Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Upgrade Matrix Burger S2 k5s Mode ON atau Mati Suri

Cara Upgrade Matrix Burger S2 k5s Mode ON atau Mati Suri - Seiring perkembangan teknologi, makin hari software atau firmware receiver semakin ditingkatkan fiturnya demi memenuhi kebutuhan konsumen.

Software ini selalu ada pembaharuan di fitur-fiturnya. Kalau ada sw baru, maka ramai-ramai receiver di upgrade. Pengupgradean bisa menggunakan flashdisk.

Penyebab Mode ON atau Mati Suri

Karena seringnya melakukan proses upgrade, tak jarang receiver menjadi mode on atau mati suri. Ini karena salah sw, atau sw tidak sempurna, atau mati lampu ketika proses upgrade yang kengakibatkan gagal upgrade.

Kalau sudah mode on mati suri, maka receiver tidak bisa mengupgrade dirinya sendiri karena proses booting tidakberjalan. Untuk mebangkitkan dari mati suri, proses upgrade harus menggunakan alat lain. Bisa menggunakan usb to ttl atau ch341a.

Pada artikel ini admin akan membagikan cara upgrade matrix burger s2 hd tipe k5s yang mati suri menggunakan usb to ttl. Sedangkan untuk ch341a sudah admin sudah menulis dalam artikel tersendiri.


Upgrade menggunakan usb to ttl menjadi opsi pertama daripada menggunakan ch341a karena upgrade menggunakan usb to ttl lebih simpel, tidak perlu membongkar receiver. Cukup lewat slot 4 pin yang ada di bagian belakang receiver.

Penyambungan receiver ke usb to ttl

Yang dibutuhkan adalah komputer atau laptop, usb to ttl, dan flashdisk. Silahkan sambungkan usb to ttl ke slot 4 pin yang ada di belakang receiver matrix burger s2 k5s seperti ini:

Menyambungkan USB to TTL Ke Matrix burger k5s

Untuk aplikasinya kita menggunakan scom karena matrix burger k5s menggunakan chipset montage cs8001. Kalau belum punya silahkan download disini. Dan juga kita membutuhkan sw yang akan di upgradekan ke receiver. Kalau belum punya silahkan download di SW Terbaru Matrix Burger S2 HD.

Langkah Upgrade

  • Pertama yang harus dilakukan adalah mengganti nama sw yang akan diupgradekan dengan nama 'k5s.bin'. Nama sw ini sebenarnya bisa diberi nama sembarangan asalkan nanti sesuai dengan konfig usb nya. File sw kemudian di simpan di flashdisk pada drive nya (tidak dalam folder).

    Menyimpan file sw tidak dalam folder

  • Kemudian buka file copy.txt yang ada dalam tool scom download link diatas. Silahkan di blok dan copy semua isinya.

    Upgrade Matrix Burger S2 k5s Mati Suri

  • Pada tulisan yang saya beri tanda kotak ini adalah nama sw yang akan di upgradekan. Seperti sudah saya sebut diatas kalau nama sw nya tidak harus k5s.bin tetapi bisa sembarang. Jika anda ingin memberi nama burger.bin mislanya, maka pada tulisan tanda kotak juga harus diganti menjadi burger.bin
  • Posisi receiver dalam keadaan mati
  • Tancapkan flashdisk yang sudah ada file sw nya tadi ke receiver
  • Kemudian buka aplikasi tool scom nya

    Upgrade Matrix Burger S2 k5s Mati Suri

    Silahkan sesuaikan com port sesuai di komputer anda. BaudRate 11520. Kanannya lagi jika tulisannya Close SPort maka tidak perlu di klik, jika tulisannya adalan Open SPort maka harus di klik agar menjadi Close SPort
  • Nyalakan receiver. Maka bagian bawah akan muncul huruf-huruf aneh. Huruf-huruf ini bisa berbeda-beda pada tiap kasus.

    Upgrade Matrix Burger S2 k5s Mati Suri

    Pada gambar diatas saya beri tanda angka. Angka 1 adalah yang paling utama. Jika pada kotak 1 tidak ada apa-apa, maka dapat dipastikan ada kesalahan. Kemungkinan sambungan dari receiver ke komputer bermasalah. Jika ada huruf aneh, maka lanjutkan ke kotak dua, yaitu centang BootRom. Kemudian ke kotak 3 yaitu klik file dan open file uboot_v7s.img yang ada dalam tool scom. setelah file di open, maka lanjutkan ke kotak 4 yaitu Send File
  • Tunggu proses berjalan. Setelah proses selesai, tampilan menjadi seperti ini:

    Upgrade Matrix Burger S2 k5s Mati Suri

  • Di sini BootRom tidak perlu di centang. Langsung klik File dan open file upg.img dan kemudian klik Send File. Tunggu proses berjalan sampai selesai.

    Cara Upgrade Matrix Burger S2 k5s Mati Suri

    Klik mouse kanan pada kotak angka 2 dan paste. Maka tilisan-tulisan yang sudah di copy pada text awal tadi terpaste disini. Kemudian klik Manual Send. Setelah di klik maka flashdisk yang ditancapkan di receiver tadi berkedip-kedip tanda proses berjalan
  • Tunggu saja. Setelah selesai maka receiver pun langsung on dan hidup kembali
Seperti itulah cara mengupgrade receiver matrix burger s2 k5s yang mati suri. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada postingan lainnya.

Posting Komentar untuk "Cara Upgrade Matrix Burger S2 k5s Mode ON atau Mati Suri"

Berlangganan via Email