Definisi Chanel FTA dan FTV di Parabola

Kreasi Parabola - Di indonesia, pancaran siaran stasiun tv mayoritas menggunakan antena parabola. Hal ini dikarenakan wilayah indonesia sangat luas, banyak gunung dan bukit sehingga siaran tv jalur UHF tidak mungkin menjangkau semua wilayah.

Dengan antena parabola, maka siaran dapat terjangkau ke semua wilayah indonesia bahkan wilayah terpencil sekalipun karena siaran parabola pancarannya melalui satelit yang sinyalnya mampu menyapu bersih seluruh wilayah indonesia.
Definisi Chanel FTA dan FTV di Parabola


Dalam penyiarannya, chanel-chanel parabola ini menggunakan 2 sistem penyiaran yaitu:
  1. FTA (Gratis bisa di nikmati siapapun)
  2. Pay TV (Berlangganan)

Chanel FTA (Free To Air / Gratis)

Chanel FTA adalah chanel yang gratis tanpa syarat apapun. Artinya chanel ini bisa dinikmati siapapun dengan perangkat parabola apapun. Receivernya bebas bisa menggunakan receiver apapun asalkan suport sistem audio video yang digunakan.

Chanel FTA ini memang segaja di gratisnya oleh stasiun tv yang menyiarkannya. Sistem penyiarannya bebas tanpa diacak, jadi siapapun boleh menikmatinya.


Pay TV (Berlangganan)

Chanel dari provider pay tv adalah chanel yang dipancarkan ke wilayah yang dituju, bisa ditangkap dengan peralatan parabola konvensional, namun chanelnya gelap karena diacak.

Di nama list chanelnya terdapat simbol dolar sebagai tanda kalau chanel tersebut adalah milik pay tv dan berbayar.

Untuk menikmati chanel-chanel milik pay tv ini kebanyakan harus berlangganan bulanan. Namun ada sebagian chanel yang digratiskan oleh pay tv yang bersangkutan. Maksud gratis disini bukan FTA seperti penjelasan diatas melainkan digratiskan khusus kepada pelanggan pay tv yang bersangkutan.

Chanel dari pay tv yang digratiskan khusus kepada pelanggannya disebut chanel FTV (Free To View). Chanel ini bisa dinikmati pelanggannya tanpa berlangganan.

Receiver yang bisa membuka chanel ftv ini hannyalah receiver rekomendasi dari provider pay tv karena didalam receivernya di tanam smartcard untuk megidentifikasi algoritma khusus ke pelanggannya.

Kalau algoritma sudah dikirim oleh provider tvnya dan diterima oleh receiver yang ada smartcardnya, maka chanel langsung cling.

Demikianlah penjelasan mengenai chanel FTA dan FTV dia parabola. Semoga bermanfaat.

Artikel terkait: Inilah Receiver yang menayangkan Chanel MNC Group secara FTV

2 komentar untuk "Definisi Chanel FTA dan FTV di Parabola"

  1. Ok gan! Matur Nuwun Atas Penjelasanya Apa Itu FTA dan Apa Itu FTV Sukses Slalu Buat KREASI PARABOLA & NAJWA TEKNIK SEMARANG amin...........

    BalasHapus

Posting Komentar

Berkomentar silahkan di kolom ini.

Mohon Tidak Memasukkan Link Aktif dalam Komentar

by ~ Kreasi Parabola


Berlangganan via Email