Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Atasi Nex Parabola Gambar Macet-macet Sinyal Sudah Besar

Kreasi Parabola - Ada beberapa rekan yang inbox ke saya dengan keluhan gambar macet-macet di receiver nex parabola parabola mini ku-band padahal sinyalnya sudah besar.

Karena belum mengalami, saya hanya menyarankan mengganti lnb ku-bannya. Walaupun bisa sembuh, namun bagaimana dengan nasib lnb yang bikin macet-macet tadi? Kasihan ya lnb nya.

Penyebab Gambar Macet-macet

Gambar macet-macet hanya terjadi pada siaran chanel pada frekuensi 11921 saja. Penyebabnya karena frekuensi ini adalah frekuensi ku-band high dimana untuk menerima frekuensi ini switch 22k harus on.

Seperti kita ketahui bahwa nex parabola ku-band mengudara di satelit ses 9 dengan 3 transponder yaitu frekuensi 11921 V 45000, 11101 V 45000, dan 11024 V 15675.

Frekuensi ku-band dibagi menjadi dua bagian yaitu ku-band frekuensi rendah dan ku-band frekuensi tinggi dengan local oscillator yang berbeda. Kedua local oscillator ini dipisahkan dengan switch 22k.


Dari 3 frekuensinya nex parabola, frekuensi 11921 masuk di frekuensi high dan frekuensi 11101/11024 masuk di frekuensi low. Artinya ketika receiver menyala di chanel frekuensi 11921 maka 22k akan on dan ketika receiver menyala di frekuensi 11101 dan 11024 maka 22k akan off.

Lnb keluaran sekarang komponennya tak sebagus lnb keluaran dulu. Ini karena untuk menekan biaya produksi dimana penjualan akan lebih laris kalau harganya murah.

Akibatnya input 22k untuk mengalihkan ke local oscillator high kurang peka sehingga perpindahan tidak maksimal 100%. Hal inilah yang membuat gambar menjadi macet-macet.

Cara mengatasi Gambar Macet-macet

Dari keluhan yang ada, semua mengerucut pada sebuah lnb buatan matrix yang baru (bukan yang lama). Pada lnb matrix ini disertakan juga sebuah tambahan berupa benda besi bulat yang ujung-ujungnya berbentuk konektor mala dan female.

Komponen tambahan Lnb Matrix

Jujur saya sudah banyak memasang lnb ini dan besi bulatnya tidak saya pasang. Hasilnya normal saja dan baru sekali ini saya mendapati gambar macet-macet.

Setelah benda tersebut saya pasang hasilnya jadi normal. Berarti benda ini bermanfaat yaitu untuk menstabilkan kekuatan pulsa 22khz.

Benda ini bisa dipasang di lnb atau di bagian receiver. Namun lebih baik di lnb saja karena lost pulsa pada jalur kabel bisa teratasi dengan alat ini.

Pemasangan Komponen tambahan lnb matrix ku-band

Kesimpulan

  • Lnb ku-band matrix jenis ini bukan sebuah lnb yang gagal produk karena dalam sud lnb sudah disertakan alat tambahan
  • Jika alat tambahan tidak dipasang, tidak semua lnb ini mengalami gambar macet-macet melainkan hanya beberapa saja
  • Lebih baik alat tambahan ini dipasang saja walaupun tanpa dipasang gambarnya tetap normal karena alat ini sudah bawaan
Demikianlah artikel tentang mengatasi gambar macet-macet pada pemasangan parabola mini nex parabola ku-band. semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Atasi Nex Parabola Gambar Macet-macet Sinyal Sudah Besar"

Berlangganan via Email