jarak lnb telkom 3s ke palap d sedikit berbeda dengan jarak lnb asiasat 7 ke asiasat 5. Dilapangan memang seperti itu, mungkin karena letak transponder pada satelit tidak sama. Ini mengacu pada sebuah satelit saja posisinya tidak sama seperti kasus satelit apstar 7 yang transponder dalam satu satelit tidak sama.

Setelah kita tau jarak antar lnbnya, maka kita tinggal merakitnya saja. Khusus untuk dish soccer atau paragom 10 feet dan yang sejenis, scalar ring tidak perlu dipotong karena kedua scalar ring ditempelkan saja sudah cukup jaraknya.

Untuk yang lain, ring harus dipotong untuk menyesuaikan jaraknya. Silahkan ring dipotong dulu seperti ini:

Jarak 4 Lnb dan Cara Penyambungan Scalar Ringnya

Kemudian lnb dipasang ke scalar ring dengan keadaan kedua scalar ring belum disambung. Jaraknya menyesuaikan dengan dish yang digunakan. Setelah semua lnb dipsang pada tempatnya, kemudian kedua scalar ring disambung dengan jarak menyesuaikan jarak lnb palapa d ke asiasat 7.  Lebih detailnya silahkan baca: Cara merakit 4 lnb untuk palapa d, telkom 3s, asiasat 7, asiasat 5.

Demikianlah artikel tentang jarak 4 lnb dan cara penyambungan scalar ringnya. Semoga bermanfaat. Kalau ada hal-hal yang kurang jelas silahkan tanyakan di kolom komentar.

Belum ada Komentar untuk "Jarak 4 Lnb dan Cara Penyambungan Scalar Ringnya"

Posting Komentar

Berkomentar silahkan di kolom ini.

Mohon Tidak Memasukkan Link Aktif dalam Komentar

by ~ Kreasi Parabola

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel