Cara Paralel K Vision atau GOL Garmedia Ku-Band Parabola Mini

Cara Paralel K Vision atau GOL Garmedia Ku-Band Parabola Mini - Memparalel parabola mini frekuensi ku-band hampir sama dengan memparalel parabola besar frekuensi c-band. Hanya saja ada sedikit perbedaan sesuai jumlah receiver yang digunakan.

Penyebab perbedaan yang menonjol adalah umumnya parabola mini menggunnakan 1 lnb saja sedangkan parabola besar seringnya menggunakan lebih dari 1 lnb.

Apalagi berbicara tentang k-vision frekuensi ku-band yang hanya menggunakan 1 polaritas saja yaitu polaritas horisontal. Ini menjadikan paralel semakin simpel terlebih jika digunakan untuk banyak tv.

Paralel 2 TV

Untuk memparalel k-vision parabola mini adalah menggunakan lnb ku-band dual out. Satu out disambungkan ke satu receiver dan out satunya lagi disambungkan ke receiver yang satunya.

Berikut gambar paralel 2 tv menggunakan lnb dual out:

Paralel K-Vision 2 Receiver
Paralel K-Vision 2 Receiver

Paralel 3 Atau 4 TV

Untuk memparalel ke 3 atau 4 tv, dibutuhkan lnb ku-band 4 out. Satu out disambungkan ke satu receiver. Jika hanya paralel ke 3 tv saja, maka ada satu out lnb yang tidak terpakai.

Berikut gambarnya:

Paralel K-Vision 4 Receiver
Paralel K-Vision 4 Receiver

Paralel Ke 5 TV Sampai 8 TV

Cara memparalel k-vision ku-band ke 5 sampai 8 tv caranya sama seperti diatas. Hanya saja lnb yang digunakan adalah lnb ku-band 8 out.

Masing-masing out tidak akan saling mengganggu baik jika hanya digunakan 1 atau 2 out saja. Dan jika digunakan semua outnya, antara 1 receiver dengan receiver lainnya tidak saling mengganggu.

Paralel Ke Lebih Dari 8 TV

Khusus untuk memparalel ke lebih dari 8 tv ada cara khusus yang digunakan. Yaitu lnb nya tidak menggunakan out yang banyak melainkan menggunakan lnb singgel out saja.

Sebenarnya memparalel 2 tv atau lebih seperti yang sudah disebutkan diatas bisa saja menggunakan cara ini. Namun Karena dipasaran sudah ada lnb dual out, 4 out, dan 8 out, maka cara paralel diatas tetap saya sarankan.

Terlebih untuk paralel 2 sampai 4 tv tentunya lebih hemat dengan cara diatas. Kecuali untuk yang 5 sampai 8 tv sepertinya biaya lebih murah dengan cara yang terakhir ini.

Peralatan Yang Dibutuhkan

Untuk cara yang terakhir ini kita membutuhkan peralatan sebagai berikut:

  1. Lnb Ku-Band Single Out
  2. 22KHz Generator
  3. Divider / Spliter (jumlah sesuai kebuuhan tv)
  4. Multi Switch (Khusus untuk paralel diatas 15 tv)

Demikianlah artikel tentang cara memparalel parabola k-vision atau gol garmedia frekuensi ku-band dengan lnb singgel beserta teorinya. Semoga bermanfaat.

7 komentar untuk "Cara Paralel K Vision atau GOL Garmedia Ku-Band Parabola Mini"

Comment Author Avatar
Saya pakai lnb ku band dual output, siarannya menjadi cekat cekot. Kalo 1 receiver dilepas kabel ke lnb, siarannya normal lagi
Comment Author Avatar
Kemungkinan lnb nya bermasalah itu. Harusnya antara 1 out dengan out lainnya tidak saling mengganggu
Comment Author Avatar
Sy pernah juga, pakai lnb dual out matrix, klo dinyalain bareng cekot2, ganti lnb cling
Comment Author Avatar
Saya pakai lnb 2 output.
Yang satu bagus yang satu
Comment Author Avatar
Mungkin lnb nya yg rusak sebelah
Comment Author Avatar
Saya pakai lnb 2 out tp 1 out rusak....apakah 1 out nya bisa utk 2 reciver?....
Pakai apa?
Comment Author Avatar
Bisa tapi salah satu harus dinyalakan nonstop