Cara Paralel K Vision atau GOL Garmedia Ku-Band Parabola Mini

Daftar Isi

Cara Paralel K Vision atau GOL Garmedia Ku-Band Parabola Mini - Memparalel parabola mini frekuensi ku-band hampir sama dengan memparalel parabola besar frekuensi c-band. Hanya saja ada sedikit perbedaan sesuai jumlah receiver yang digunakan.

Penyebab perbedaan yang menonjol adalah umumnya parabola mini menggunnakan 1 lnb saja sedangkan parabola besar seringnya menggunakan lebih dari 1 lnb.

Apalagi berbicara tentang k-vision frekuensi ku-band yang hanya menggunakan 1 polaritas saja yaitu polaritas horisontal. Ini menjadikan paralel semakin simpel terlebih jika digunakan untuk banyak tv.

Paralel 2 TV

Untuk memparalel k-vision parabola mini adalah menggunakan lnb ku-band dual out. Satu out disambungkan ke satu receiver dan out satunya lagi disambungkan ke receiver yang satunya.

Berikut gambar paralel 2 tv menggunakan lnb dual out:

Paralel K-Vision 2 Receiver
Paralel K-Vision 2 Receiver

Paralel 3 Atau 4 TV

Untuk memparalel ke 3 atau 4 tv, dibutuhkan lnb ku-band 4 out. Satu out disambungkan ke satu receiver. Jika hanya paralel ke 3 tv saja, maka ada satu out lnb yang tidak terpakai.

Berikut gambarnya:

Paralel K-Vision 4 Receiver
Paralel K-Vision 4 Receiver

Paralel Ke 5 TV Sampai 8 TV

Cara memparalel k-vision ku-band ke 5 sampai 8 tv caranya sama seperti diatas. Hanya saja lnb yang digunakan adalah lnb ku-band 8 out.

Masing-masing out tidak akan saling mengganggu baik jika hanya digunakan 1 atau 2 out saja. Dan jika digunakan semua outnya, antara 1 receiver dengan receiver lainnya tidak saling mengganggu.

Paralel Ke Lebih Dari 8 TV

Khusus untuk memparalel ke lebih dari 8 tv ada cara khusus yang digunakan. Yaitu lnb nya tidak menggunakan out yang banyak melainkan menggunakan lnb singgel out saja.

Sebenarnya memparalel 2 tv atau lebih seperti yang sudah disebutkan diatas bisa saja menggunakan cara ini. Namun Karena dipasaran sudah ada lnb dual out, 4 out, dan 8 out, maka cara paralel diatas tetap saya sarankan.

Terlebih untuk paralel 2 sampai 4 tv tentunya lebih hemat dengan cara diatas. Kecuali untuk yang 5 sampai 8 tv sepertinya biaya lebih murah dengan cara yang terakhir ini.

Peralatan Yang Dibutuhkan

Untuk cara yang terakhir ini kita membutuhkan peralatan sebagai berikut:

  1. Lnb Ku-Band Single Out
  2. 22KHz Generator
  3. Divider / Spliter (jumlah sesuai kebuuhan tv)
  4. Multi Switch (Khusus untuk paralel diatas 15 tv)

Demikianlah artikel tentang cara memparalel parabola k-vision atau gol garmedia frekuensi ku-band dengan lnb singgel beserta teorinya. Semoga bermanfaat.

7 komentar

Saya pakai lnb ku band dual output, siarannya menjadi cekat cekot. Kalo 1 receiver dilepas kabel ke lnb, siarannya normal lagi
Kemungkinan lnb nya bermasalah itu. Harusnya antara 1 out dengan out lainnya tidak saling mengganggu
Sy pernah juga, pakai lnb dual out matrix, klo dinyalain bareng cekot2, ganti lnb cling
Saya pakai lnb 2 output.
Yang satu bagus yang satu
Mungkin lnb nya yg rusak sebelah
Saya pakai lnb 2 out tp 1 out rusak....apakah 1 out nya bisa utk 2 reciver?....
Pakai apa?
Bisa tapi salah satu harus dinyalakan nonstop