Cara Tracking CTN, CNC dan My TV Apstar 6 untuk Pemula

Tracking CTN, CNC dan My TV Apstar 6 untuk Pemula - Artikel ini tentang cara tracking satelit apstar 6. Namun artikel ini berbeda dengan artikel sebelumnya. Kalau artikel sebelumnya adalah cara tracking apstar 6 dengan menggabungkannya dengan satelit palapa d dan telkom 3s dalam 1 dish. Silahkan baca: Cara tracking palapa d, telkom 3s, dan apstar 6 dalam 1 dish. Pada artikel ini menerangkan cara tracking apstar 6 tanpa menggabungkan dengan palapa d dan telkom 3s. Artinya dish parabola hanya menembak apstar 6 saja.

Tujuannya sama yaitu mencari chanel ctn, cnc, dan my tv. Artikel ini untuk pemula karena bagi pemula mungkin agak kesulitan menggabungkan apstar 6 sekaligus palapa d dan telkom 3s dalam satu parabola. Artikel ini juga dari permintaan salah satu teman yang menggunakan receiver mpeg2 saja dan ingin menyaksikan piala dunia. Sebenarnya sudah banyak blog-blog yang memberi tutor tracking apstar 6, tapi mungkin sudah terlanjur suka dengan blog yang masih amburadul ini.

Untuk tracking chanel ctn, cnc dan my tv sebenarnya sangat mudah. Ini dikarenakan beam chanel tersebut menjangkau seluruh wilayah NKRI dengan sinyal melimpah. Pertama silahkan masukkan transponder milik ctn, cnc dan my tv yaitu 4051 H 9628. Caranya bisa lihat di: Cara membuat chanel yang belum ada pada receiver untuk tracking. Membuat transpondernya bisa pada satelit palapa d atau telkom 3s.

Kemudian sambungkan kabel dari lnb dan nyalakan receiver. Posisikan receiver ke chanel yang kita jadikan frekuensi ctn tadi kemudian tekan info. Setelah tekan info maka displai panel depan pada receiver akan berubah menjadi info kualitas sinyal. Atau kalau mau lebih mantap silahkan bawa tv keluar dan nyalakan untuk memantau sinyalnya.

Berhubung tutor ini untuk pemula, maka kita gunakan metode sapu bersih. Metode bersih adalah mengarahkan parabola ke atas dengan gerakan yang lebar menyapu angkasa. Penyapuan dilakukan dengan pelan-pelan sambil memantau sinyal, nanti kalau parabola pas ke satelit maka sinyal akan muncul.

Posisi sebelum ditracking parabolanya seperti ini:

Cara Tracking CTN, CNC dan My TV Apstar 6 untuk Pemula

Untuk wilayah indonesia terbagi menjadi 2. Wilayah sebelah selatannya garis katilistiwa, posisi penyangga mounting (besi yang posisinya miring) berada di sebelah selatan (parabola agak miring ke utara). Sedangkan yang ada disebelah utaranya garis katulistiwa posisi penyangga mounting berada disebelah utara (parabola agak miring ke selatan). Untuk mempermudah tracking, posisinya harus searah dengan lnb atas (arah timur-barat).

Kemudian pada mounting juga ada pengatur kemiringan utara selatan yang disebut sudut deklenasi. gambarnya seperti ini:

Cara Tracking CTN, CNC dan My TV Apstar 6 untuk Pemula

Posisi itu juga berbeda untuk wilayah selatan katulistiwa ada disebelah selatan dan untuk wilayah utara katulistiwa ada disebelah utara.

Sekarang kita kendurkan baut pengunci penyangga mounting. Kemudian pelan-pelan kita robohkan parabola ke timur sambil melihat pergerakan kualitas sinyal. Merobohkannya sangat pelan garak ketika parabola mengenai satelit, sinyal langsung muncul.

Cara Tracking CTN, CNC dan My TV Apstar 6 untuk Pemula

Setelah dirobohkan dengan pelan sampai nungging ke timur sinyal belum dapat, silahkan naikkan lagi keatas. Menaikkannya juga harus sangat pelan sambil melihat kualitas sinyal karena posisi roboh dan naik bisa berbeda. Bisa jadi ketika roboh tidak dapat sinyal, tetapi pas dinaikkan bisa mandatat sinyal.

Kalau sampai naik kok sinyalnya belum dapat, silahkan atur kemiringan utara selatan dengan mengatur baut utara selatan. Bisa coba sedikit miring ke utara (sangat sedikit). Kemudian robohkan pelan-pelan dan naikkan pelan-pelan. Kalau belum ada sinyal juga miringkan lebih ke uatara lagi. Kalau sampai agak banyak memiringkannya ke utara dan belum dapat sinyal, silahkan kembalikan ke posisi semula. Gantian kemiringan sedikit demi sedikit ke selatan. sampai dapat sinyal.

Dengan begitu langit bisa tersapu bersih dan sinyal pasti didapat. Admin sendiri melakukan itu waktu belajar tracking. Kalau semua sisi sudah disapu bersih kok sinyal tidak dapat, berarti kekeliruan ada di setingan receivernya. Silahkan benahi setingan receiver dan ditarcking lagi.

Kalau sinyal sudah didapat, silahkan maksimalkan dengan menyesuaikan posisi sinyal maksimal dan kencangkan baut-bautnya. Scan satelit tang tadi dimasukkan frekuensi ctn, cnc, dan my tv. Masukkan biss key nya dan siaran siap dinikmati.

13 Komentar untuk "Cara Tracking CTN, CNC dan My TV Apstar 6 untuk Pemula"

  1. satu lnb aja tanpa pake switch dan pengaturan receivernya bgmna gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. kl 1 lnb ya tinggal masukkan frekuensinya di salah satu satelit yg ada pada menu receiver. frekuensi lo lnb pada menu dibuat 5150. dan tinggal tracking

      Hapus
    2. klau tracking apstar6 dr lnb telkom3s ke apstar6 brp jaraknya,parabola 6feet dan klau di ukur dari bibir lnb telkom3s ke tengah lnb apstar6 tau bgmna.mohon pencerahannya mas, di bahagian sarawak malaysia

      Hapus
    3. Untuk jarak lnb telkom 3s ke pastar 6 silahkan menuju:
      Menghitung jarak palapa d, telkom 3s, apstar6

      Hapus
  2. Ass.. untuk reciver getmecom bisa dpt siaran piala dunia ??

    BalasHapus
  3. Asslmlkum kak,,, klow tracking apstar 6 pakai receiver mpeg 2 venus stlh sinyal y ktmu cara untuk mnguncinya bgmn,,,, trmksh,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikum salaam. Ya kl sinyal sudah maksimal, kemcangkan bautnya agar tidak geser. Trus discan dan kemudian masukkan biss key nya

      Hapus
  4. Utk recievr Tanaka T22 bisa ngga ya

    BalasHapus
  5. Utk dish 6feet dpt 2,2cm dr mna bos?

    BalasHapus
  6. Om mau tanya
    Jarak lnb apstar.pal.kom. brapa aja
    Dis 6feet

    BalasHapus

Berkomentar silahkan di kolom ini.

Mohon Tidak Memasukkan Link Aktif dalam Komentar

by ~ Kreasi Parabola

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel