Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengarahkan Parabola Dari Satelit Palapa D Ke Satelit Telkom 4

Kreasi Parabola - Bagi yang belum mendapat siaran satelit telkom 4, segera arahkan parabola anda ke satelit telkom 4 karena satu persatu siaran satelit palapa d hilang hingga akhirnya nanti hilang semuanya.

Untuk mengarahkan parabola dari satelit palapa d ke satelit telkom 4 cukup mudah. Yaitu parabola sedikit digeser lurus ke barat karena satelit telkom 4 posisinya berorbit di sebelah baratnya satelit palapa d.


Bagi yang ingin mengarahkan sendiri parabola ke satelit telkom 4 bisa mengikuti langkah-langkah yang dijabarkan pada artikel ini.

Membuat Transponder Baru Pada Receiver

Mungkin bagi pemula kurang paham tentang pengaturan satelit pada menu receiver. Oleh karena itu, pembuatan transponder baru jangan di satelit lain melainkan disatelit palapa d.

Tujuannya agar tidak terjadi miss switch yang mengakibatkan receiver tidak tersambung ke lnb yang aktif. Kalau pembuatan transponder di satelit palapa d, dapat dipastikan receiver akan tersambung ke lnb yang aktif.

Transponder yang dibuat silahkan menggunakan transponder dengan sinyal terkuat. Untuk satelit telkom 4 transponder sinyal terkuatnya adalah chanel rtv dengan frekuensi transponder:
  • Frekuensi       : 3949
  • SymbolRate   : 4333
  • Polatitas         : Vertikal
Untuk receiver mpeg2 tidak perlu membuat transponder baru melainkan cukup merubah parameter transponder pada chanel yang sudah ada. Ini karena pada receiver mpeg2 tidak ada menu list transponder shingga lebih mudah mengedit parameter padal salah satu chanel.

Caranya pada posisi salah satu chanel silahkan edit frekuensi, symbolrate, dan polaritasnya. Misalnya pada receiver matrix mpeg2, silahkan pencet menu, kemudian turun ke pengaturan program, kemudian pencet ok, kemudian turun ke pengaturan param, kemudian pencet ok. Maka akan muncul tampilan seperti ini:

Mengarahkan Parabola Dari Satelit Palapa D Ke Satelit Telkom 4

Setelah di edit silahkan pencet ok untuk menyimpan. Jika menunya seperti menu receiver venus, maka mengeditnya bisa pencet ok, kemudian pencet angkan 4 pada remot untuk masuk ke edit transponder.

Rubah frekuensi, symbolrate, da polaritas sesuai parameter chanel rtv yang sateli telkom 4. Kemudian turun ke simpan dan pencet ok.

Untuk receiver mpeg4 atau hd bisa masuk langsung ke list transpondernya satelit palapa d. Kemudian bisa tambah transponder sesuai parameternya chanel rtv satelit telkom 4.

Mengendorkan baut-baut

Ini yang agak susuah jika baut-baut parabolanya sudah karatan. Usahakan baut-bautnya bisa dikendorkan yang intinya parabola bisa digeser ke barat dengan mudah. Berikut gambar baut-baut yang harus dikendorkan:

Mengarahkan Parabola Dari Satelit Palapa D Ke Satelit Telkom 4

Memantau Pergerakan Sinyal

Setelah baut dikendorkan sampai dish parabola bisa bergeser ke barat, maka kita tinggal menggesernya saja. Jangan lupa posisikan receiver pada chanel yang suda di edit transpondernya tadi.

Untuk receiver mpeg2 cukup pencet info pada remot dan displai panel depan akan berubah menjadi prosentase sinyal sehingga tracking tidak perlu menggunakan monitor tv.

Sedangkan untuk receiver mpeg4 atau hd usahakan menggunakan tv yang bisa dilihat langsung saat tracking karena kita harus bisa melihat pergerakan sinyal. Posisikan receiver pada transponder yang dibuat tadi.

Bagi pemula baik menggunakan receiver mpeg2, mpeg4, atau hd lebih baik menggunakan tv sebagai monitor agar lebih mudah dalam memantau pergerakan sinyal.

Mengarahkan Parabola

Geser pelan-pelan parabolanya ke arah barat sambil memantau sinyal. Kalau menggesernya kurus ke barat, dipastikan sinyal akan muncul.

Jika sinyal tidak muncuk, kemungkinan besar menggesernya kurang tepat ke arah barat. Kembalikan parabola ke posisi semula. Kemudian parabola sedikit dicondongkan ke utara. Kemudian geser lagi ke barat.

Jika belum muncul juga, kembalikan parabola ke posisi semula. Sekarang coba condongkan sedikit parabola ke selatan. Kemudian geser lahi ke barat.

Kalau sudah pas, pasti nyalnya muncul. Kalau sudah muncul, Maksimalkan sinya sebesar-besarnya. Kemudian kencangkan baut-bautnya agar tidak mudah bergeser.

Setelah selesai, silahkan scan ulang receivernya. Pasti chanel satelit telkom 4 akan masuk semua. Sebelum di scan sebaiknya hapus semua chanel yang ada agar semua chanel yang ada adalah chanel terbaru.

Lebih jelasnya tentang engarahkan parabola dari satelit palapa d ke satelit telkom 4 ini bisa anda simak dalam video berikut:


Demikianlah artikel tentang cara mengarahkan parabola yang tadinya terlock satelit palapa d menjadi terlock satelit telkom 4. semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Mengarahkan Parabola Dari Satelit Palapa D Ke Satelit Telkom 4"

Berlangganan via Email