Definisi SW / Software / Firmware Pada Receiver Parabola

Definisi SW / Software / Firmware Pada Receiver Parabola - Seperti yang sudah pernah saya jelaskan pada artikel terdahulu, sebuah receiver parabola terdiri dari hardware dan software. Hardware adalah perangakat dalam bentuk fisik yaitu mainboard receiver dan software adalah sesuatu tidak berbentuk fisik yang tertanam dalam receiver.

Para pengguna receiver sering menyebut software ini dengan istilah sw (singkatan software), software, dan firmware. Semuanya benar, tapi termasuk dalam kategori apakah software yang ada pada receiver? Mengingat software itu memiliki arti umum dan masih ada spesifikasi tersendiri dari software ini. Misalnya freeware, shareware, firmware, malware, dan lain-lain.

Software yang ada dalam receiver adalah sebuah perangkat lunak yang tersimpan dalam EEPROM. EEPROM adalah sejenis chip memori tidak terhapus yang yang ada dalam receiver untuk menyimpan sejumlah konfigurasi data pada receiver yang tetap tersimpan walaupun ketika receiver tidak bekerja (posisi mati).

Definisi SW / Software / Firmware Pada Receiver Parabola

Pada software receiver ini konfigurasi-konfigurasi tidak bisa dirubah atau dihapus sub-subnya oleh receiver itu sendiri. Bisanya hanya pengaturan opsinya saja seperti satelit, chanel dan beberapa pengaturan lainnya.

Dari definisi diatas, maka dapat disimpulkan kalau jenis software yang digunakan dalam receiver adalaha firmware. Firmware dalam bahasa indonesia berarti perangkat tegar. Istilah ini mengacu pada firmware yang sejatinya adalah OS yang disimpan pada memori read-only.

Firmware receiver kerjanya mengatur fungsi dasar dari hardware (mainboard) receiver itu sendiri. Tanpa firmware ini, sebuah receiver tidak dapat bekerja. Itu sebabnya sebuah receiver akan mati suri jika firmware nya bermasalah (tidak sesuai dengan hardware atau firmware corrupt).

Belum ada Komentar untuk "Definisi SW / Software / Firmware Pada Receiver Parabola"

Posting Komentar

Berkomentar silahkan di kolom ini.

Mohon Tidak Memasukkan Link Aktif dalam Komentar

by ~ Najwa Tehnik

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel