Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbaikan Satfinder Freesat V8 Yang Susah Hidup

Perbaikan Satfinder Freesat V8 Yang Susah Hidup - Alat pantau sinyal saat tracking yang paling cepat, mudah dan akurat adalah receiver mpeg2. Sayangnya receiver mpeg2 tidak suport dvb-s2 sehingga tidak bisa untuk mentracking parabola mini karena semua transmisinya menggunakan dvb-s2.

Untuk mentracking parabola mini harus menggunakan receiver mpeg4/hd. Bisa menggunakan receiver yang bisa menampilkan prosentase info sinyal pada displai panel depan saat dipencet info atau menggunakan satfinder.

Saat pertama kali parabola mini booming yaitu mulai dikenalnya ninmedia, terpaksa saya membeli satfinder untuk memudahkan tracking. Kala itu belum banyak varian satfinder dan yang harganya bersahabat adalah satfinder freesat v8.

Satfinder Freesat V8

Saya membelinya dari china karena di indonesia belum banyak beredar. Waktu itu harganya sekitar 800 ribu. Cukup murah mengingat satfinder ini memiliki fitur lengkap yaitu ada baterai dan layar lcd.


Akhir-akhir ini satfinder saya mengalami masalah yaitu susah untuk dihidupkan. Padahal baterai masih bagus. Untuk menghidupkannya harus di ketuk-ketuk bahkan berkali-kali diketuk tidak mau hidup juga.

Saya pikir sambungan kabelnya ada yang renggang mengingat sudah dipakai beberapa tahun. Saya bongkar dan saya cek, ternyata tidak ada kabel atau soket kabel yang bermasalah.

Saya tester jalur-jalurnya dan ternyata yang soak adalah switch on-off. Mengingat switnya kecil dan mungkin susah mencari penggantinya, akhirnya saya bongkar saja switchnya.

Berikut proses perbaikannya:
  1. Buka semua baut satfinder
  2. Buka perlahan boxnya
  3. Lepas semua kabel soketnya
  4. Lepaskan switch on-off nya dari box
  5. Bongkar switchnya

    Pembongkaran switch Freesat V8

  6. Berishkan pin saklar yang ternyata gosong dan menghitam karena memang bahannya bukan yang berkualitas bagus sehingga terjadi gosong

    Pembersihan switch Freesat V8

  7. Kalau ada, lumuri dengan oli agar lebih awet
  8. Pasang lagi switchnya dan tutup seperti sebelumnya
  9. Satfinder sudah lancar lagi


Satfinder freesat v8 ini tergolong awet asalkan tidak ceroboh dalam menggunakannya. Kebanyakan kerusakan terjadi karena jatuh dari atas atau posisi menyala langsung disambungkan ke lnb.

Demikianlah artikel tentang perbaikan satfinder freesat v8 yang susah untuk dihidupkan. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Perbaikan Satfinder Freesat V8 Yang Susah Hidup"

Berlangganan via Email