Definisi Chanel FTA dan FTV di Parabola

KreasiParabola.com - Di indonesia, pancaran siaran stasiun tv mayoritas menggunakan antena parabola. Hal ini dikarenakan wilayah indonesia yang sangat luas yang banyak gunung dan bukit sehingga siaran tv jalur UHF tidak mungkin menjangkau seluruh wilayah.

Dengan antena parabola, maka siaran dapat terjangkau ke seluruh wilayah indonesia bahkan wilayah terpencil sekalipun karena siaran parabola pancarannya melalui satelit yang silyalnya mampu menyapu bersih seluruh wilayah indonesia.


Dalam penyiarannya, chanel-chanel parabola ini menggunakan tiga sistem penyiaran yaitu:
  1. FTA
  2. FTV
  3. Berbayar
Dalam artikel ini akan menjelaskan FTA dan FTV saja karena kalau berbayar tentunya sudah pada tau, yaitu harus berlangganan tiap bulannya.

Chanel FTA (Free To Air)

Chanel FTA adalah chanel yang gratis tanpa syarat apapun. Artinya chanel ini bisa dinikmati siapapun dengan perangkat parabola yang dimiliki. Receivernya bebas bisa menggunakan receiver apapun asalkan suport sistem audio video yang digunakan.

Receiver dari tv berbayar juga bisa menikmati chanel jenis FTA ini asalkan sistemnya tidak dikunci. Kalau sistemnya dikunci maka chanel FTA tidak bisa terbuka. Misalnya receiver bekas indovision itu tidak bisa membuka chanel FTA karena sistemnya dikunci.

Chanel FTV (Free To View)

Chanel FTV adalah chanel yang bisa dinikmati siapaun tanpa berlangganan. Namun dengan syarat harus menggunakan receiver khusus dari pihak provider siaran FTV tersebut. Siaran FTV tidak bisa dibuka dengan receiver konvensional karena dalam receiver biasa tidak ada STB ID khusus dari provider siaran FTV.

Saat ini sudah mulai ramai dikalangan pengguna parabola tentang siaran FTV ini. Dengan model FTV, pengguna parabola bisa santai menikmati siaran tv premium tanpa repot berlangganan tiap bulannya. Di negara kita ada beberapa provider yang menawarkan model FTV ini seperti matrix garuda, sinema, smv freesat, ninmedia dan lain-lain.

Tentu saja receiver FTV harganya lebih mahal daripada receiver konvensional, namun kebanyakan konsumen tidak keberatan dengan harga yang lebih mahal karena mereka tau juga tentang kelebihannya. Intinya Receiver FTV ada nilai lebih daripada receiver umum.

Umumnya provider FTV mengatakan kalau chanel FTV nya gratis selamanya. Ya memang gratis selamanya. Namun maksud selamanya disini adalah gratis terus selama provider tv tersebut masih mengudara. Jika provider tv tersebut berhenti mengudara tentunya siaran FTV nya juga ikut hilang.

2 Komentar untuk "Definisi Chanel FTA dan FTV di Parabola"

  1. Ok gan! Matur Nuwun Atas Penjelasanya Apa Itu FTA dan Apa Itu FTV Sukses Slalu Buat KREASI PARABOLA & NAJWA TEKNIK SEMARANG amin...........

    BalasHapus
Berkomentar silahkan di kolom ini.

Mohon Tidak Memasukkan Link Aktif dalam Komentar

by ~ Kreasi Parabola

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel