Cara Tracking Thaicom Frekuensi C-Band Untuk Pemula

Cara Tracking Thaicom Frekuensi C-Band Untuk Pemula - Satelit thaicom berada disebelah barat tepatnya di posisi 78,5 derajat bujur timur. Satelit thaicom ada 3 buah yang posisinya berada pada satu titik, jadi kalau kita tracking satelit tersebut otomatis ketiganya terlock semua. Ketiga satelit thaicom ini adalah thaicom 5, thaicom 6, dan thaicom 8. Untuk frekuensi c-band hanya ada pada thaicom 5 dan thaicom 6. Sedangkan thaicom 8 menggunakan frekuensi ku-band saja.

Setelah sebelumnya admin sudah mencoba tracking thaicom ku-band dengan dish mini (silahkan baca: Tracking thaicom ku-band), pada artikel ini admin memfokuskan tracking thaicom untuk frekuensi c-band. Pada frekuensi c-band, beam atau pancaran sinyal satelit thaicom terbagi menjadi 4 wilayah. Beam satelit perlu anda perhatikan karena jika lokasi kita jauh dari beam satelit, maka kita akan kesulitan untuk tracking karena sinyalnya sangat minim bahkan bisa jadi tidak ada sinyal sama sekali.

Beam satelit thaicom frekuensi c-band

Beam satelit thaicom terbagi menadi 4 wilayah. 4 wilayah ini adalah:
  1. Beam Regional
  2. Beam Global
  3. Beam Se Asia C-band
  4. Beam Afrika
Berikut peta untuk masing-masing beamnya:
  • Beam Regional. Pancaran beam ini hanya bisa diterima di sebagian wilayah indonesia saja. Berikut beamnya:
Cara Tracking Thaicom Frekuensi C-Band Untuk Pemula

  • Beam Global. Beam ini menjangkau seluruh wilayah indonesia dengan sinyal yang cukup melimpah. Berikut petanya:
Cara Tracking Thaicom Frekuensi C-Band Untuk Pemula

  • Beam Se Asia C-band. Beam ini juga menjangkau seluruh indonesia. Sinyal luamayan besar. Inilah peta beam se asia c-band:
Cara Tracking Thaicom Frekuensi C-Band Untuk Pemula

  • Beam Afrika. Beam ini hanya untuk wilayah afrika saja. jangkauannya sangat jauh dari wilayah indonesia. Hanya ada beberapa frekuensi aktif dengan beam afrika dari satelit tahicom. Ini peta pancaran beam afrika:
Cara Tracking Thaicom Frekuensi C-Band Untuk Pemula

Kebutuhan chanel dari satelit thaicom

Chanel-chanel dari satelit thaicom didominasi chanel lokal negara thailand dan sekitarnya. Bahasanya menggunakan bahasa lokal, jadi kita tidak paham bahasa chanel-chanel dari satelit thaicom. Satelit thaicom sangat terkenal di indonesia karena tiga kategori chanel yaitu:
  1. Chanel Sport
  2. Chanel Kartun
  3. Chanel Dewasa

Ketiga kategori diatas tidak begitu membutuhkan pemahaman bahasa. Chanel sport yang penting ada tulisan yang membuat kita paham. Chanel kartun biasanya anak-anak sangat senang dengan tayangan ini walaupun tidak paham bahasanya karena cenderung fokus pada kelucuan acaranya. Chanel Dewasa juga tidak terlalu terpengaruh bahasanya karena fokus pada adegannya. Itulah sebabnya chanel-chanel dari satelit thaicom sangat terkenal di indonesia.

Tracking thaicom frekuensi c-band

Satelit thaicom tidak bisa digabungkan denga satelit palapa d dan telkom 3s dalam satu parabola karena posisinya yang cukup jauh. Jadi kalau mau tracking satelit thaicom harus menggunakan dish tersendiri.
Untuk men lock satelit thaicom cukup mudah karena sinyal chanel yang dicari terutama chanel sport dipancarkan dengan beam yang menjangkau seluruh wilayah indonesia. Untuk mentracking satelit thaicom, pertama kita harus membuat patokan frekuensi terkuat agar mudah dalam proses tracking. Frekuensi terkuat satelit thaicom bisa ada baca di: Frekuensi terkuat satelit thaicom. Setelah kita tau frekuensi terkuatnya, kita tinggal memasukkan frekuensi tersebut ke receivernya. Silahkan baca: Cara membuat chanen yang belum ada pada receiver untuk proses tracking.

Setelah semua beres, nyalakan receiver pada chanel thaicom yang sudah kita buat dan kita pantau sinyalnya. Kemudian kita kendorkan baut pengunci penyangga dish agar dish bisa kita robohkan ke barat. Penyangga dish ini ada yang berada disebelah barat dan ada yang disebelah timur. Untuk wilayah selatannya garis katulistiwa penyangga ini ada di selatan dan untuk wilayah utaranya garis katulistiwa ada di utara.

Cara Tracking Thaicom Frekuensi C-Band Untuk Pemula

Idealnya penyangga ada disebelah barat karena parabola akan kita condongkan ke barat. Kalau penyangga bisa kita pindah ke barat, maka pindahlah penyangga ke barat. Namun jika penyangga ini penempelannya di las sehingga tidak bisa dipindah, maka bisa dicoba dulu dish dimiringkan ke barat. Kalau penyangga sudah habis dan condongnya kurang ke barat lagi, maka besi penyangga harus kita sambung.

Pelan-pelan robohkan dish ke barat sambil melihat pergerakan sinyal. Gerakannya harus sangat pelan dan ketika sinyal muncul segera hentikan gerakan. Kalau sinyal belum ada, naikkan kembali dish dengan perlahan juga. Posisi gerakan seperti gambar dibawah ini:

Cara Tracking Thaicom Frekuensi C-Band Untuk Pemula

Kalau sampai tegak kembali namun sinyal belum muncul, coba dish sedikit dimiringkan ke selatan. Memiringkannya harus sedikit demi sedikit kira-kira 1 mili. Kemudian miringkan kembali dish ke barat sambil memantau sinyal dan kalau sinyal belum muncul, naikkan kembali dish.

Miringkan lagi lebih keselatan dan kemudian turunkan dan naikkan dish. Lakukan sedikit demi sedikit. Kalau dirasa sudah terlalu keselatan dan sinyal belum muncul. kembalikan dish ke posisi semula seperti sebelum dimiringkan keselatan. Ganti kemiringan yang tadi keselatan sekarang dimiringkan ke utara dan robohkan dish kemudian naikkan lagi.

Kalau sudah pas ke satelit pasti sinyal akan muncul. Kalau semua sisi sudah dilakukan namun sinyal belum muncul, kemungkinan besar kita salah dalam menseting receivernya. Coba cek kembali setingan chanel satelit thaicom dan lakukan gerakan seperti dari awal. Kalau semua sudah betul dipastikan sinyal akan muncul.

Jika sinyal sudah muncul, usahakan mengarahkan dish pada titik tersebut sampai sinyal maksimal. Setelah maksimal maka kita sudah sukses tracking satelit thaicom dan kita tinggal menscannya maka chanel-chanel satelit thaicom akan masuk. Isikan biss key nya dan chanelnya akan cling.

4 Komentar untuk "Cara Tracking Thaicom Frekuensi C-Band Untuk Pemula"

  1. pakai dish bekas telkomvision bisa pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa kl bekas telvis (diameter 100 cm)

      Hapus
    2. klo pake dish yg 80cm, apakah masih bisa lock thaicom c band nya...??

      Hapus
    3. Gak bisa, minimal 100 cm. Kalau 80 cm harus dikasih sayap

      Hapus

Berkomentar silahkan di kolom ini.

Mohon Tidak Memasukkan Link Aktif dalam Komentar

by ~ Najwa Tehnik

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel