Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Parabola Besar Jaring dan Parabola Mini Yang Perlu Diketahui

Perbedaan Parabola Besar Jaring dan Parabola MiniYang Perlu Diketahui - Saat ini parabola yang ditawarkan ke konsumen ada dua jenis yaitu parabola besar jaring dan parabola mini. Mungkin hal ini membingungkan bagi yang sedang mencari antena parabola.

Terlebih selisih harga antara parabola besar jaring dan parabola mini cukup signifikan. Sebenarnya antara parabola besar jaring dan parabola mini bukan hanya selisih harga yang berbeda, namun spek dan kemampuan juga berbeda.

Perbedaan Parabola Besar dan Parabola Mini

Parabola Besar Jaring

Parabola besar adalah parabola yang berdiameter 6 feet (1,8 meter) atau lebih. Yang banyak beredar berbentuk jaring kasa. Walaupun banyak juga yang berbentuk solid (plat) namun kurang diminati karena terlalu berat dan mudah rusak pada mountingnya.

Parabola besar ditujukan untuk menangkap sinyal satelit berfrekuensi c-band. Bisa juga untuk menangkap frekuensi ku-band namun sinyal tidak terlalu besar.

Parabola besar tahan segala cuaca baik panas, mendung, dan hujan. Ini bukan karena diameternya yang besar melainkan karena yang ditangkap adalah frekuensi c-band yang bandel di segala cuaca. Kalau dipasang lnb ku-band sinyalnya tetap hilang kalau kena hujan.

Parabola Mini

Parabola mini adalah parabola berukuran kecil berbentuk solid (plat). Diameternya sekitar 45 cm sampai 100 cm. Ditujukanuntuk menangkap satelit berfrekuensi ku-band.

Parabola mini pemasangannya selalu condong (miring). Ini karena memang di desain dengan posisi offset. Tujuannya agar cekungan dish tidak tergenang air saat terkena hujan.

Parabola mini tidak tahan cuaca. Jika ada mendung tebal pekat sinyal langsung ngedrop. Kalau hujan turun lebat sinyalnya langsung hilang sesaat. Kalau hujan standar (tidak terlalu lebat) sinyal ada tapi tidak sebesar kalau cuaca tidak hujan.

Perbedaan Parabola Besar dan Parabola Mini

A. Perbedaan Harga

Parabola Besar harganya lebih mahal daripadan parabola mini. Penyebabnya ada 3 yaitu:
  1. Dish lebih mahal. Ini karena bahan pembuatan parabola besar lebih banyak daripada dish mini
  2. LNB lebih mahal. Harga lnb c0band lebih mahal daripada lnb ku-band
  3. Jasa instalasi parabola besar lebih mahal karena pemasangan lebih sulit

B. Perbedaan Gangguan Cuaca

Parabola besar tahan cuaca. Sedangkan parabola mini tidak tahan cuaca. Ini karena parabola besar menangkap sinyal c-band dan parabola mini menangkap sinyal ku-band.

Baru-baru ini mulai beredar parabola mini ukuran jumbo yang digunakan untuk menangkap sinyal c-band agar parabola mini tahan cuaca. Namun belum familiar karena masih dalam tahap ujicoba.

C. Perbedaan instalasi

Proses instalasi parabola besr lebih lama daripada parabola mini. Ini karena parabola besar harus dirakit dulu. Pemasang pipa tiang parabola juga harus lebih kuat karena bebannya berat. Lnb juga harus dirakit ke scalaringnya dengan jarak yang sesuai.

Lokasi pemasangan antara parabola besar dan parabola mini juga berbeda. Parabola besar cenderung memakan banyak tempat karena diameternya yang besar. Kalu parabola mini sangat fleksibel dan ramping mudah di taruh dimana saja

Namun untuk rumah di pedesaan pemasangan parabola besar lebih mudah daripada parabola mini. Ini karena parabola besar tiangnya panjang sehingga bisa ditempelkan di dinding rumah dan menembus genteng sehingga posisi parabola ada di atas genteng.

Sedangkan parabola mini pipa penyangga parabola sangat pendek dan bengkok sehingga agak sulit kalau atap rumah terdiri dari genteng semua.

Demikianlah artikel tentang perbedaan parabola besar jaring dan parabola mini. Semoga bisa menambah wawasan bagi yang sedang mencari parabola. Sampai jumpa pada artikel lainnya.

Berlangganan via Email