Cara Paralel K Vision Gol Garmedia Ku-Band Untuk 2 TV

Cara Paralel K Vision Gol Garmedia Ku-Band Untuk 2 TV - Pemasangan parabola mini paralel 2 tv hampir sama dengan pemasangan parabola mini 1 tv. Hanya saja lnb yang digunakan adalah lnb dual out. Dari 2 out lnb ini, 1 out masuk ke 1 receiver dan 1 out lagi masuk ke receiver yang satunya lagi. Berikut gambarnya:

LNb 2 Receiver

Chanel-chanel k vision frekuensi ku-band dipancarkan melalui satelit measat 3a. Dari 2 frekuensi yang digunakan, semua menggunakan polaritas horisontal. Berarti ada peluang menggunakan lnb singgel untuk 2 receive karena kedua receiver pastilah hanya meminta polaritas horisontal saja.

Namun pemasangan menggunakan lnb singgel out sebaiknya hanya kita lakukan apabila kita menghadapi situasi berikut ini:
  1. Parabola sudah ada dengan 1 tv dan kita akan menambah 1 tv lagi. Disini kita bisa tetap memanfaatkan lnb singgel yang sudah ada tanpa harus mengganti lnb
  2. Untuk pemasangan baru namun kondisinya kita kehabisan lnb dual out. Disini kita bisa menggunakan lnb singgel out saja

Apakah menggunakan lnb singgel out cepat merusak receiver?

Jawabannya tentu tidak karena sebenarnya lnb dual out atau 4 out atau 8 out itu juga menggabungkan arus receiver jadi satu, hanya saja penggabungannya didalam lnb. Jadi didalam lnb arus digabungkan menjadi satu denggunakan dioda.


Saya sudah pernah membedah lnb ku-band 4 out dan saya muat dalam bentuk video. Ini dia videonya:


Umumnya dalam memparalel lnb singgel out menggunakan splitter untuk mencabang ke beberapa receiver. Namun splitter kurang kompatibel untuk mencabang lnb singgel out jika dipasang pada k vision ku-band.

Ini karena k vision ku-band menggunakan local oscillator high dimana dalam lnb ku-band antara frekuensi high dan low dipisah dengan pulsa 22k.

Baca juga: Sistem Kerja LNB Ku-Band

Jika menggunakan splitter, splitter ini akan mengurangi kekuatan pulsa 22k sehingga mudah terjadi saling tarik-tarikan sinyal (karena saling berebut menguasai L.O high).

Mencabang lnb ku-band singgel paling efektif

Untuk mencabang 1 out lnb ku-band ke 2 receiver, cara paling aman adalah menggunakan alat ini:

Cabang 2 receiver

Harganya murah dan mudah didapat. Cara pemasangannya terserah anda karena dari masing-masing slot memiliki kukuatan yang sama (didalamnya hanya dijumper). Intinya 1 slot disambungkan ke lnb dan 2 slot lainnya disambungkan ke receiver.


Apakah aman tanpa dioda?

Memang benar untuk menggabungkan 2 arus menjadi satu harus menggunakan dioada penyearah. Sedangkan alat yang digunakan hanya berisi jumper tanpa dioda.

Walaupun alat diatas tidak menggunakan dioda, namun sebenarnya didalam receiver baik kavision bromo, k vision cartenz, dan gol garmedia sudah ada diodanya. Lihatlah gambar berikut ini:

Dida dalam receiver

Jadi paralel 2 receiver dengan lnb singgel ku-band bisa dilakukan dengan catatan kita menghadapi salah satu keadaan yang sudah tersebut diatas. Kalau pemasangan baru dan lnb dual out tersedia, tentunya harus pakai lnb dual out karena lebih aman dari tarik-tarikan sinyal.

Dan juga antara lnb singgel dan lnb dual out harganya terpaut sedikit.Cara ini juga hanya untuk 2 receiver saja. Untuk 3 atau 4 receiver tidak saya rekomendasikan.

Demikianlah artikel tentang cara memparalel parabola k-vision atau gol garmedia frekuensi ku-band dengan lnb singgel beserta teorinya. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar untuk "Cara Paralel K Vision Gol Garmedia Ku-Band Untuk 2 TV"


Berlangganan via Email