Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Receiver Nex Parabola Mati Total

Cara Mengatasi Receiver Nex Parabola Mati Total - Provider tv berlangganan nex parabola saat ini memang sedang naik daun. Meski umurnya masih sangat belia namun peminatnya luar biasa banyak. Dua hal yang menyebabkan melejitnya provider tv berlangganan yang satu ini yaitu karena gambarnya nyaman ditonton dan banyak siaran ftvnya.

Dari sekian banyak receiver yang terjual, beberapa diantaranya ada yang mengalami kerusakan mati total. Yaitu kondisi dimana receiver tidak menyala sama sekali baik displai lampu depan maupun gambarnya. Maklum saja harga receive nex parabola cukup murah. Komponennya tentu saja menggunakan mutu yang standar.

Penyebab Receiver Mati Total

Penyebab receiver nex parabola mati total adalah karena regulator atau suplai catu dayanya rusak. Perlu diketahui bahwa receiver ini menggunakan dua blok mesin yaitu catu daya dan mainboard.

Berikut gambarnya:

Regulator Nex Parabola

Yang rusak adalah blok bagian kiri pada gambar diatas. Blok ini bekerja merubah tegangan listrik ac 220 volt menjadi tegangan dc yang terdiri dari tegangan 5 volt, 15 volt, dan 20 volt.

3 tegangan ini dibutuhkan mainboard untuk bekerja. Jika tegangan ini tidak ada, maka mainboard tidak dapat bekerja sehingga receiver menjadi mati total.

Mengatasi Receiver Nex Parabola Mati Total

Blok yang mati ini bisa saja diperbaiki dengan mengganti komponen yang rusak. Namun beresiko terjadi lonjakan tegangan berlebihan yang bisa mengakibatkan mainboard mati. Jika mainboard mati maka akan sulit untuk memperbaikinya.

Jalan terbaik adalah dengan mengganti regulator baru. Bisa menggunakan regulator ori maupun regulator universal yang intinya ada tegangan 5 volt, 15 volt, dan 20 volt karena receiver nex parabola membutuhkan 3 tegangan ini.

Walaupun menggunakan regulator ori, sebaiknya jangan langsung ditancapkan ke mainboard melainkan di cek dulu jalur pinnya kalau-kalau ada jalur yang salah terutama tegangan 5 volt.

Jika menggunakan regulator universal maka kita tinggal menyesuaikan pin yang dibutuhkan yaitu:

  1. Ground
  2. 5 Volt
  3. 15 Volt
  4. 20 Volt

Demikianlah artikel tentang cara mengatasi receiver nex parabola yang mengalami kerusakan mati total. Semoga bermanfaat.

2 komentar untuk "Cara Mengatasi Receiver Nex Parabola Mati Total"

  1. Saya ada sebuah recever nex parabola yang lampu indikator nya mati total.tapi bagian PSU nya di ukur out put keluar semua.mohon bantuan nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba nyalakan saja sekitar 1 menit. Kemudian pengang heatsink prosesornya. Kl panas menyengat berarti prosesornya mati. Kl hanya hangat atau dingin kemungkinan rusak sw nya. silahkan di flash ulang

      Hapus

Berlangganan via Email