Cara Atasi IC Eeprom memory yang Terprotek

Cara Atasi IC Eeprom memory yang Terprotek - Eeprom singkatan dari Electrically Erasable Programmable Read-Only Memory atau sering disebut juga flash memory adalah sebuah ic yang digunakan dalam peralatan elektornik untuk menyimpan sejumlah konfigurasi data pada alat elektronik tersebut yang tetap harus tersimpan meski alat elektronik tersebut dalam posisi tidak dihidupkan.

Jika konfigurasi data yang ada dalam eeprom memori terjadi cacat dalam penyimpanannya, maka alat elektronik tersebut tidak bisa bekerja sebagaimana mestinya. Dan jika sudah terjadi cacat pada konfigurasi datanya, maka eeprom memori ini harus di isi ulang dengan konfigurasi data yang baru.

Sebagai contoh sebuah receiver parabola. Jika terjadi kesalahan konfigurasi data dalam eeprom memori maka akan menyebabkan receiver tidak bisa hidup alias mati suri. Untuk menyembuhkannya harus dilakukan flash ulang atau sering disebut upgrade. Mengupgradenya bisa menggunakan rs232atau ch341a. Jika upgrade lewat rs232 tidak mempan, cara paling ampuh adalah dengan menggunakan ch341a.

Terkadang ic eeprom memory ini di protek oleh pabrik pembuatnya. Pemprotekan inilah yang sering menyebabkan receiver tidak bisa diupgrade dengan rs232. Jika upgrade dilakukan menggunakan ch341a, maka sistem protek dari pabrik ini tidak akan berarti. Kalau ic eeprom di protek ya kita tinggal meng unprotek nya.

Untuk meng unprotek caranya cukup mudah. kita tinggal mengklik ikon gambar gembok yang ada di atas bagian kiri. Lihatlah gambar berikut ini:

Cara Atasi IC Eeprom memory yang Terprotek

Setelah kita klik ikon gembok tersebut, maka protek pada ic eeprom memori akan hilang dan peringatan tulisan merah tidak akan muncul lagi. Seperti itulah mengatasi protek pada ic eeprom memori.


Belum ada Komentar untuk "Cara Atasi IC Eeprom memory yang Terprotek"

Posting Komentar

Berkomentar silahkan di kolom ini.

Mohon Tidak Memasukkan Link Aktif dalam Komentar

by ~ Najwa Tehnik

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel