Cara Mengarahkan Parabola ke Satelit Telkom 4

Cara Mengarahkan Parabola ke Satelit Telkom 4 - Dulu ketika satelit telkom 1 tiba-tiba menghilang dari orbitnya, semua chanelnya dipindahkan ke satelit telkom 3s.

Sejatinya satelit telkom 1 memang sudah habis masa aktifnya dan harusnya diganti dengan satelit telkom 4 atau satelit merah putih. Namun saat itu satelit telkom 4 belum sukses peluncurannya. Sekarang satelit telkom 4 sudah aktif dan sudah mulai diisi dengan chanel-chanel yang ada di satelit telkom 3s.

Bahkan Beberapa waktu yang lalu ketika satelit palapa d off air, semua channelnya juga dipindahkan ke satelit telkom4 semua sehingga sekarang chanel tv indonesia ditampung oleh 1 satelit yaitu telkom 4.

Mengarahkan Parabola ke Satelit Telkom 4

Cara ini paling mudah karena kita tidak perlu merubah setingan satelit pada receiver dan tentunya lnb palapa tetap pada fokusnya sehingga sinyal palapa melimpah. Namun cara ini hanya bisa dilakukan pada:

  1. Parabola tiang fokus tunggal
  2. Tiang fokus masih bisa duputar
  3. Posisi lnb satelit palapa berada di fokus. Ini ditandai dengan posisi cangkul menghadap ke barat

    Mengembalikan Telkom 3s ke Telkom 4

Caranya kita nyalakan receiver dan posisi di salah satu chanel satelit palapa d. RCTI misalnya dan kemudian kita pencet info untuk menampilkan informasi sinyal. Kemudian kendorkan baut yang mengunci tiang fokus.

Mengembalikan Telkom 3s ke Telkom 4

Putar pelan-pelan tiang fokusnya kira-kira sampai 180 derajat (berbalik arah) sambil memantau sinyal. Ketika diputar sinyal akan hilang dan setelah putaran sampai berbalik arah sinyalnya muncul lagi. Buatlah sinyal seperti semula. Misalnya sebelum diputar sinyalnya 70%, setelah diputar sinyalnya kembali ke 70%. Paling tidak mendekati 70%. Kemudian kencangkan baut penjepit.

Kemudian scan otomatis satelit telkom, maka chanel satelit telkom 4 akan masuk. Setelah chanelnya masuk, coba putar sedikit-sedikit tiang fokus tadi sampai sinyal maksimal.

Menggeser Parabola ke barat

Cara ini dilakukan pada:

  1. Parabola tiang fokus tripot
  2. Parabola tiang fokus tunggal namun tiang fokus sudah tidak bisa diputar
  3. Posisi lnb satelit palapa berada tidak difokus

Untuk cara kedua ini, pertama nyalakan receiver dan kemudian masuk ke menu pengaturan satelit. Kemudian posisi pengaturan switch di tukar. Artinya pengaturan satelit palapa dirubah seperti pengaturan satelit telkom dan pengaturan satelit telkom dirubah sesuai pengaturan satelit palapa.

Milsakan satelit palapa diseq port 1 dan satelit telkom diseq port 2, maka dirubah satelit palapa jadi 2 dan telkom jadi 1. Atau mungkin palapa 22k off dan telkom 22k on, maka dirubah jadi palapa 22k on dan telkom 22k off. setelah selesai silahkan kemuar dari pengaturan satelit.

Setelah kemuar maka semua sinyal akan hilang. Kemudian posisikan receiver pada salah satu chanel yang sinyalnya besar. Tv one misalnya, dan kemudian pencet info untuk menampilkan informasi sinyal.

Kemudian kendorkan baut pengunci pergerakan parabola arah timur barat.

Mengembalikan Telkom 3s ke Telkom 4

Kemudian geser parabola pelan-pelan ke arah barat sambil memantau sinyal. Geser sampai sinyal muncul. Setelah sinyalnya muncul silahkan maksimalkan sinyalnya dan scan otomatis satelit telkom agar chanel dari satelit telkom 4 masuk.

Maksimalkan sinyal kedua satelit dan kenvcangkan lagi bautnya agar parabola terkunci tadak bergerak. Dan perubahan pun selesai.