Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Paralel K Vision Garmedia Ku-Band Parabola Mini

Cara Paralel K Vision Garmedia Ku-Band Parabola Mini - Memparalel parabola mini frekuensi ku-band hampir sama dengan memparalel parabola besar frekuensi c-band. Hanya saja ada sedikit perbedaan sesuai jumlah receiver yang digunakan.

Penyebab perbedaan yang menonjol adalah umumnya parabola mini menggunnakan 1 lnb saja sedangkan parabola besar seringnya menggunakan lebih dari 1 lnb.

Apalagi berbicara tentang k-vision frekuensi ku-band yang hanya menggunakan 1 polaritas saja yaitu polaritas horisontal. Ini menjadikan paralel semakin simpel terlebih jika digunakan untuk banyak tv.

Paralel 2 TV

Untuk memparalel k-vision parabola mini adalah menggunakan lnb ku-band dual out. Satu out disambungkan ke satu receiver dan out satunya lagi disambungkan ke receiver yang satunya.

Berikut gambar paralel 2 tv menggunakan lnb dual out:

LNb 2 Receiver

Paralel 3 Atau 4 TV

Untuk memparalel ke 3 atau 4 tv, dibutuhkan lnb ku-band 4 out. Satu out disambungkan ke satu receiver. Jika hanya paralel ke 3 tv saja, maka ada  satu out lnb yang tidak terpakai.

Berikut gambarnya:

Memparalel ku-band untuk 4 tv

Paralel Ke 5 TV Sampai 8 TV

Cara memparalel k-vision ku-band ke 5 sampai 8 tv caranya sama seperti diatas. Hanya saja lnb yang digunakan adalah lnb ku-band 8 out.

Masing-masing out tidak akan saling mengganggu baik jika hanya digunakan 1 atau 2 out saja. Dan jika digunakan semua outnya, antara 1 receiver dengan receiver lainnya tidak saling mengganggu.

Paralel Ke Lebih Dari 8 TV

Khusus untuk memparalel ke lebih dari 8 tv ada cara khusus yang digunakan. Yaitu lnb nya tidak menggunakan out yang banyak melainkan menggunakan lnb singgel out saja.

Sebenarnya memparalel 2 tv atau lebih seperti yang sudah disebutkan diatas bisa saja menggunakan cara ini. Namun Karena dipasaran sudah ada lnb dual out, 4 out, dan 8 out, maka cara paralel diatas tetap saya sarankan.

Terlebih untuk paralel 2 sampai 4 tv tentunya lebih hemat dengan cara diatas. Kecuali untuk yang 5 sampai 8 tv sepertinya biaya lebih murah dengan cara yang terakhir ini.

Peralatan Yang Dibutuhkan

Untuk cara yang terakhir ini kita membutuhkan peralatan sebagai berikut:
  1. Lnb Ku-Band Single Out
  2. 22KHz Generator
  3. Divider / Spliter (jumlah sesuai kebuuhan tv)
  4. Multi Switch (Khusu untuk paralel diatas 15 tv)
Demikianlah artikel tentang cara memparalel parabola k-vision atau gol garmedia frekuensi ku-band dengan lnb singgel beserta teorinya. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Paralel K Vision Garmedia Ku-Band Parabola Mini"


Berlangganan via Email