Cara Menangani Polaritas Vertikal atau Horisontal Tidak Ada Sinyal

Cara Menangani Polaritas Vertikal atau Horisontal Tidak Ada Sinyal - Sistem pancaran sinyal satelit ada yang linear dan ada yang circular. Sistem linear adalah pancaran sinyal yang berbentuk lurus dan pancaran sinyal circular adalah pancaran sinyal yang berbentuk melingkar. Silahkan baca: Sistem pancaran sinyal satelit. Pancaran ini menggunakan 2 polaritas yaitu polaritas vertikal dan polaritas horisontal. Pancaran horisontal adalah pancaran yang arahnya membujur (arah timur barat), sedangkan pancaran vertikal adalah pancaran yang arahnya melintang (arah utara selatan).

Pancaran sinyal dari satelit ini kemudian ditangkap oleh lnb. Sistem antena yang ada dalam lnb juga ada dua yaitu antena vertikal dan antena horisontal. Antena vertikal dan horisontal dalam lnb ini bekerja sendiri-sendiri yang biasanya dipisah oleh switch.

Cara Menangani Polaritas Vertikal atau Horisontal Tidak Ada Sinyal

Sebuah receiver tidak bisa menerima dua polaritas ini secara bersamaan. Artinya receiver hanya bisa menerima salah satu polaritas saja. Oleh karena itu polaritas vertikal dan horisontal dipisah dengan switch. Tujuannya agar receiver bisa menerima polaritas secara bergantian.

Dikarenakan penerimaan polaritas ini secara bergantian, terkadang muncul kasus receiver hanya mendapat sinyal dari salah satu polaritas saja, sedangkan polaritas satunya tidak dapat sinyal. Jika anda mendapati sebuah parabola mengalami hal tersebut, anda bisa memulai perbaikan dengan cara dibawah ini:
  1. Jika parabola menggunakan 2 lnb atau lebih, silahkan cek pada satelit yang satunya. Jika satelit satunya normal, berarti receivernya normal. Jika pada satelit lain sinyalnya normal, kemungkinan kerusakan pada:
    • Lnb
    • Switch
    • Pengaturan satelit pada receiver
    Pertama silahkan cek pengaturan satelit pada menu receiver. Pada polaritas biasanya ada pilihan Auto/SemuaVertikal(V)/Horisontal(H)/13V/18V. Silahkan pilih Auto/Semua. Jika posisi sudah Auto/Semua, berarti setingan sudah benar. Kemudian silahkan sambungkan kabel dari receiver secara langsung tanpa menggunakan switch. Jika sinyal muncul berarti switchnya lemah, jika sinyal tidak ada berarti lnb nya yang rusak. Lnb rusak salah satu polaritasnya saja masih bisa digunakan untuk satelit telkom. Silahkan baca: Merubah polaritas mati untuk telkom.
  2. Jika hanya menggunakan 1 lnb saja, kemungkinan rusak ada di dua tempat:
    1. Lnb rusak
    2. Pengaturan satelit
    Silahkan cek pengaturan satelit pada menu receiver seperti cara diatas. Jika sudah betul berarti lnb nya rusak sebelah.
  3. Ada kalanya kabelnya yang rusak. Bisa dicoba dengan mengganti kabel baru.
  4. Jika poin-poin diatas tidak bermasalah, maka kemungkinan besar suplai dari receiver rusak. Untuk mengeceknya silahkan baca: Cara cek suplai arus lnb dari receiver.
Seperti itulah langkah-langkah dalam menangani parabola rusak sebelah polaritas saja. Semoga bisa bermanfaat untuk para pembaca semua.

8 Komentar untuk "Cara Menangani Polaritas Vertikal atau Horisontal Tidak Ada Sinyal"

  1. Bermanfaat untuk yang baca, bagi yang mau ilmu

    BalasHapus
  2. Ilmu-ilmu dari Abang, saya masukin ke otak, semoga ilmu menjadi amal yg berkah. Terima kasih sudah berbagi. Semoga rejeki buat kita melimpah

    BalasHapus
  3. Kalau Polaritas Vertikalnya yg lemah, solusinya bagaimana???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya dipakai buat telkom saja tanpa dibalik

      Hapus
  4. Mas kalau dish offset peletakan LNB kita ubah ke tengah layaknya dish fokus bisa ndak !?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sinyal jadi kurang besar. dish offset itu bentuknya oval dan titik sinyal terbesar ya di posisinya agak samping

      Hapus

Berkomentar silahkan di kolom ini.

Mohon Tidak Memasukkan Link Aktif dalam Komentar

by ~ Kreasi Parabola

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel