Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Usia Satelit Palapa D Hampir Habis, Penggantinya Gagal Orbit

Satelit Nusantara 2 Gagal Orbit

Usia Satelit Palapa D Hampir Habis, Penggantinya Malah Gagal Orbit - Rata-rata umur atau usia satelit yang normal adalah 15 tahun. Ini mengacu pada kemampuan bertahan komponen dan bahan bakar yang dibawa oleh satelit tersebut ketika berada di orbit.

Namun satelit palapa d yang berorbit di posisi 113.0° bujur timur memiliki umur yang berbeda. Satelit ini hanya memiliki umur sekitar 10 tahun saja. Kenapa bisa berbeda? Apa penyebabnya? pada artikel ini akan sedikit membahasnya.

Penyebab Umur Satelit Palapa D Hanya 10 Tahun

Memang benar perkiraan usia satelit palapa d hanya sekitar 10 tahun. Hal ini terjadi karena waktu peluncuran terjadi kendala yaitu roket yang mengangkut satelit palapa d tidak mencapai orbit yang ditentukan.

Sehingga untuk sampai ke titik orbit, satelit palapa d harus menggunakan bahan bakar yang dibawanya sendiri yang seharusnya bahan bakar ini untuk bertahan di orbit selama 15 tahun.

Akibatnya bahan bakar satelit palapa d terkuras banyak. Sisa bahan bakar yang ada dipekirakan hanya mampu bertahan sekitar 10 tahun.

Penggunaan Bahan Bakar Satelit

Seperti yang kita tau bahwa di angkasa tempat satelit berada terkadang terjadi anomali. Yaitu kondisi dimana tingkat kepadatan ruang yang berubah sehingga satelit perlu menyesuaikan diri agar posisinya tidak bergeser.

Bahan bakar satelit digunakan untuk menggerakkan satelit ketika terjadi anomali tersebut yang pengoperasiannya di kendalikan oleh satsiun di bumi.

Pengganti Satelit Palapa D

Pengganti satelit palapa d sudah di persiapkan yaitu satelit nusantara 2. Sayangnya satelit ini gagal mengorbit. Alhasil satelit palapa d umurnya hampir habis, namun penggantinya belum ada.

Ini merupakan ancaman bagi pengguna satelit palapa d karena untuk meluncurkan ulang satelit pengganti butuh waktu lebih dari 2 tahun.

Nasibnya sama seperti satelit telkom 1 dimana penggantinya juga gagal mengorbit. Seharusnya satelit telkom 1 berhenti beroperasi tahun 2014. Karena penggantinya gagal mengorbit, maka satelit telkom 1 dipaksakan beroperasi sampai sekitar pertengahan tahun 2017 satelit ini hilang kendali.

Nasib Chanel TV Yang Mengudara di Satelit Palapa D

Kalau nantinya satelit palapa d tiba-tiba hilang seperti kasusnyasatelit telkom 1, kemungkinan besar siaran tv yang ada di satelit palapa d dipindahkan sementara ke satelit sebelahnya. Bisa ke satelit telkom 4, atau satelit telokm 3s, atau satelit nusantara 1.

Kemungkinan terbesar dipindahkan ke satelit telkom 4 yang berada di 108.2° bujur timur mengingat satelit ini cenderung digunakan untuk layanan tv satelit.

Manfaat Untuk Teknisi Parabola

Kalau nanti tiba-tiba satelit palapa d hancur, otomatis siarannya akan hilang. Kalau siaran tv dipindahkan ke satelit telkom 4, maka keberuntungan teknisi tak sebaik waktu telkom 1 hancur dulu.

Ini karena satelit telkom 4 sudah terlock di mayoritas pengguna parabola. Alhasil tidak banyak job tracking ulang melainkan hanya job scan ulang saja. Sebagian kecil konsumen sudah bisa menscan ulang.

Kita tunggu saja perkembangannya. Demikianlah artikel tentang satelit palapa d dan penggantinya. Semoga bermanfaat.

2 komentar untuk "Usia Satelit Palapa D Hampir Habis, Penggantinya Gagal Orbit"

  1. Satelit bahanbakarnya Bukannya pakai solarcell ya? Kalo udah stop operasi, jadi sampah antariksa dong ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Solarsel digunakan untuk catudaya rangkaian elektronik transponder. Satelit juga dilengkapi semacam semburan dari bahan bakar agar satelit tetap diposisinya, tapi tidak terus-menerus melainkan hanya kalau dibutuhkan saja

      Hapus

Berlangganan via Email