Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengarahkan Konektor Lnb Ku-Band

Kreasi Parabola - Arah konektor pada lnb ku-band adalah tanda kalau arah tersebut merupakan arah polaritas vertikal. Ini adalah poin penting dalam proses tracking parabola mini. Kalau arah konektor ini tidak sesuai polaritasnya, maka sinyal tidak akan muncul walaupun parabola sudah kita geser kiri-kanan dan naik-turunkan.

Kalau parabola besar sudah jelas arah polaritasnya. Yaitu polaritas vertikan tepat arah utara selatan dan polaritas horisontal tepat arah timur barat. Polaritas horisontal ditandai dengan garis 0 derajat yang ada pada bagian atas lnb. Namun tidak demikian untuk mengarahkan polaritas parabola mini.

Mengarahkan Konektor LNB Parabola Mini

Posisi parabola mini harus menghadap kearah satelit. Jadi arah konektornya juga berbeda-beda untuk tiap daerah. Untuk mengetahui arah konektornya cukup mudah yaitu dengan mengira-ngira seberapa derajat posisi dishnya.

Sebagai pokok dasar, jika posisi arah parabola ke satelit adalah lurus ke barat atau ke timur, maka posisi konektor harus mengarah persis kiri atau ke kanan (sama saja). Jika posisi arah parabola ke satelit adalah lurus ke utara atau selatan, maka arah konektor adalah persis bawah (bisa juga lurus keatas namun beresiko kemasukan air). Lihatlah gambar berikut ini:

Cara Menentukan Arah Konektor Lnb Ku-Band

Diatas adalah jika posisinya ke arah utara atau selatan atau barat atau timur. Sekarang jika posisi kita ke arah satelit adalah menyerong, bagaimana cara menentukan arah konektornya? Tentu saja arah konektor ini harus menyesuaikan. Lihatlah gambar  berikut ini:

Cara Menentukan Arah Konektor Lnb Ku-Band

Jika posisi kita ke satelit arahnya adalah tenggara atau barat daya atau barat laut atau timur laut, maka posisi konektor arahnya antara kebawah dan menyamping. Seperti ditunjukkan pada gambar diatas. Jika posisi kita cenderung mendekati utara atau selatan, maka posisinya juga harus menyesuaikan.

Demikianlah artikel tentan bagaimana menentukan arah konektor lnb ku-band. Semoga bermanfaat untuk para pembaca sekalian.

2 komentar untuk "Cara Mengarahkan Konektor Lnb Ku-Band"

  1. Kalu di daerah nanga tayap kalimantan barat posisi lmb nya gimana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu dekat garis katulistiwa. Arah konektor bisa ke utara atau selatan sama saja. Kl dah lock satelitnya tinggal diputar sedikit sampai sinyal maksimal

      Hapus

Berlangganan via Email