Cara Merubah Parabola 2 Lnb 2 Tv Menjadi 4 Tv

Cara Merubah Parabola 2 Lnb 2 Tv Menjadi 4 Tv - Parabola 2 tv umumnya menggunakan lnb jenis 2r atau dual out dengan 2 buah switch. Satu output lnb masuk ke switch satu dan satunya lagi masuk ke switch yang lainnya. Admin pernah membahasnya, silahkan baca: Cara Pasang 2 Lnb 2 Tv Untuk Pemula. Karena pada lnb ini hanya ada 2 output saja, maka umumnya lnb ini maksimal hanya untuk 2 tv saja.

Lalu bagaimana cara merubahnya menjadi 4 tv? Untuk merubah parabola 2 lnb 2 tv menjadi 4 tv ada 2 opsi, yaitu:
  1. Mengganti lnb nya menggunakan lnb 4 out.
  2. Tidak mengganti lnb melainkan menambahkan multiswitch.


Opsi pertama dilakukan jika konsumen cenderung menginginkan chanel luar negeri. Dengan mengganti lnbnya dengan lnb 4 out, maka lnb bekasnya yang 2 out bisa digunakan untuk menembak satelit luar negeri. Cara memasangnya seperti pemasangan lnb biasa. Tiap out masuk ke switch masing-masing tv. Hanya saja yang bisa untuk satelit luar negeri hanya 2 tv saja dan 2 tv lainnya hanya bisa 2 satelit saja.

Opsi kedua adalah mode hemat. Karena harga multiswitch tentunya lebih murah daripada harga lnb 4 out. Ini dilakukan jika:
  1. Konsumen tidak menginkan chanel luar negeri
  2. Dish yang digunakan terlalu pas-pasan sehingga tidak memungkinkan menambah satelit luar negeri.
Bahkan dengan multiswitch ini tidak terbatas hanya untuk 4 tv saja melainkan bisa untuk banyak tv. Cara memasangya cukup mudah. Pada artikel ini admin akan memberikan contoh merubah parabola 2 lnb 2 tv menjad 4 tv dengan tambahan multiswitch 4x4. Jadinya seperti ini:

Merubah Parabola 2 Lnb 2 Tv Menjadi 4 Tv

Ini menggunakan lnb dual out. Bukan dual polarity. Jadi penyambungannya harus sesuai. Baca juga: Perbedaan lnb dual out dan dual polarity. Pada multiswitch 4x4 ini ada 4 slot untuk lnb dan 4 slot untuk receiver. Slot untuk lnb ini ada 4, tapi pada dasarnya ada 2 yaitu:
  1. Slot 13V 0KHz dan slot 18V 0KHz
  2. Slot 13V 22KHz dan slot 18V 22KHz


Merubah Parabola 2 Lnb 2 Tv Menjadi 4 Tv

Dalam penyambungannya, 2 out dari 1 lnb harus masuk ke salah satu dari gabungan 2 slot. Misalnya lnb palapa masuk di slot 0 KHz, maka dua out dari lnb palapa harus masuk ke 13V 0KHz dan 18V 0KHz. Tidak boleh 2 out lnb palapa, 1 masuk di 0KHz dan satunya masuk ke 22KHz karena akan menyebabkan trobel. Detail penyambungannya seperti ini:

Merubah Parabola 2 Lnb 2 Tv Menjadi 4 Tv

Demikianlah artikel tentang merubah parabola 2 lnb dari 2 receiver menjadi 4 receiver. Semoga bermanfaat.

10 komentar untuk "Cara Merubah Parabola 2 Lnb 2 Tv Menjadi 4 Tv"

Comment Author Avatar
Anonim 18 Oktober
Sangat membantu sekali buat pemula seperti saya.. terimakasih banyak sebelumnya.. pertanyaan saya untuk pengaturan tiap-tiap receiver nya gmn ya mas???
Comment Author Avatar
Trims sudah bekunjung. Pengaturannya satelit palapa 22k: off, telkom 22k: on
Comment Author Avatar
bang kok saya susah ya lock satelit asiasat 5 dan asiasat 7,apa yang menjadi patokan untuk bisa nge locknya,saya pakai 2 lnb beda merk,saya sudah lock palapa signal sudah oke,setelah saya coba traking asianya,satupun tidak ada yang nyantol. mohon pencerahannya bang,atau ada frek baru untuk kedua satelitnya?
Comment Author Avatar
2 lnb, 0 derajatnya dibuat lurus timur barat (sejajar), beda merk gak masalah. Kedua satelit ini rata2 sinyalnya besar. Asiasat 7 bisa gunakan sahara (3652 V 14100) asiasat 5 bisa gunakan 3820 V 27500. Mungkin posisi parabolanya yg kurang pas deklenasinya. Coba baca Klik disini siapa tau bisa memberikan gambaran
Comment Author Avatar
maaf om najwa sy masih rada bingung. saya punya lnb DUAL OUT(bukan dualpolarity V/H 13/18) sya mau tambah multiswitch supaya bisa untuk 4rx.(target palkom saja)pengaturan port nya seperti apa ya, plus nanti pengaturan di resivernya yg masih saya bingung, mohon penjelasan dari om najwa,terimakasih sebelumnya
Comment Author Avatar
Sama seperti artikel diatas. Palapa 22k: off, telkom 22k : on
Comment Author Avatar
Lnb sy kaonsat dual out lock di palkom ingin bertanya bro, tambah 1 atau lebih lnb apkh bisa out/kluaran dari multiswitch utk digabung pakai diseq? Jika memungkinkan pengaturannya di rx mohon dijelaskan ya bro, dibalas disini atau link dr artikel dgn gambar juga boleh, trims.
Comment Author Avatar
Bisa. Multiswitch itu kan switch 22k. Out dari multiswitch masuk ke diseq, dari disew kemudian ke receiver. Setingan ya dihidupkan sesuai switchnya. Misalkan palkom diseting diseq 1, 22k off, telkom diseq 1, 22k on. Kemudian lnb lainnya bisa masuk di diseq 2,3, atau 4
Comment Author Avatar
mas mimta bantuanya kalo lnb singel untuk 4 rx gimna caranya mksih sblumnya
Comment Author Avatar
ganti pakai lnb 4out