Fungsi dan Manfaat 22KHz Generator

Daftar Isi

Fungsi dan Manfaat 22KHz Generator - Salah satu komponen pendukung dalam pemasangan antena parabola terutama parabola mini adalah 22k generator. Alat ini berbentuk kotak besi dengan dua buah slot konektor.

Gambar 22khz generator
Gambar 22khz generator

Alat ini bisa di aplikasikan di sembarang parabola sesuai kebutuhan, namun fungsi utamanya untuk memparalel parabola mini frekuensi ku-band. Telebih pada parabola dengan lnb singgel atau lnb dual out.

Lalu bagaimana carakerja, funsi, dan manfaat dari 22k generator ini? kreasi parabola akan membahasnya.

Cara Kerja 22KHz Generator

Dari namanya saja mungkin sudah dapat diketahui kinerja alat ini. 22k generator bekerja menciptakan pulsa 22Khz. Pulsa 22Khz ini murni diciptakan oleh alat ini tanpa perintah dari receiver. Jadi ketika alat ini mendapat tegangan dari receiver, otomatis output yang masuk ke lnb akan mengalir pulsa frekuensi 22k.

Fungsi 22KHz Generator

22k generator ini cenderung digunakan untuk memparalel lnb ku-band singgel atau 2 out. Seperti sudah dibahas dalam artikel terdahulu kalau frekuensi ku-band itu cukup lebar sehingga tidak mampu di cover oleh receiver.

Oleh karena itu frekuensi ku-band dibagi menjadi dua, yaitu frekuensi rendah dan frekuensi tinggi. Kedua frekuensi ini di pisah dengan switch 22k.

Fungsi 22k generator ini adalah mematikan local oscillator frekuensi rendah pada lnb ku-band yang local oscillatornya ada dua. Tentu saja alat ini digunakan jika frekuensi rendah ini tidak ada seperti k vision satelit measat 3a. Jika kita juga membutuhkan frekuensi rendah seperti nex parabola satelit ses 9, maka lnb nya harus dual out.

Sebagai contoh ketika kita memparalel k vision yang ada di satelit measat 3a, masing-masing receiver akan mengirimkan pulsa frekuensi 22k ke lnb. Ketika 2 buah pulsa 22k digabungkan menjadi satu, yang terjadi adalah benturan pulsa yang mengakibatkan lnb menjadi bingung. Alhasil sinyal yang didapat masing-masing receiver akan tarik-tarikan.

Untuk mengatasi sinyal tarik-tarikan ini kita bisa menggunakan 22k generator ini agar lnb tidak bingung karena pulsa 22k akan dikendalikan alat ini.

Manfaat 22KHz Generator

Manfaat dari 22KHz generator ini adalah untuk pemasangan parabola 1 dish atau odu dengan jumlah receiver yang banyak. Misalnya sebuah lnb singgel bisa untuk paralel ke 30 tv atau lebih.

Seperti sudah saya singgung diatas kalau perintah switch dari beberapa receiver akan membingungkan lnb. Agar tidak bingung maka pulsa 22k bisa menggunakan generator ini.

Itulah ulasan mengenai sebuah alat yang disebut 22KHz Generator. Semoga bisa dipahami dan bermanfaat. kalau ada yang kurang jelas bisa ditanyakan di kolom komentar.

6 komentar

Comment Author Avatar
28 Februari Hapus
apakah Generator 22k ini bisa dipake di MS
dimana MS nya tertulis 950 - 2150 MHZ
utk dish Kuband KVISION
krn frek kuband Kvision katanya diatas 10.000 MHz
Comment Author Avatar
28 Februari Hapus
Maaf maksud MS itu apa ya?
MS itu Multi switch
saya juga mengalamai masalah yg sama
Multiswitch saya gak bisa jalan di Parabobala dg Dish Kuband Kvision
dg MS 12 Output
he he.. kl memahami postingan diatas harusnya sudah tau jawabannya. Kl cuma 12 tv saya rasa tanpa multiswitch sudah bisa.Pakai multiswitch makin bagus cz dlm multiswitch ada rangkaian pendorong sinyal

*22k generator susah didapat, tapi banyak tersedia di toko online. harganya berkisar 70rb
Mantul josss gandos, mantul abisss
terima kasih ilmunya gan , sangat bermanfaat sekali, untuk pemula seperti saya.
Sya juga terkendala hal yg sama seperti yg agan jelaskan, setelah menemukan artikel ini, dan saya baca berkali kali akhirnya saya tau kegunaan alat ini, slam sukses selalu
Comment Author Avatar
02 Desember Hapus
Terimakasih