Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Definisi Chanel FTA dan FTV di Parabola

Kreasi Parabola - Di indonesia, transmisi siaran tv dari stasiun puasat ke masyarakat dominan menggunakan antena parabola. Hal ini dikarenakan wilayah indonesia sangat luas, banyak gunung dan bukit sehingga siaran tv jalur UHF tidak mungkin menjangkau semua wilayah.

Dengan antena parabola, maka siaran dapat terjangkau ke semua wilayah indonesia bahkan wilayah terpencil sekalipun karena siaran parabola pancarannya melalui satelit yang sinyalnya mampu menyapu bersih seluruh wilayah indonesia.

Dalam pendistribusiannya ke masyarakat, chanel-chanel dari satelit ini menggunakan 2 sistem penyiaran yaitu:

  1. FTA (Gratis bisa di nikmati siapapun)
  2. Diacak (Biasanya chanel yang diacak adalah chanel dari tv berlangganan)

Chanel FTA di Parabola

Chanel FTA adalah chanel yang gratis tanpa syarat apapun. Artinya chanel ini bisa dinikmati siapapun dengan perangkat parabola apapun. Receivernya bebas bisa menggunakan receiver apapun asalkan suport sistem audio video yang digunakan.

Chanel FTA ini memang segaja di gratisnya oleh stasiun tv yang menyiarkannya. Sistem penyiarannya bebas tanpa diacak, jadi siapapun boleh menikmatinya.

Chanel Acak di Parabola

Chanel yang diterima dari satelit dengan kondisi acak biasanya adalah chanel dari provider tv berbayar. Chanel acak adalah chanel yang gambarnya gelap dan juga suara tidak ada. Biasanya terdapat lambang dolar pada nama chanel tersebut. Chanel ini memang sengaja diacak agar tidak bisa dinikmati oleh sembarang orang.

Contoh Chanel FTV di Parabola

Chanel dari provider tv berlangganan ini terbagi menjadi dua yaitu:

1. Chanel FTV

Chanel FTV adalah chanel dari provider tv berlangganan dengan keadaan acak (ada lambang dolarnya) namun berstatus free tanpa harus membayar bulanan. Free disini bukan free untuk umum melainkan hanya free untuk pengguna tv berlangganan yang bersangkutan.

Biasanya provider tv berlangganan mengeluarkan receiver khusus untuk pelanggannya yang saat ini dikenal dengan receiver rekomendasi. Dengan receiver rekomendasi ini sebagian chanel dari provider tv berlangganan berstatus FTV dan sebagian chanel lagi berstatus berbayar.

2. Chanel Berbayar

Chanel berbayar adalah chanel yang hanya bisa dinikmati dengan syarat pelanggan membayar dengan harga tertentu agar chanel berbayar ini bisa terbuka. Chanel jenis ini biasanya merupakan chanel premium yang berkelas seperti penayang acara sport dan movies. Jika tidak membayar maka chanel berbayar akan gelap.

Didalam receiver rekomendasi ditaman sebuah smartcard id khusus sehingga tidak mungkin keliru antar pelanggan yang berlangganan dan yang tidak berlangganan.

Demikianlah penjelasan mengenai chanel FTA dan FTV dia parabola. Semoga bermanfaat.

2 komentar untuk "Definisi Chanel FTA dan FTV di Parabola"

  1. Ok gan! Matur Nuwun Atas Penjelasanya Apa Itu FTA dan Apa Itu FTV Sukses Slalu Buat KREASI PARABOLA & NAJWA TEKNIK SEMARANG amin...........

    BalasHapus

Berlangganan via Email